Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web pada PT. Dirgantara Indonesia
Kata Kunci:
Helpdesk, Aplikasi Web, TicketingAbstrak
Helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah atau issue lainnya, namun permasalahan pada PT. Dirgantara Indonesia (persero) adalah masih manualnya sistem IT helpdesk untuk pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware dan software serta permintaan computer supplies yang mempersulit produktivitas kerja karyawan. Masih kurang baiknya produktivitas kerja diduga karena masih kurang baiknya sistem IT helpdesk untuk pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware & software serta permintaan computer supplies. Penelitian ini dibuat menggunakan metode waterfall dan analisis dilakukan dengan wawancara dan survei sistem yang berjalan serta dilakukan pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Metode perancangan berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan model UML (Unified Modeling Language) seperti Use case diagram. Sequence Diagram , Activity Diagram dan Class Diagram. Hasil penerapan metode pada pengembangan aplikasi IT helpdesk ini adalah dapat mempermudah dalam proses pendokumentasian aplikasi dari awal sampai terciptanya sebuah aplikasi. Sehingga dapat membantu pihak perusahaan dalam memberikan kenyamanan bagi karyawan serta mempermudah dan mempercepat perusahaan dalam pendataan dan pencatatan laporan pelayanan perbaikan hardware & software serta permintaan computer supplies.
Referensi
Aditya, Ernest, Evasaria M Sipayung, dan Cut Fiarni. Perancangan Sistem Informasi Helpdesk menggunakan Framework ITIL V3. Bandung: JNTETI, 2017.
Al Fatta, Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi, 2009.
Arief L.N, Bandi S dan Meiska F.M. Desain Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan PDAM Berbasis Web GIS. Demak: Jurnal Geodesi Undip, 2014.
Begg, Carolyn and Thomas Connoly. Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education, 2010.
Cassandra, Cadelina. Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Permata. Jakarta: ComTech, 2015.
Darma, Jarot S dan Shenia A. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Media Kita, 2009.
Hasugian, Humisar dan Kurnain Arsyi Ramadhan. Teori dan Implementasi Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web. Jakarta: IDEALIS, 2018.
Jogiyanto H.M. Analisis dan Desain Sistem. Yogyakarta: Andi, 2008.
Jubilee Enterprise. PHP Komplet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.
Kusumah, Anggah dan Rinda Cahyana. Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Service Level Agreement Berbasis Online. Garut: Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 2016.
M. Shalahudin dan Rosa Ariani Sukamto. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: INFORMATIKA, 2013.
Mustopa, Ali. Sistem Informasi IT-HELPDESK Pada Universitas AMIKON YOGYAKARTA. Yogyakarta: JIKO, 2017.
Nugroho, Adi. Rasional Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA, 2005.
Nugroho, Bunafit. Dasar Pemograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Pressman, Roger S. Software Engineering a Practitioner’s Approach. New York, 2002.
Ramadhan, Arief dan Hendra Saputra. Buku Latihan PHP 5 & Mysql. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2005.
Sari, Dita Novita. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang, 2015.
Sinarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Medan: Andi, 2009.
Supriyanto, Aji. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Empat, 2005.
Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2005.
Widurin. Penggunaan Sistem Informatika. Jakarta: Raharja, 2019.
Witarto. Memahami Sistem Informasi Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi Melalui Kasus-kasus sistem informasi Disekitar kita. Bandung: NFORMATIKA, 2005.
Wooten T.G. It is Impossible to Know The Number of Poor-Quality Audits that simply go undetected and unpublicized. New York: The CPA Journal, 2003.
Wulandari, Dessy Ratih dan Sarwati Rahayu. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Production Support System Berbasis Web Pada PT Adicipta Inovasi Teknologi. Jakarta: Jurnal Format Volume 6, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fedrian Malik Iskandar1, Yono Cahyono
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms