Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Model Prototype pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan

Penulis

  • Mukhlishoh Syaukati Robbi Universitas Pamulang
  • Yulianti Yulianti Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Aplikasi, E-Learning, Materi, Tugas, Prototipe

Abstrak

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Oleh karena itu, pembelajaran harus berjalan dengan baik agar informasi dapat tersampainkan. Pendidik yang berhalangan hadir, akan mengganggu penyampaian materi pembelajaran. Begitu juga bagi peserta didik yang berhalangan hadir tentu akan ketinggalan materi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Dengan adanya E-Learning memberikan kemudahan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, guru dapat memberikan materi dan tugas dimanapun, siswa mudah untuk mendapatkan materi pembelajaran, dan memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru, tanpa terhalang oleh dimensi ruang dan waktu. Metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode Prototype. Metode Prototype adalah perangkat lunak prototyping atau siklus hidup menggunakan prototyping. Salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja. Dimana pengembang sistem dan klien dapat melihat dan melakukan eksperimen sejak awal proses pengembangan. Dalam metode Prototype terdapat tiga tahap (3) siklus pengembangan, yakni: Fase Pengumpulan Kebutuhan, Fase Membangun Prototype, dan Fase Uji Coba.

Referensi

Hanum, N. S. (2013). The Effectiveness Of E-Learning As Instructional Media (Evaluation Study Of E-Learning Instructional Model INSMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, 92.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung.

Nuryadi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Website E-Learning Pada SMK Respati 1 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer Vol 4, No. 1, 162.

Shadek, T. F., & Swastika, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Jurnal ProTekInfo Vol. 4, 13.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th ed.). Boston: Addison-Wesley.

Stephens, R. (2015). Beginning Software Engineering. Indiana: John Wiley & Sons, Inc.

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya Volume 3 Nomor 4, 17.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal Bianglala Informatika Vol 5 No 2 , 76.

Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-30

Cara Mengutip

Robbi, M. S., & Yulianti, Y. (2019). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Model Prototype pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 2(4), 148–154. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/3768