Aplikasi E-Membership dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) pada Dialog Koffie Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.38319Kata Kunci:
Customer Relationship Management (CRM); E- Membership; Mobile; Dialog KoffieAbstrak
Maraknya tren ngopi membuat para pelaku usaha kedai kopi harus dapat bersaing dengan kedai kopi lainnya. Dialog Koffie masih menggunakan sistem pemesanan manual pada proses penjualannya sehingga menimbulkan masalah seperti pesanan yang rangkap serta nota pesanan yang tercampur karena banyaknya catatan. Selain tidak efektifnya sistem pemesanan, para pelanggan belum mendapatkan keistimewaan jika sering datang ke Dialog Koffie. Hal tersebut membuat pemilik kedai harus memberikan layanan yang berbeda untuk memuaskan pelanggannya. Dalam hal ini diperlukan sebuah strategi bisnis yang berbeda dan belum digunakan oleh kedai kopi lain. Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah model pendekatan kepada pelanggan yang mampu menyelesaikan permasalahan di atas. Dengan menerapkan CRM pada aplikasi E-Membership, maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat karena sistem ini menyediakan berbagai fitur seperti melihat menu dan promo, reservasi tempat, serta sistem poin pada setiap pembelian minuman yang nantinya poin tersebut dikumpulkan dan dapat ditukar dengan menu yang diinginkan pelanggan. Sistem yang di bangun dapat membantu pemilik kedai dalam menjaga hubungan baik antara kedai dan pelanggan, mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya, serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan dengan mempermudah sistem pemesanan dan sistem penukaran poin yang dibuat.
Referensi
Beni Frandian, Yudhanata, R. D., Samsudin, S., & Suendri, S. (2022). Implementation of CRM (Customer Relationship Management) at UPT Public Health Center Perbaungan Web-Based. Journal of Information Systems and Technology Research, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.55537/jistr.v1i2.149
Dewi, A. M., & Putri, R. A. (2021). Dokumen dan Aplikasi Gaji Berbasis Mobile Case Study : Kemenag Labuhan Batu. 10(1), 722–730.
Dibyo, B., Mangifera, L., Ayu Kristiya Putri, P., & Fitri Ayu Wardani, S. (2021). The Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 2(01), 31–40. https://doi.org/10.17358/ijbe.7.2.139
Erawati, W. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(1), 1. https://doi.org/10.30865/mib.v3i1.987
Febriansyah, & Amalia, R. (2023). Penerapan Crm Pada Sistem Informasi Toko Kopi Cap Kucing Berbasis Web Mobile. Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 228–238.
Firmansyah, S. F. W. dan H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 11.
Jainuri, Nurasiah, & Hermilasari, Y. (2021). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Mobile Point Of Sale pada Outlet Makaroni Judes Berbasis Android. Jurnal IPSIKOM, 9(2), 44–52. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf
Lena, M., & Muhammad, H. (2020). Aplikasi e-CRM (Customer Relationship Management) berbasis web pada Belle Studio Cirebon. Sigma-Mu, 12(1), 74–92. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/sigmamu/article/view/2374
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.
Muhaemin, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Membership Fitness pada FR Fitness Cileungsi Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 32–39. https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4680
Rifai, M., & Akbar, M. (2021). Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 1(4), 197–208. https://doi.org/10.47747/jpsii.v1i4.552
Robby Prasetyo, D. (2019). Apakah Membership Bisa Membuat Konsumen Loyal terhadap Suatu Perusahaan Universitas Ma Chung Malang. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 12(1), 98–104.
Savero, D. R., & Alawi, M. (2022). Model Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Arsip Gudang Pada Disdukcapil Kota Depok. INSANtek, 3(1), 6–11. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/insantek/article/view/1135%0Ahttps://jurnal.bsi.ac.id/index.php/insantek/article/download/1135/760
Sitorus, J. H. P., & Sakban, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar. Jurnal Bisantara Informatika (JBI), 5(2), 1–13. http://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/download/54/47
Supriyanto, & Setiyawati, N. (2021). Pembangunan Aplikasi Mobile-Customer Relationship Management (M-CRM) Terintegrasi pada UMKM. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 118–127.
Tri, M. B. (2020). Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Berbasis Android pada SMK PGRI Rawalumbu. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X(2), 30–39.
Zufria, I., Dedi Irawan, M., & Asy Muhyi, H. (2020). Aplikasi Tracking Real Time Angkutan Kota Medan Berbasis Android. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology) JISTech, 5(2), 63–74. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jistech
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andini Nabila, Raissa Amanda Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms