Aplikasi Rute Tujuh Puncak Gunung Indonesia Berbasis Mobile

Penulis

  • Bambang Santoso Universitas Pamulang
  • Feby Ryandika Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Aplikasi berbasis mobile, puncak tertinggi, mendaki gunung, jalan di gunung, gunung tertinggi di Indonesia

Abstrak

Mendaki gunung merupakan olahraga yang menantang sekaligus menyehatkan, baik sehat fisik maupun sehat mental. Namun, olahraga ini memiliki banyak sisi yang menantang. Pertama, pendaki wajib memiliki tubuh yang benar-benar bugar. Mereka harus berjalan sangat jauh, sering kali di jalan yang sulit dan berbahaya, seperti jalan yang curam dan licin dengan tebing yang dalam di sisinya. Selain itu, mereka harus dapat membantu diri mereka sendiri. Ketika berada di tengah pendakian, mereka tidak bisa mendapatkan bantuan. Penduduk jarang ditemukan di tempat yang sulit dijangkau. Oleh karena itu sangat berbahaya bila pendaki tersesat di pegunungan. Mereka tidak dapat menanyakan arah, dan tidak dapat mencari bantuan. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang rute pendakian, petunjuk arah, titik kunjungan yang dapat mereka singgahi, dan jarak untuk mencapai puncak serta perkiraan waktu berjalan kaki. Dengan peta yang mudah digunakan, pendaki dapat mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa. Aplikasi ini berisi rute untuk tujuh gunung. Tujuh gunung ini berada di tujuh pulau di Indonesia. Untuk setiap pulau, kami memilih gunung tertinggi yang kami sebut puncak di pulau itu. Tujuh puncak dalam aplikasi ini adalah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera, Gunung Semeru di Pulau Jawa, Gunung Rinjani di Kepulauan Nusa Tenggara, Gunung Bukit Raya di Pulau Kalimantan, Gunung Latimojong di Pulau Sulawesi, Gunung Binaiya di Kepulauan Maluku, dan Gunung Cartenz Pyramid di pulau Papua. Aplikasi ini bermanfaat bagi para pendaki yang berencana mendaki salah satu puncak ini.

Biografi Penulis

Bambang Santoso, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

Referensi

Abulude, F. O. (2015). Global Positioning System and It’s Wide Applications. Wilolud Journals, 9(1), 22–32. https://doi.org/10.5707/cjit.2015.9.1.22.32

Ariyanto, Y., Pradibta, H., & Permatasari, C. (2017). Diagnosa Ams : Sistem Pakar Untuk Pendaki Gunung. Jurnal SimanteC, 6(2), 47–54.

Brillianto, E., Suprayogi, A., & Yuwono, B. D. (2018). Aplikasi Peta Wisata Berbasis Mobile Gis Pada Smartphone Android (Studi Kasus Desa Guci, Kabupaten Tegal). Jurnal Geodesi Undip, 7(4), 98–106.

Hendri, A. (2012). The Seven Summit Of Indonesia-Tujuh puncak tertinggi di 7 pulau/kepulauan besar di Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hoque, M. Z. (2016). Basic Concept of GPS and Its Applications. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 21(3), 31–37. https://doi.org/10.9790/0837-2103023137

Kosidin, & Farizah, R. N. (2016). Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikas 2016, 271–280. Yogyakarta: SENTIKA.

Mukminin, R. S., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Panduan Mendaki Gunung Menggunakan Metodologi Sistem Multimedia Luther-Sutopo. Online Journals STT-Garut, 12(1), 1–6.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.

Wardana, R., Kahar, S., & Suprayogi, A. (2015). Penyajian Peta Jalur Pendakian Gunung Rinjani Berbasis Platform Android. Jurnal Geodesi Undip, 4(2), 94–100.

Yudhi, R., Suprayogi, A., & Yuwono, B. D. (2018). Pembuatan Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu. Jurnal Geodesi Undip, 7(4), 334–343.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-30

Cara Mengutip

Santoso, B., & Ryandika, F. (2021). Aplikasi Rute Tujuh Puncak Gunung Indonesia Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 4(3), 193–200. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/12249