Multigroup Analysis Keberterimaan Dosen dan Keberlanjutan Penerapan Aplikasi Pembelajaran Daring pada Perguruan Tinggi di Jakarta

Penulis

  • Setyo Widiarto Universitas Asa Indonesia
  • Roby Darmadi Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i2.38390

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi informasi dan kemudahan akses internet perguruan tinggi dituntut mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi pembelajaran daring dalam menunjang proses belajar mengajar. Penerapan aplikasi pembelajaran daring pasca pandemi covid-19 bagi dosen masih memiliki beberapa permasalahan, seperti mempersiapkan konten pembelajaran yang baik, reliabilitas infrastruktur penunjang serta kemampuan dosen dalam memahami seluruh fitur pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberterimaan dosen dalam pembelajaran yang menggunakan aplikasi daring dan keberlanjutannya di masa depan. 100 data responden yang diperoleh dari 27 perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan multigroup analysis menghasilkan kesimpulan penelitian bahwa kemudahan penggunakan dan akses e-learning merupakan faktor yang dominan mempengaruhi keberterimaan dosen terhadap aplikasi pembelajaran daring yang pada tahap selanjutnya akan menentukan keberlanjutan penggunaan teknologi informasi pada proses pembelajaran di perguruan tinggi.  Variabel kondisi nyata penggunaan sistem berpengaruh terhadap niat menggunakan kembali sedangkan variabel lainnya, yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahaan dan sikap terhadap penggunaan tidak signifikan berpengaruh terhadap niat untuk kembali menggunakan. Analisis MGA menghasilkan tidak ada perbedaaan pengaruh antara kelompok pria dan kelompok wanita terhadap hubungan variabel yang diteliti.

Referensi

Abboodi, C. H., Abid, R. N., & Mahmood, N. H. (2019). Using Technology Acceptance Model ( TAM ) Model to Assess the Lecturers ’ Behavioral Intention to Use E-Learning System in University of Babylon Using Technology Acceptance Model ( TAM ) Model to Assess the Lecturers ’ Behavioral Intention to Use E - Lear. International Journal of Engineering and Technology, 7(April), 956–963. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.20.28425

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

FICCI, & Young, E. &. (2017). Leapfrogging to Education 4.0 : Student at the core. In FICCI Higher Education Report. https://www.parthenon.ey.com/po/en/perspectives/leapfrogging-to-education-4-0-student-at-the-core

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

LLDIKTI. (2023). PTS. LLDIKTI Wilayah III.

Miranda, J., Navarrete, C., Noguez, J., Molina-Espinosa, J. M., Ramírez-Montoya, M. S., Navarro-Tuch, S. A., Bustamante-Bello, M. R., Rosas-Fernández, J. B., & Molina, A. (2021). The core components of education 4.0 in higher education: Three case studies in engineering education. Computers and Electrical Engineering, 93(June). https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107278

Opoku, D., Pobee, F., & Owusu Okyireh, R. (2020). Determinants of E-Learning System Adoption among Ghanaian University Lecturers: An Application of Information System Success and Technology Acceptance Models. American Journal of Social Sciences and Humanities, 5(1), 151–168. https://doi.org/10.20448/801.51.151.168

Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan Dan Kepuasan Penggunaan Lms Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2349

Sari Sitompul, H., Situmorang, I., & Efendi, S. (2021). The Effectiveness of Using Learning Management System (LMS) in Blended Learning Model in The Learning System of 4.0 Era. Jurnal Mantik, 6(1), 417–422.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, September. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8

Setiaji, A., Wulandari, D. R., & Hadisuddin. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Jurnal Kinesik, 9(1), 62–70. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i1.337

Shurygin, Berestova, Kolpak, Litvinova, & Nureyevà. (2020). The Usability of Learning Management Systems as a Platform for Distance Learners. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=The+Usability+of+Learning+Management+Systems+as+a+Platform+for+Distance+Learners&btnG=

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif : dilengkapi dengen perbandingan perhitungan manual & SPSS (1st ed.). Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta.

Ulya, V. F., & Abidin, Z. (2023). E-Learning dalam Kajian Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi pada Abad ke-21 Pendahuluan Pada abad ke-21 , dunia pendidikan telah mengalami peningkatan signifikan . Hal ini ditandai dengan adanya kecanggihan perluasan teknologi inovatif dan kerja in. Intelektual Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(3), 261–275. https://doi.org/10.33367/ji.v13i3.4488

Wong, K. K. K. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.

Zainuddin, Z. (2021). Tinjauan Model Pembelajaran Blended Learning pada Perguruan Tinggi di Era New Normal Covid-19: Kebijakan dan Implementasi. Asia-Pacific Journal of Public Policy, 02, 34–45. https://doi.org/10.52137/apjpp.v7i2.65

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Widiarto, S., & Darmadi, R. (2024). Multigroup Analysis Keberterimaan Dosen dan Keberlanjutan Penerapan Aplikasi Pembelajaran Daring pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(2), 445–455. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i2.38390