Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi BRImo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction dan Delone & Mclean
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i2.38876Kata Kunci:
Kepuasan Pengguna; Model EUCS; Model Delone and McLean; SmartPLS 4; BRImoAbstrak
BRImo adalah aplikasi mobile banking yang menghadirkan layanan bertransaksi secara online, tetapi masih ditemukannya beberapa dari pengguna BRImo yang masih terkendala akan menggunakan aplikasi BRImo tersebut. Adapun seperti kesulitan dalam menggunakan aplikasi BRImo, kesulitan bertransaksi, kesulitan untuk login, kemudian penggunanya sering terblokir yang mengakibatkan kurang nyaman dalam menggunakan aplikasi BRImo tersebut yang dapat mengurangi tingkat dari kepercayaan penggunanya. Tujuannya yakni dapat mengetahui tingkat dari kepuasan pengguna aplikasi BRImo yang menggunakan model penelitian End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Delone & Mclean. Model EUCS memiliki arti model perbandingan antara kenyataan dan harapan (realita). DeLone and McLean artinya sebuah model guna pengindentifikasi faktor penyebab suksesnya suatu sistem informasi. Pada penelitian ini dapat diukur dari 5 indikator EUCS dan 3 indikator Delone & McLean yang akan menggunakan teknik dari purposive sampling yang dikumpulkan melalui kuesioner secara online dalam bentuk google form kepada 100 responden penggunanya, sehingga data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Dengan demikian hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa variabel dari content, easy of use, information quality, service quality, dan timeliness berpengaruh signifikan, kemudian 3 variabel lainnya yaitu accuracy, format, dan system quality yang tidak memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan dari pengguna aplikasi BRImo.
Referensi
Dewi, Y. A., Imanirubiarko, S., Simbolon, D. M., Tubagus, M., & Nurdiani, T. W. (2023). The Application of Delon and McLean Method and End User Computing Satisfaction to Analyze User Satisfaction of Mobile Banking Applications. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.977
Dheanda, E., & Negara, E. S. (2023). Penerapan Model EUCS dan Delone and Mclean untuk Melihat Tingkat Kesuksesan dan Kepuasan Pengguna Dalam Penerapan. Jurnal Ilmiah Betrik, 03, 445–458. https://ejournal.pppmitpa.or.id/index.php/betrik/article/view/132
Elysa, N. S., Arini, L., Murad, D. F., & Leandros, R. (2023). User Experience Satisfaction Analysis of Customers on the BRI Mobile Application (BRImo). Procedia Computer Science, 227, 680–689. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.10.572
Fathurohman, A., & Legowo, N. (2023). Analysis of the Success Factors for Implementing Enterprise Resource Planning (ERP) Using the Delone and Mclean Models Analisis Faktor-Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Model Delone and Mclean. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2143–2159. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fitriana, I., Singasatia, D., & Kaniawulan, I. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Wifi TB dengan Metode Delon and Mclean. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 96–110. https://doi.org/10.56211/sudo.v2i3.324
Huda, M., Nurmiati, E., & Sari, N. (2020). Predicting User Satisfaction Using an Extended EUCS Model (The Case of Customer Application System in Telkom). Proceedings of the 2nd International Conference on Quran and Hadith Studies Information Technology and Media in Conjunction with the 1st International Conference on Islam, Science and Technology, ICONQUHAS & ICONIST, Bandung, October 2-4, 2018, Indonesia.
Iqbal, M., & Nastiti, H. (2022). Antesenden Minat Menggunakan Bri Mobile (Brimo) Pada Nasabah Bri Kantor Cabang Sesetan, Denpasar. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(22), 1–13.
Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika Unika Santo Thomas, 4 No.1, 2548–1916.
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130
Meiyantika, A. S., & Rusdianto, Y. (2024). The Influence of Service Quality , Security , and Product Features on User Customer Satisfaction BRImo Application ( Study of BRImo Application Users in Madiun Regency ). 3(3), 225–236.
Merdekawati, I. (2023). The Influence of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty Pos Kupi Langsa. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55849/jssut.v1i1.585
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nopitasari, N., & Suyatno, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Fitur TikTok Shop pada Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Jeisbi, 04(03), 9–20.
Nurhanifa, A., Sari, A., & Ambarwati, D. A. S. (2022). The effect of usability on satisfaction and its impact on loyalty of BRI mobile users in Bandar Lampung. Asian Journal of Economics and Business Management, 1(3), 147–154. https://doi.org/10.53402/ajebm.v1i3.227
Putera, W. A., & Candiasa, I. M. (2021). Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012017
Rachmawati, N. L., & Krisbiantoro, D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: Universitas Amikom Purwokerto). Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 29–35.
Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645
Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440
Sugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Mobile. Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org. Sistemasi, 9(1), 143.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Della Harmutika, Medyantiwi Rahmawita, Nesdi Evrilyan Rozanda, Zarnelly Zarnelly
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms