Aplikasi E-Membership dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) pada Dialog Koffie Berbasis Mobile

Penulis

  • Andini Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Raissa Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.38319

Kata Kunci:

Customer Relationship Management (CRM); E- Membership; Mobile; Dialog Koffie

Abstrak

Maraknya tren ngopi membuat para pelaku usaha kedai kopi harus dapat bersaing dengan kedai kopi lainnya. Dialog Koffie masih menggunakan sistem pemesanan manual pada proses penjualannya sehingga menimbulkan masalah seperti pesanan yang rangkap serta nota pesanan yang tercampur karena banyaknya catatan. Selain tidak efektifnya sistem pemesanan, para pelanggan belum mendapatkan keistimewaan jika sering datang ke Dialog Koffie. Hal tersebut membuat pemilik kedai harus memberikan layanan yang berbeda untuk memuaskan pelanggannya. Dalam hal ini diperlukan sebuah strategi bisnis yang berbeda dan belum digunakan oleh kedai kopi lain. Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah model pendekatan kepada pelanggan yang mampu menyelesaikan  permasalahan di atas. Dengan menerapkan CRM pada aplikasi E-Membership, maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat karena sistem ini menyediakan berbagai fitur seperti melihat menu dan promo, reservasi tempat, serta sistem poin pada setiap pembelian minuman yang nantinya poin tersebut dikumpulkan dan dapat ditukar dengan menu yang diinginkan pelanggan. Sistem yang di bangun dapat membantu pemilik kedai dalam menjaga hubungan baik antara kedai dan pelanggan, mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya, serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan dengan mempermudah sistem pemesanan dan sistem penukaran poin yang dibuat.

Referensi

Beni Frandian, Yudhanata, R. D., Samsudin, S., & Suendri, S. (2022). Implementation of CRM (Customer Relationship Management) at UPT Public Health Center Perbaungan Web-Based. Journal of Information Systems and Technology Research, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.55537/jistr.v1i2.149

Dewi, A. M., & Putri, R. A. (2021). Dokumen dan Aplikasi Gaji Berbasis Mobile Case Study : Kemenag Labuhan Batu. 10(1), 722–730.

Dibyo, B., Mangifera, L., Ayu Kristiya Putri, P., & Fitri Ayu Wardani, S. (2021). The Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 2(01), 31–40. https://doi.org/10.17358/ijbe.7.2.139

Erawati, W. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(1), 1. https://doi.org/10.30865/mib.v3i1.987

Febriansyah, & Amalia, R. (2023). Penerapan Crm Pada Sistem Informasi Toko Kopi Cap Kucing Berbasis Web Mobile. Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 228–238.

Firmansyah, S. F. W. dan H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 11.

Jainuri, Nurasiah, & Hermilasari, Y. (2021). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Mobile Point Of Sale pada Outlet Makaroni Judes Berbasis Android. Jurnal IPSIKOM, 9(2), 44–52. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf

Lena, M., & Muhammad, H. (2020). Aplikasi e-CRM (Customer Relationship Management) berbasis web pada Belle Studio Cirebon. Sigma-Mu, 12(1), 74–92. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/sigmamu/article/view/2374

Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.

Muhaemin, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Membership Fitness pada FR Fitness Cileungsi Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 32–39. https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4680

Rifai, M., & Akbar, M. (2021). Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 1(4), 197–208. https://doi.org/10.47747/jpsii.v1i4.552

Robby Prasetyo, D. (2019). Apakah Membership Bisa Membuat Konsumen Loyal terhadap Suatu Perusahaan Universitas Ma Chung Malang. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 12(1), 98–104.

Savero, D. R., & Alawi, M. (2022). Model Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Arsip Gudang Pada Disdukcapil Kota Depok. INSANtek, 3(1), 6–11. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/insantek/article/view/1135%0Ahttps://jurnal.bsi.ac.id/index.php/insantek/article/download/1135/760

Sitorus, J. H. P., & Sakban, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar. Jurnal Bisantara Informatika (JBI), 5(2), 1–13. http://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/download/54/47

Supriyanto, & Setiyawati, N. (2021). Pembangunan Aplikasi Mobile-Customer Relationship Management (M-CRM) Terintegrasi pada UMKM. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 118–127.

Tri, M. B. (2020). Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Berbasis Android pada SMK PGRI Rawalumbu. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X(2), 30–39.

Zufria, I., Dedi Irawan, M., & Asy Muhyi, H. (2020). Aplikasi Tracking Real Time Angkutan Kota Medan Berbasis Android. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology) JISTech, 5(2), 63–74. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jistech

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Nabila, A., & Putri, R. A. (2024). Aplikasi E-Membership dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) pada Dialog Koffie Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 343–351. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.38319