Penerapan Metode Webqual 4.0 dan E-S Qual dalam Quality Measurement pada Website Madu Persada Pengolahan Madu dan Herbal

Penulis

  • Nadiya Hanifa Universitas Pamulang
  • Jaka Sutresna Universitas Pamulang

Kata Kunci:

website, Webqual 4.0, E-S Qual, usability, information quality, service interaction quality, fulfillment, privacy

Abstrak

Website merupakan jendela pertama bagi pemilik usaha atau perusahaan dalam mengenalkan dan memberikan informasi lebih dalam mengenai profil perusahaan selain itu juga website berguna untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Kepemilikan website pada suatu perusahaan menjadi sangat penting karena dapat menjadi salah satu bukti dari wujud keprofesionalan suatu perusahaan.Website yang baik dan user friendly bagi pengguna dapat diketahui melalui pengukuran kualitas website. Dalam rangka meningkatkan kualitas website Madu Persada sebagai produsen madu dan herbal maka peneliti perlu melakukan pengukuran kualitas website dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan E-S Qual. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 47 responden yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Adapun responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah pengguna dari website Madu Persada. Pada penelitian ini data akan diproses menggunakan uji validitas, uji reabilitas, rumus index total dan mean yang digunakan untuk menentukan nilai dari kualitas layanan website Madu Persada. Hasil perhitungan akhir dari masing masing variabel yaitu usability 83, 9 %, information quality 79, 85 %, service interaction quality 77, 87 %, fulfillment 79,85 % dan privacy 79, 56 %.  Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel usability menjadi variabel yang paling berpengaruh dalam kualitas website Madu Persada sebagai produsen madu dan herbal. Hasil akhir keseluruhan analisis menunjukkan bahwa website Madu Persada sebagai produsen madu dan herbal memiliki kualitas layanan yang sangat baik dengan menampilkan hasil mean (rata-rata) yaitu 80, 2 %.

Referensi

Hayat, C., & Simanjuntak, M. R. (2020). Pengukuran Kualitas Website Retail Fashion Urban Icon dengan Metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 24–33. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.644

Kusumawijaya, I. P., & Karyati, C. M. (2016). Pengukuran Kualitas Website Fashion E-Commerce Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 21(2), 113–128.

Rifqi Firdaus, M., Silvi Purnia, D., Handayani, K., & Fahmi Julianto, M. (2020). Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawalamedia.Co.Id Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), 1–7.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Hanifa, N., & Sutresna, J. (2022). Penerapan Metode Webqual 4.0 dan E-S Qual dalam Quality Measurement pada Website Madu Persada Pengolahan Madu dan Herbal. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(3), 145–152. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/18027