Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web pada PT. Dirgantara Indonesia

Penulis

Kata Kunci:

Helpdesk, Aplikasi Web, Ticketing

Abstrak

Helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah atau issue lainnya, namun permasalahan pada PT. Dirgantara Indonesia (persero) adalah masih manualnya sistem IT helpdesk untuk pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware dan software serta permintaan computer supplies yang mempersulit produktivitas kerja karyawan. Masih kurang baiknya produktivitas kerja diduga karena masih kurang baiknya sistem IT helpdesk untuk pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware & software serta permintaan computer supplies. Penelitian ini dibuat menggunakan metode waterfall dan analisis dilakukan dengan wawancara dan survei sistem yang berjalan serta dilakukan pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Metode perancangan berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan model UML (Unified Modeling Language) seperti Use case diagram. Sequence Diagram , Activity Diagram dan Class Diagram. Hasil penerapan metode pada pengembangan aplikasi IT helpdesk ini adalah dapat mempermudah dalam proses pendokumentasian aplikasi dari awal sampai terciptanya sebuah aplikasi. Sehingga dapat membantu pihak perusahaan dalam memberikan kenyamanan bagi karyawan serta mempermudah dan mempercepat perusahaan dalam pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware & software serta permintaan computer supplies.

Biografi Penulis

Fedrian Malik Iskandar, Universitas Pamulang

Teknik

Referensi

Aditya, Ernest, Evasaria M Sipayung, dan Cut Fiarni. Perancangan Sistem Informasi Helpdesk menggunakan Framework ITIL V3. Bandung: JNTETI, 2017.

Al Fatta, Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi, 2009.

Arief L.N, Bandi S dan Meiska F.M. Desain Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan PDAM Berbasis Web GIS. Demak: Jurnal Geodesi Undip, 2014.

Begg, Carolyn and Thomas Connoly. Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education, 2010.

Cassandra, Cadelina. Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Permata. Jakarta: ComTech, 2015.

Darma, Jarot S dan Shenia A. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Media Kita, 2009.

Hasugian, Humisar dan Kurnain Arsyi Ramadhan. Teori dan Implementasi Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web. Jakarta: IDEALIS, 2018.

Jogiyanto H.M. Analisis dan Desain Sistem. Yogyakarta: Andi, 2008.

Jubilee Enterprise. PHP Komplet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Kusumah, Anggah dan Rinda Cahyana. Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Service Level Agreement Berbasis Online. Garut: Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 2016.

M. Shalahudin dan Rosa Ariani Sukamto. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: INFORMATIKA, 2013.

Mustopa, Ali. Sistem Informasi IT-HELPDESK Pada Universitas AMIKON YOGYAKARTA. Yogyakarta: JIKO, 2017.

Nugroho, Adi. Rasional Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA, 2005.

Nugroho, Bunafit. Dasar Pemograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Pressman, Roger S. Software Engineering a Practitioner’s Approach. New York, 2002.

Ramadhan, Arief dan Hendra Saputra. Buku Latihan PHP 5 & Mysql. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2005.

Sari, Dita Novita. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang, 2015.

Sinarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Medan: Andi, 2009.

Supriyanto, Aji. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2005.

Widurin. Penggunaan Sistem Informatika. Jakarta: Raharja, 2019.

Witarto. Memahami Sistem Informasi Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi Melalui Kasus-kasus sistem informasi Disekitar kita. Bandung: NFORMATIKA, 2005.

Wooten T.G. It is Impossible to Know The Number of Poor-Quality Audits that simply go undetected and unpublicized. New York: The CPA Journal, 2003.

Wulandari, Dessy Ratih dan Sarwati Rahayu. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Production Support System Berbasis Web Pada PT Adicipta Inovasi Teknologi. Jakarta: Jurnal Format Volume 6, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Iskandar, F. M., & Cahyono, Y. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web pada PT. Dirgantara Indonesia. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(3), 197–203. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/19436