Sistem Informasi Pemesanan Produk Teh Menggunakan Midtrans Payment Gateway Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.39282Kata Kunci:
Pemesan; Android; Midtrans Gateway; RADAbstrak
Sekarang ini, sistem pemasaran dan promosi produk lewat internet mengalami pertumbuhan yang cepat. Banyak perusahaan yang menggunakan teknologi informasi sebagai strategi perusahaan untuk menyediakan produk kepada semua konsumen tanpa membatasi ruang dan waktu. Dari perusahaan besar sampai usaha kecil dan menengah sudah membuat sistem penjualan online sebagai fasilitas promosi yang murah dan dapat dijangkau. Dengan kemajuan teknologi, para pembisnis tentu dapat memanfaatkan dan meminimalisir dampak yang akan terjadi. Pabrik kebun teh dapat memanfaatkan smartphone para konsumennya untuk melakukan pemesanan produk dan pembayaran langsung dari aplikasi sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu tunggu para konsumennya. Pabrik kebun teh juga dapat bekerjasama dengan Midtrans sebagai payment gateway pihak ketiga dalam urusan transaksi dengan konsumennya. Pihak pabrik pun dapat mengontrol arus transaksi dan volume pendapatan pada website Midtrans secara real time tanpa harus menunggu pegawai membuat pembukuan harian. Metode pengembangan yang dipakai adalah metode RAD. Tujuannya agar meminimalisir permasalahan yang ada dan lebih menjaga keamanan dari konsumen.
Referensi
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.
Budiyanto, G., & Widodo, A. S. (2022). Peningkatan Produksi dan Pemasaran Online Bunga Kering Rayung Gambas. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 10(2), 134–144.
Cahyadilani, A., Witanti, W., Sabrina, P. N., & Tamaatmaja, T. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Teh pada PT. Perkebunan Nusantara VIII. SNIA (Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya), 4, C23-28.
Casro, C., Purwati, Y., Setyaningsih, G., & Kuncoro, A. P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 166–174. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.244
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39–46.
Ferdiansyah, M., Andriasari, S., & Ningrum, S. P. (2022). Sistem Informasi Berbasis Android untuk Penjualan Teh Rosella Kelompok Wanita Tani. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(2), 232–240.
Hafiz Maulana Siagian, Nasution, M. I. P., & Triase. (2022). Implementasi Framework Bootstrap pada Sistem Kerja Praktek Berbasis Web Responsive. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(1), 6–11. https://doi.org/10.30656/jsii.v9i1.3922
Harahap, P. S. F., Fakhriza, M., & Irawan, M. D. (2023). Kombinasi Metode Backward Chaining Dan Certainty Factor Mendiagnosa Penyakit Gangguan Ansietas. Journal of Science and Social Research, 6(3), 657–662.
Hutapea, B. T. (2022). Lot Sizing Material Requirement Planning Pada Produk Kipas Angin Portable dengan Metode Period Order Quantity (POQ). Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 5(2), 718–722.
Ida, L. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Dana Csr Perusahaan Pt Perkebunan Nusantara VII. Universitas Bina Darma.
Iqbal, M. I. M., & Setiawan, M. G. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Teh Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero). Jurnal Bisnis Corporate, 4(2) 108.
Irwanto, I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 86–107. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.6093
Krisbiantoro, D., & Sarmini, S. (2021). Penerapan Payment Gateway Dan Antrian Pada Pemesanan Kuliner Di Purwokerto Berbasis Android. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 6(1), 73–83.
Kurniawan, T. Samsudin, & Triase,T. (2021). Implementasi Layanan Firebase pada Pengembangan Aplikasi Sewa Sarana Olahraga Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6 (1), 13-15.
Mahdalena, S., Eviana, N., & Achmadi, R. (2020). Tingkat Kepuasan Pelanggan Di Katering Mardika Jakarta. Panorama Nusantara, 15(1) 65.
Pratama, R., Suendri, S., & Fakhriza, M. (2019). Penerapan Metode Simple AdditiveWeighting (SAW) Dalam Menentukan Penjaga Gawang Utama pada Olahraga Sepakbola. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology), 4(2), 97.
Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021). Pemikiran george polya tentang pemecahan masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31.
Rizki Rahmadanoor, Normajatun, J. (2020). Perancangan Pelayanan Sistem Antrian Berbasis Online (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah H.Baharuddin Kasim Kabupaten Tabalong). Teknik Informatika, 3(2), 21–33.
Sitohang, N. (2019). Penerapan Customer Relationship Management pada Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Lavas Kopi Kisaran). Ready Star -2, 2(1), 224–234. https://ptki.ac.id/jurnal/index.php/readystar/article/view/60
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sintia Haerani, M. Fakhriza
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms