Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Elearning Berbasis Web untuk Memantau Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMP Fioretti Tigaraksa
Kata Kunci:
Prototipe, E-learning, Web, Sistem PemantauanAbstrak
Sistem pembelajaran yang efektif adalah sistem pembelajaran yang memadukan kerjasama antar pengajar/guru, siswa dan orang tua/wali murid. Banyak sekolah yang sampai saat ini masih menggunakan metode tradisional untuk mengelola data dan manejemen sekolah khususnya dalam hal materi pembelajaran dan pengelolaan nilai peserta didik, sehingga sekolah dan orang tua/wali murid kesulitan untuk memantau aktivitas belajar dari peserta didik. Misalnya di SMP Fioretti Tigaraksa, pengelolaan nilai dan manajemen kurikulum masih bersifat manual dalam penginputannya, data-data yang dikelola sekolah di input secara berjenjang tanpa ada sebuah aplikasi atau sistem yang mengatur dan menyimpannya, sehingga orang tua, siswa ataupun guru sulit memantau aktivitas belajar peserta didik seperti data nilai, data kurikulum, materi pembelajaran dan absensi peserta didik, semua hal tersebut masih dilakukan secara manual menyebabkan resiko kehilangan data cukup besar di setiap tahun ajaran. Sistem Informasi E-learning berbasis web dapat digunakan sebagai salah satu solusi atas permasalahan di bidang pendidikan, khususnya untuk memberikan materi, absensi siswa dan mengelola manejemen nilai dari siswa. Dalam sistem ini dibuat sebuah prototipe yang akan di bangun kedepannya, Sistem e-learning ini dibuat untuk mengatur manajemen nilai, absensi dan kurikulum agar guru, siswa dan orang tua/wali murid bisa mengakses dan bekerja sama dalam memantau aktivitas belajar peserta didik secara cepat dan efisien. Penelitian ini memberikan hasil untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang bisa dilakukan dimanapun mereka berada atau tidak harus disekolah dan untuk menghubungkan dan menjalin kerjasama antar sekolah, guru, dan orang tua siswa sebagai komponen penting pendidikan terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah.Referensi
Dyah, A. M., Muhammad, B., Setiawansyah, & Evi, D. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, Volume 14, No.2, pp 98-101.
El, I. k. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibnu, H., & Setiawan, A. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem E-learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Volume 3, No.4, pp 1255-1260.
Ilham, A. A., Azmi, A., Ramadhani, A. R., Falah, D. F., & Saifudin, A. (2021). Pengujian Sistem Informasi Parkir PT KISP Berbasis Desktop dengan Metode Black-Box. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 96-101. doi:10.32493/informatika.v6i1.8547
Kumala, A. E., Borman, R. I., & Prasetyawan, P. (2018). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Sapi Di Lokasi Uji Performance (Studi Kasus: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung). Jurnal Tekno Kompak, Volume 12.1, pp 5-9.
Maulana, A., Kurniawan, A., Keumala, W., Sukma, V. R., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(1), 50-56. doi:10.32493/jtsi.v3i1.4307
Maulina, D., & Bernadhed. (2017). Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. Jurnal Ilmiah DASI Data Manajemen dan Teknologi Informasi, 8.
Nugraha, B. F., Aditama, F., Arrofi, M., Ahmad, S. U., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penghitungan Parkir Swalayan ADA Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 146-151. doi:10.32493/informatika.v5i2.5350
Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Vol. Edisi 7). Yogyakarta: Andi.
Saputra, P. S., Sukarsa, I. M., & Bayupati, I. P. (2017). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Anak Di Sekolah Taman Kanak–Kanak Berbasis Cloud. Lontar Komputer, Volume 8 (2), pp. 112-123.
Suaidah, S., & Sidni, I. (2018). Perancangan Monitoring Prestasi Akademik dan Aktivitas Siswa Menggunakan Pendekatan Key Performance Indicator (Studi Kasus SMA N 1 Kalirejo). Tekno Kompak, Volume 12.2, pp 62-67.
Syahputra, F. (2017). Sistem Informasi E-Learning di Sekolah. Nusa Mandiri, 60-65.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Takyudin, Husain Faturrahman, Juwono Juwono, Muhammad Rizky Julianto, Yulianti Yulianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms