Sistem Informasi Pemesanan Produk Teh Menggunakan Midtrans Payment Gateway Berbasis Android

Penulis

  • Sintia Haerani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Fakhriza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.39282

Kata Kunci:

Pemesan; Android; Midtrans Gateway; RAD

Abstrak

Sekarang ini, sistem pemasaran dan promosi produk lewat internet mengalami pertumbuhan yang cepat. Banyak perusahaan yang menggunakan teknologi informasi sebagai strategi perusahaan untuk menyediakan produk kepada semua konsumen tanpa membatasi ruang dan waktu. Dari perusahaan besar sampai usaha kecil dan menengah sudah membuat sistem penjualan online sebagai fasilitas promosi yang murah dan dapat dijangkau. Dengan kemajuan teknologi, para pembisnis tentu dapat memanfaatkan dan meminimalisir dampak yang akan terjadi. Pabrik kebun teh dapat memanfaatkan smartphone para konsumennya untuk melakukan pemesanan produk dan pembayaran langsung dari aplikasi sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu tunggu para konsumennya. Pabrik kebun teh juga dapat bekerjasama dengan Midtrans sebagai payment gateway pihak ketiga dalam urusan transaksi dengan konsumennya. Pihak pabrik pun dapat mengontrol arus transaksi dan volume pendapatan pada website Midtrans secara real time tanpa harus menunggu pegawai membuat pembukuan harian. Metode pengembangan yang dipakai adalah metode RAD. Tujuannya agar meminimalisir permasalahan yang ada dan lebih menjaga keamanan dari konsumen.

Referensi

Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.

Budiyanto, G., & Widodo, A. S. (2022). Peningkatan Produksi dan Pemasaran Online Bunga Kering Rayung Gambas. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 10(2), 134–144.

Cahyadilani, A., Witanti, W., Sabrina, P. N., & Tamaatmaja, T. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Teh pada PT. Perkebunan Nusantara VIII. SNIA (Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya), 4, C23-28.

Casro, C., Purwati, Y., Setyaningsih, G., & Kuncoro, A. P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 166–174. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.244

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39–46.

Ferdiansyah, M., Andriasari, S., & Ningrum, S. P. (2022). Sistem Informasi Berbasis Android untuk Penjualan Teh Rosella Kelompok Wanita Tani. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(2), 232–240.

Hafiz Maulana Siagian, Nasution, M. I. P., & Triase. (2022). Implementasi Framework Bootstrap pada Sistem Kerja Praktek Berbasis Web Responsive. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(1), 6–11. https://doi.org/10.30656/jsii.v9i1.3922

Harahap, P. S. F., Fakhriza, M., & Irawan, M. D. (2023). Kombinasi Metode Backward Chaining Dan Certainty Factor Mendiagnosa Penyakit Gangguan Ansietas. Journal of Science and Social Research, 6(3), 657–662.

Hutapea, B. T. (2022). Lot Sizing Material Requirement Planning Pada Produk Kipas Angin Portable dengan Metode Period Order Quantity (POQ). Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 5(2), 718–722.

Ida, L. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Dana Csr Perusahaan Pt Perkebunan Nusantara VII. Universitas Bina Darma.

Iqbal, M. I. M., & Setiawan, M. G. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Teh Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero). Jurnal Bisnis Corporate, 4(2) 108.

Irwanto, I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 86–107. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.6093

Krisbiantoro, D., & Sarmini, S. (2021). Penerapan Payment Gateway Dan Antrian Pada Pemesanan Kuliner Di Purwokerto Berbasis Android. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 6(1), 73–83.

Kurniawan, T. Samsudin, & Triase,T. (2021). Implementasi Layanan Firebase pada Pengembangan Aplikasi Sewa Sarana Olahraga Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6 (1), 13-15.

Mahdalena, S., Eviana, N., & Achmadi, R. (2020). Tingkat Kepuasan Pelanggan Di Katering Mardika Jakarta. Panorama Nusantara, 15(1) 65.

Pratama, R., Suendri, S., & Fakhriza, M. (2019). Penerapan Metode Simple AdditiveWeighting (SAW) Dalam Menentukan Penjaga Gawang Utama pada Olahraga Sepakbola. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology), 4(2), 97.

Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021). Pemikiran george polya tentang pemecahan masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31.

Rizki Rahmadanoor, Normajatun, J. (2020). Perancangan Pelayanan Sistem Antrian Berbasis Online (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah H.Baharuddin Kasim Kabupaten Tabalong). Teknik Informatika, 3(2), 21–33.

Sitohang, N. (2019). Penerapan Customer Relationship Management pada Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Lavas Kopi Kisaran). Ready Star -2, 2(1), 224–234. https://ptki.ac.id/jurnal/index.php/readystar/article/view/60

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Haerani, S., & Fakhriza, M. (2024). Sistem Informasi Pemesanan Produk Teh Menggunakan Midtrans Payment Gateway Berbasis Android. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 399–410. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.39282