Aplikasi User Interface Berbasis Android pada Perpustakaan Lafran Pane Tapanuli Selatan Menggunakan Customer Relationship Management

Penulis

  • Umi Kalsum Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)
  • Ali Ikhwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37966

Kata Kunci:

Perpustakaan, CRM, User Interfaec, Android

Abstrak

Perpustakaan Lafran Pane adalah perpustakaan yang terletak di desa Pangurabaan, Sipirok Tapanuli Selatan. Dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang memungkinkan perpustakaan ini kurang berkembang karena perpustakaan masih menggunakan sistem secara manual dan kurang menarik perhatian pengunjung. Selain itu pengujung yang hanya ingin meminjam buku harus mendatangi perpustakaan secara langsung dan harus membuat kartu anggota agar bisa menginjam buku, sehingga banyak membuang waktu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan membangun sebuah sistem informasi user interface berbasis android. Aplikasi ini dirancang berbasis android dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM), dimana konsep CRM sangat relevan dengan layanan informasi perpustakaan dan membantu perpustakaan menyediakan layanan informasi yang memuaskan pengguna dan membangun komunitas pengguna yang loyal. Aplikasi User Interface berbasis Android pada Perpustakaan Lafran Pane di Tapanuli Selatan ini, akan memperoleh hasil berupa aplikasi yang berfungsi se-bagai antarmuka pengguna yang responsif dan intuitif. Aplikasi ini memungkinkan ang-gota perpustakaan untuk dengan mudah mengakses katalog buku, melakukan peminjaman dan pengembalian buku secara online, serta mendapatkan informasi terkini mengenai acara dan kegiatan perpustakaan.

Biografi Penulis

Umi Kalsum Siregar, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Prodi Sistem Informasi

Referensi

M. I. P., . P. R., . A. F., & . A. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Implementasi User Interface Pada Multimedia Interaktif E-Komik. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(4), 353–356. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.425

Asria, S. (2021). Implementasi Crm Dan Metode Usg Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Jurnal IT, 12(2). https://doi.org/10.37639/jti.v12i2.250

Azis, N. U. R. (2022). Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android Menggunakan Crud Sqlite. Intelektiva, 3(9), 149–158.

Dinata, P. Z., Urwah, M. A., Rahmawan, M. R., & Junaeti, E. (2023). Perancangan UI/UX Web e-Commerce “Hallo Coffee” Menggunakan Metode User Centered Design. Jambura Journal of Informatics, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.37905/jji.v5i1.17511

Fadilah, N., Ikhwan, A., & Alda, M. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Berbasis Android. Juli, 6, 298–306. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index

Handijono, A., Gunarto, R. I., & Marpitasa, S. (2021). Menjaga Loyalitas Pelanggan Dengan Strategi CRM pada PT. Desalite, Pamulang. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.912

Juairiah, J. (2020). Analisis Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (Sebuah Kajian Filsafat Ilmu dan Keislaman). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1). https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3758

Kamaludin, K., Tjuparmah, Y., & Silvana, H. (2019). Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap citra perpustakaan pada UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.22675

Komariah, N. (2018). Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Dalam Layanan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dalam Layanan Informasi di Perpustakaan Neneng Komariah. Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(August), 131–142. https://www.researchgate.net/profile/Neneng-Komariah-2/publication/267802503_APLIKASI_CUSTOMER_RELATIONSHIP_MANAGEMENT_CRM_DALAM_LAYANAN_INFORMASI_DI_PERPUSTAKAAN/links/5b837c0192851c1e1234aea0/APLIKASI-CUSTOMER-RELATIONSHIP-MANAGEMENT-CRM-DALAM-LAYANAN-I

Larasati, I., Rajagukguk, E., Dumayanti, I. S., Silalahi, A. P., Komputer, F. I., & Artikel, H. (2021). Penerapan CRM ( Customer Relationship Management) Untuk Mengukur Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality (Studi Kasus Cleo Photo Studio). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(2).

Muliani, A., Triase, T., Nasution, A. B., Samsudin, S., & Suendri, S. (2021). Improving Product Advertising Design Capability for Indonesian Muslim Entrepreneurs (IPEMI) Medan Using Android-Based Applications. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i1.8

Ningrum, P. T., Suria, O., & Witanti, A. (2018). Perancangan E-Resource Perpustakaan Menggunakan Customer Relationship Management Berbasis Mobile. Eksplora Informatika, 8(1). https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.158

Norman, N., & Rusda, D. (2021). Pengembangan Teknologi E-Commerce dengan Menerapkan Metode CRM dan Forecasting. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4). https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3291

Padeli, P., Mulyati, M., Faisal, M., & Debora, S. (2019). E-CRM Mobile Applications To Improve Customer Loyalty (Case Study: PT Supermal Karawaci). Aptisi Transactions on Management (ATM), 4(1), 41–48. https://doi.org/10.33050/atm.v4i1.1083

Paryati, A. (2017). Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Pada Desa Bogangin Sumpiuh. Indonesian Journal on Networking and Security, 7(3).

Putri, J. M., Krisnanik, E., Nurramdhani, H., Tjahjanto, T., & Mahdiana, D. (2022). Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 18(1), 34. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4319

Remy Sanjaya, Puji Sularsih, & Yeni Setiani. (2022). Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 20–28. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.101

Solechan, A., & Kusumo, H. (2022). Strategi e-CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Sebuah Literatur Review. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.142

Soraya, E., & Sazali, H. (2023). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Di Perpustakaan Daerah Medan. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1). https://doi.org/10.18592/pk.v11i1.9620

Susilowati, T., & Suryana, A. (2012). Kepuasa Pelanggan Anlisis Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Perpustakaan STMIK Pringsewu dalam Upaya Meningkatkan Kepuasaan Mahasiswa. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), 4(1), 9–15. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Syahnur, E. A., Hibrizi, M. N. F., Panjaitan, M. A., & ... (2022). Perancangan user interface multimedia interaktif game puzzle berbasis software macromedia flash 8 sebagai media edukasi pembelajaran siswa sekolah dasar. … Pendidikan, Sains Dan …, 1(2), 320–326. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/416

Syakila, R. N., & Ardhoyo, N. A. W. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1). https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1414

Syaputri, E. R., Samsudin, S., & Ikhwan, A. (2022). Implementasi Metode Geofence Pada Aplikasi Reminder Berbasis Android. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 252–261. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1411

Voutama, A. (2022). Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i1.4677

Yuda, A., & Muludi, K. (2021). Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Android Pada Perpustakan Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung. Jurnal Pepadun, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.23960/pepadun.v2i1.28

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Siregar, U. K., & Ikhwan, A. (2024). Aplikasi User Interface Berbasis Android pada Perpustakaan Lafran Pane Tapanuli Selatan Menggunakan Customer Relationship Management. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 235–244. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37966