Analisis Faktor Penerimaan dan Penggunaan LinkedIn Menggunakan Model UTAUT 2

Penulis

  • Septa Rahmayuni Sriwijaya University
  • Dwi Rosa Indah Sriwijaya University
  • Mgs Afriyan Firdaus Sriwijaya University
  • Ari Wedhasmara Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37750

Kata Kunci:

LinkedIn, UTAUT2, PLS-SEM, acceptance, use

Abstrak

LinkedIn berfungsi sebagai situs pencari kerja. Pengguna LinkedIn tersebar di berbagai wilayah Indonesia termasuk Kota Palembang. Berdasarkan penilaian pada Play Store, LinkedIn mendapat rating terendah dibandingkan dengan aplikasi pencari kerja sejenis dan pencarian pada LinkedIn dengan memasukkan Kota Palembang sebagai lokasi menunjukkan jumlah pengguna di Kota Palembang tergolong lebih rendah daripada kota lain. Pada ulasan pengguna terdapat keluhan mengenai masalah verifikasi yang menimbulkan rasa tidak senang dan penolakan terhadap penggunaan aplikasi ini. Untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan pada LinkedIn maka diperlukan analisis mengenai faktor tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menguji beberapa konstruk dalam model UTAUT 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis PLS-SEM. Hasil penelitian didapatkan bahwa facilitating condition, hedonic motivation, dan habit berpengaruh terhadap behavioral intention. Di sisi lain, facilitating condition dan habit berpengaruh terhadap use behavior.

Biografi Penulis

Septa Rahmayuni, Sriwijaya University

Program Studi Sistem Informasi

Dwi Rosa Indah, Sriwijaya University

Program Studi Sistem Informasi

Mgs Afriyan Firdaus, Sriwijaya University

Program Studi Sistem Informasi

Ari Wedhasmara, Sriwijaya University

Program Studi Sistem Informasi

Referensi

Aditya, R. H., Faroqi, A., & Wulansari, A. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Sistem Surat Manajemen Elektronik Menerapkan Model UTAUT. KLIK : Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 1040–1048. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.944

Amalia, I. S., Suryanto, T. L. M., & Wulansari, A. (2023). Analisis Faktor Penerimaan Aplikasi iPusnas Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.25077/teknosi.v9i1.2023.45-54

Andriani, J., & Wahyu Winarno, W. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi &Quot;Pedulilindungi&Quot; Dengan Technology Acceptance Model (TAM). ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(1 SE-Articles), 89–100. https://doi.org/10.31849/zn.v4i1.9834

Aprilisa, S., & Samsuryadi, S. (2020). Pengaruh Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) Terhadap Penerapan Aplikasi Shopee. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3(1), 167–176.

Ayunda Sari, M. (2022). ‘Media dan Jejaring sosial.’ Maktabatun, 2(1), 26–30. http://shareit.mas-anto.com/uncategorized/media-dan-jejaring-sosial

Bajunaied, K., Hussin, N., & Kamarudin, S. (2023). Behavioral intention to adopt FinTech services: An extension of unified theory of acceptance and use of technology. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 17-31. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100010

Darmayanti Lisa, Putri Charolina Barus, & Kartini. (2020). Penelitian Tentang Linkedln. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 197–206.

Ferreira, L., Oliveira, T., & Neves, C. (2023). Consumer’s intention to use and recommend smart home technologies: The role of environmental awareness. Journal Energy, 263(PC), 1-11. https://doi.org/10.1016/j.energy.2022.125814

Hadi, S. W., & Alfarobi, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Metode Utaut 2. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(1), 103–111. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1011

Hidayat, M. T., Aini, Q., & Fetrina, E. (2020). Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi |, 9(3), 239–247.

Rahmawati, L., Mariam, I., & Purwinarti, T. (2022). Analisis Perkembangan UMKM dan Kuantitas Belanja Daring Pada Masa Pandemi Dengan Model UTAUT 2. Seminar Nasional Riset Terapan, 10(1), 19–30.

Risqiana Dewi, D. F., Ardianing Kusuma, D. J., & Rakhmadani, D. P. (2023). A nalisis Minat Dan Perilaku Penggunaan E - Commerce Shopee Menggunakan Metode Unified Theory Of UTAUT 2. Jurnal Fasilkom, 13(02), 293–298. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5549

Sawitri, R., & Meiriza, A. (2023). Analisis Faktor Penerimaan TikTok Shop berdasarkan Model UTAUT2 dan SCC. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.25077/teknosi.v9i1.2023.33-44

Sekarini, D. (2021). Faktor Penerimaan Pengguna pada E-Learning dari Perspektif Siswa Sekolah Dasar Berbasis UTAUT Model. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(4), 1693–1709. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i4.1257

Setyaningsih, G., Satriani, L. J., Ramadhan, R. F., & Setiawan, I. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Student Service Center Menggunakan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( UTAUT ) 3. 6(4), 775–782. https://doi.org/10.32493/jtsi.v6i3.34204

Setyorini, A., & Meiranto, W. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Dengan Menggunakan Model UTAUT 2 (Studi Empiris pada Pengguna Sistem informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Kota Salatiga). Diponegoro Journal of Accounting, 10(1), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Shafly, N. A. (2020). Penerapan Model Utaut2 Untuk Menjelaskan Behavioral Intention Dan Use Behavior Penggunaan Mobile Banking Di Kota Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sutanto, S., Ghozali, I., & Handayani, R. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Dalam Perspektif the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Utaut 2) Di Kabupaten Semarang. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 15(1), 37-68. https://doi.org/10.14710/jaa.15.1.37-68

Wilfan, A. F., & Martini, E. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Linkaja Berdasarkan Model Teori Utaut2 (unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology2). EProceedings of Management, 8(6), 7729–7741. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16895%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16895/16612

Winarso, D., Arribe, E., & Rahmayuni, S. (2019). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Akademik (Siam) Menggunakan Metode Delone Dan Mclean (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Riau). Jurnal Fasilkom, 9(2), 429–439. https://doi.org/10.37859/jf.v9i2.1414

Yunita, R. D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pengguna E-Learning (Classrom) Di Smk Negeri 7 Jember Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Utaut 2). Konvergensi, 17(2), 102–110. https://doi.org/10.30996/konv.v17i2.5501

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Rahmayuni, S., Indah, D. R., Firdaus, M. A., & Wedhasmara, A. (2024). Analisis Faktor Penerimaan dan Penggunaan LinkedIn Menggunakan Model UTAUT 2. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 165–175. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37750