Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Elearning Berbasis Web untuk Memantau Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMP Fioretti Tigaraksa

Penulis

  • Ahmad Takyudin Universitas Pamulang
  • Husain Faturrahman Universitas Pamulang
  • Juwono Juwono Universitas Pamulang
  • Muhammad Rizky Julianto Universitas Pamulang
  • Yulianti Yulianti Universitas Pamulang http://orcid.org/0000-0001-5162-6060

Kata Kunci:

Prototipe, E-learning, Web, Sistem Pemantauan

Abstrak

Sistem pembelajaran yang efektif adalah sistem pembelajaran yang memadukan kerjasama antar pengajar/guru, siswa dan orang tua/wali murid. Banyak sekolah yang sampai saat ini masih menggunakan metode tradisional untuk mengelola data dan manejemen sekolah khususnya dalam hal materi pembelajaran dan pengelolaan nilai peserta didik, sehingga sekolah dan orang tua/wali murid kesulitan untuk memantau aktivitas belajar dari peserta didik. Misalnya di SMP Fioretti Tigaraksa, pengelolaan nilai dan manajemen kurikulum masih bersifat manual dalam penginputannya, data-data yang dikelola sekolah di input secara berjenjang tanpa ada sebuah aplikasi atau sistem yang mengatur dan menyimpannya, sehingga orang tua, siswa ataupun guru sulit memantau aktivitas belajar peserta didik seperti data nilai, data kurikulum, materi pembelajaran dan absensi peserta didik, semua hal tersebut masih dilakukan secara manual menyebabkan resiko kehilangan data cukup besar di setiap tahun ajaran. Sistem Informasi E-learning berbasis web dapat digunakan sebagai salah satu solusi atas permasalahan di bidang pendidikan, khususnya untuk memberikan materi, absensi siswa dan mengelola manejemen nilai dari siswa. Dalam sistem ini dibuat sebuah prototipe yang akan di bangun kedepannya, Sistem e-learning ini dibuat untuk mengatur manajemen nilai, absensi dan kurikulum agar guru, siswa dan orang tua/wali murid bisa mengakses dan bekerja sama dalam memantau aktivitas belajar peserta didik secara cepat dan efisien. Penelitian ini memberikan hasil untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang bisa dilakukan dimanapun mereka berada atau tidak harus disekolah dan untuk menghubungkan dan menjalin kerjasama antar sekolah, guru, dan orang tua siswa sebagai komponen penting pendidikan terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah.

Referensi

Dyah, A. M., Muhammad, B., Setiawansyah, & Evi, D. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, Volume 14, No.2, pp 98-101.

El, I. k. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu, H., & Setiawan, A. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem E-learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Volume 3, No.4, pp 1255-1260.

Ilham, A. A., Azmi, A., Ramadhani, A. R., Falah, D. F., & Saifudin, A. (2021). Pengujian Sistem Informasi Parkir PT KISP Berbasis Desktop dengan Metode Black-Box. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 96-101. doi:10.32493/informatika.v6i1.8547

Kumala, A. E., Borman, R. I., & Prasetyawan, P. (2018). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Sapi Di Lokasi Uji Performance (Studi Kasus: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung). Jurnal Tekno Kompak, Volume 12.1, pp 5-9.

Maulana, A., Kurniawan, A., Keumala, W., Sukma, V. R., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(1), 50-56. doi:10.32493/jtsi.v3i1.4307

Maulina, D., & Bernadhed. (2017). Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. Jurnal Ilmiah DASI Data Manajemen dan Teknologi Informasi, 8.

Nugraha, B. F., Aditama, F., Arrofi, M., Ahmad, S. U., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penghitungan Parkir Swalayan ADA Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 146-151. doi:10.32493/informatika.v5i2.5350

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Vol. Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Saputra, P. S., Sukarsa, I. M., & Bayupati, I. P. (2017). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Anak Di Sekolah Taman Kanak–Kanak Berbasis Cloud. Lontar Komputer, Volume 8 (2), pp. 112-123.

Suaidah, S., & Sidni, I. (2018). Perancangan Monitoring Prestasi Akademik dan Aktivitas Siswa Menggunakan Pendekatan Key Performance Indicator (Studi Kasus SMA N 1 Kalirejo). Tekno Kompak, Volume 12.2, pp 62-67.

Syahputra, F. (2017). Sistem Informasi E-Learning di Sekolah. Nusa Mandiri, 60-65.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Takyudin, A., Faturrahman, H., Juwono, J., Julianto, M. R., & Yulianti, Y. (2021). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Elearning Berbasis Web untuk Memantau Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMP Fioretti Tigaraksa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 4(2), 110–118. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/10831