Aplikasi User Interface Berbasis Android pada Perpustakaan Lafran Pane Tapanuli Selatan Menggunakan Customer Relationship Management
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37966Kata Kunci:
Perpustakaan, CRM, User Interfaec, AndroidAbstrak
Perpustakaan Lafran Pane adalah perpustakaan yang terletak di desa Pangurabaan, Sipirok Tapanuli Selatan. Dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang memungkinkan perpustakaan ini kurang berkembang karena perpustakaan masih menggunakan sistem secara manual dan kurang menarik perhatian pengunjung. Selain itu pengujung yang hanya ingin meminjam buku harus mendatangi perpustakaan secara langsung dan harus membuat kartu anggota agar bisa menginjam buku, sehingga banyak membuang waktu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan membangun sebuah sistem informasi user interface berbasis android. Aplikasi ini dirancang berbasis android dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM), dimana konsep CRM sangat relevan dengan layanan informasi perpustakaan dan membantu perpustakaan menyediakan layanan informasi yang memuaskan pengguna dan membangun komunitas pengguna yang loyal. Aplikasi User Interface berbasis Android pada Perpustakaan Lafran Pane di Tapanuli Selatan ini, akan memperoleh hasil berupa aplikasi yang berfungsi se-bagai antarmuka pengguna yang responsif dan intuitif. Aplikasi ini memungkinkan ang-gota perpustakaan untuk dengan mudah mengakses katalog buku, melakukan peminjaman dan pengembalian buku secara online, serta mendapatkan informasi terkini mengenai acara dan kegiatan perpustakaan.
Referensi
M. I. P., . P. R., . A. F., & . A. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Implementasi User Interface Pada Multimedia Interaktif E-Komik. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(4), 353–356. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.425
Asria, S. (2021). Implementasi Crm Dan Metode Usg Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Jurnal IT, 12(2). https://doi.org/10.37639/jti.v12i2.250
Azis, N. U. R. (2022). Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android Menggunakan Crud Sqlite. Intelektiva, 3(9), 149–158.
Dinata, P. Z., Urwah, M. A., Rahmawan, M. R., & Junaeti, E. (2023). Perancangan UI/UX Web e-Commerce “Hallo Coffee” Menggunakan Metode User Centered Design. Jambura Journal of Informatics, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.37905/jji.v5i1.17511
Fadilah, N., Ikhwan, A., & Alda, M. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Berbasis Android. Juli, 6, 298–306. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
Handijono, A., Gunarto, R. I., & Marpitasa, S. (2021). Menjaga Loyalitas Pelanggan Dengan Strategi CRM pada PT. Desalite, Pamulang. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.912
Juairiah, J. (2020). Analisis Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (Sebuah Kajian Filsafat Ilmu dan Keislaman). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1). https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3758
Kamaludin, K., Tjuparmah, Y., & Silvana, H. (2019). Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap citra perpustakaan pada UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.22675
Komariah, N. (2018). Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Dalam Layanan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dalam Layanan Informasi di Perpustakaan Neneng Komariah. Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(August), 131–142. https://www.researchgate.net/profile/Neneng-Komariah-2/publication/267802503_APLIKASI_CUSTOMER_RELATIONSHIP_MANAGEMENT_CRM_DALAM_LAYANAN_INFORMASI_DI_PERPUSTAKAAN/links/5b837c0192851c1e1234aea0/APLIKASI-CUSTOMER-RELATIONSHIP-MANAGEMENT-CRM-DALAM-LAYANAN-I
Larasati, I., Rajagukguk, E., Dumayanti, I. S., Silalahi, A. P., Komputer, F. I., & Artikel, H. (2021). Penerapan CRM ( Customer Relationship Management) Untuk Mengukur Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality (Studi Kasus Cleo Photo Studio). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(2).
Muliani, A., Triase, T., Nasution, A. B., Samsudin, S., & Suendri, S. (2021). Improving Product Advertising Design Capability for Indonesian Muslim Entrepreneurs (IPEMI) Medan Using Android-Based Applications. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i1.8
Ningrum, P. T., Suria, O., & Witanti, A. (2018). Perancangan E-Resource Perpustakaan Menggunakan Customer Relationship Management Berbasis Mobile. Eksplora Informatika, 8(1). https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.158
Norman, N., & Rusda, D. (2021). Pengembangan Teknologi E-Commerce dengan Menerapkan Metode CRM dan Forecasting. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4). https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3291
Padeli, P., Mulyati, M., Faisal, M., & Debora, S. (2019). E-CRM Mobile Applications To Improve Customer Loyalty (Case Study: PT Supermal Karawaci). Aptisi Transactions on Management (ATM), 4(1), 41–48. https://doi.org/10.33050/atm.v4i1.1083
Paryati, A. (2017). Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Pada Desa Bogangin Sumpiuh. Indonesian Journal on Networking and Security, 7(3).
Putri, J. M., Krisnanik, E., Nurramdhani, H., Tjahjanto, T., & Mahdiana, D. (2022). Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 18(1), 34. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4319
Remy Sanjaya, Puji Sularsih, & Yeni Setiani. (2022). Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 20–28. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.101
Solechan, A., & Kusumo, H. (2022). Strategi e-CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Sebuah Literatur Review. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.142
Soraya, E., & Sazali, H. (2023). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Di Perpustakaan Daerah Medan. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1). https://doi.org/10.18592/pk.v11i1.9620
Susilowati, T., & Suryana, A. (2012). Kepuasa Pelanggan Anlisis Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Perpustakaan STMIK Pringsewu dalam Upaya Meningkatkan Kepuasaan Mahasiswa. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), 4(1), 9–15. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
Syahnur, E. A., Hibrizi, M. N. F., Panjaitan, M. A., & ... (2022). Perancangan user interface multimedia interaktif game puzzle berbasis software macromedia flash 8 sebagai media edukasi pembelajaran siswa sekolah dasar. … Pendidikan, Sains Dan …, 1(2), 320–326. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/416
Syakila, R. N., & Ardhoyo, N. A. W. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1). https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1414
Syaputri, E. R., Samsudin, S., & Ikhwan, A. (2022). Implementasi Metode Geofence Pada Aplikasi Reminder Berbasis Android. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 252–261. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1411
Voutama, A. (2022). Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i1.4677
Yuda, A., & Muludi, K. (2021). Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Android Pada Perpustakan Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung. Jurnal Pepadun, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.23960/pepadun.v2i1.28
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Umi Kalsum Siregar, Ali Ikhwan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms