Animasi Pembelajaran Adab dan Akhlak Sehari-hari untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Animasi, Pembelajaran, Adab, Akhlak, ADDIE, Alpa dan BetaAbstrak
Proses pembelajaran yang berlangsung saat ini masih menggunakan media konvensional, yakni dengan menggunakan media papan tulis dan buku cetakkan sehingga masih belum maksimal dalam meningkatkan pemahaman tentang adab dan ahlak yang baik bagi peserta didik. Dengan cara ini siswa kurang begitu memperhatikan penjelasan karena masih harus belajar sambil bermain. Hal ini menjadikan para guru kewalahan karena harus menjelaskan materi sedangkan siswa masih dalam tahap lebih menyukai permainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan sistem Analisis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Untuk mengukur tingkat keberhasilan pemahaman adab dan ahlak sehari-hari dari peserta didik maka digunakan instrumen tes yaitu instrumen pengujian alpha yakni expert review (para ahli) dan beta yang nantinya akan berupa pengujian pretest dan post test. Hasil uji coba dengan menggunakan metode pengujian alpha dan beta yang telah di lakukan maka diperoleh hasil sebesar 4,1 dengan kategori Sangat Valid. Selanjutnya untuk hasil field test yakni uji alpha dan beta yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest rata-rata siswa mendapatkan hasil 88 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan belajar dari para siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi animasi.
Referensi
Abdullah, S. M. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Metode Animasi Multimedia Pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(1), 102–106. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.117.102-106
Alfikri, I., Ahsyar, T. K., Studi, P., Informasi, S., Barat, S., & Ringan, T. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami. 3(2).
Dini, U., Tk, P., Lestari, N. A., & Retnoningsih, E. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak. 2(2), 159–168.
Efendi, N. M. (2018). Mahasiswa Ilmu Antropologi Pascasarjana UGM 173. 2(2), 173–182.
Gilang Dwi Putra Utama, W. U. (2018). E-Crm Dengan Metodologi Fast (Frame For The Aplication Of System Technique) Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus Ukm U-Me Online. 10.
Jumarlis, M. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 52–58. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.238.52-58
Maulana, A., & Rahayu, S. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Panduan Cara Membuat Identitas Diri Untuk Penyandang Autis. Jurnal Algoritma, 17(1), 1–7. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.17-1.1
Rahmaibu, F. H., Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). PENGEMBANGAN Media Pembelajaran Menggunakan. September.
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184–190. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184
Tarigan, A. K., Nasution, S. D., & Karim, A. (2016). Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction ( Cai ). 3(4), 1–4.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Inda Anggraini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms