Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna dan Kualitas Layanan pada Aplikasi DANA dan OVO Menggunakan Metode User Experience Questionnaire dan Importance Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40512Kata Kunci:
User Experience; DANA dan OVO; User Experience Questionnaire; Importance Performance AnalysisAbstrak
Aplikasi DANA dan OVO berfungsi sebagai flatform online dompet digital atau e-wallet. Aplikasi ini memiliki fitur layanan seperti beli pulsa, pasca bayar, tagihan Listrik, asuransi, bpjs, kartu kredit parkir yang dapat membantu pengguna saat melakukan pembayaran secara online. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu saat transaksi QR saldo sudah dipotong tapi tidak masuk ke tujuan, sinyal sering bermasalah atau error, biaya transaksi bank yang terlalu tinggi, sistem keamanan yang lemah sehingga terjadi kebocoran data pengguna, oleh karena itu, dilakukan analisis menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui pengalaman pengguna setelah menggunakan aplikasi. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menampilkan informasi tentang faktor-faktor pelayanan yang sangat mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode IPA membagi data kuesioner menjadi tiga variabel seperti kegunaan, kualitas informasi, dan pelayanan, dengan total 16 pertanyaan. Dari hasil analisis pengalaman pengguna berdasarkan 101 responden menggunakan UEQ, pengalaman pengguna pada aplikasi DANA lebih unggul dibandingkan OVO dalam semua aspek penilaian. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa untuk aplikasi DANA, terdapat empat item yang menjadi prioritas utama dan tiga item yang harus dipertahankan oleh pengelola. Sementara itu, untuk aplikasi OVO, terdapat dua item yang menjadi prioritas utama dan enam item yang harus dipertahankan.
Referensi
Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet pada Aplikasi DANA Di Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Anggraini, P. (2024). Analisis Minat Transaksi Mahasiswa STEBIS IGM Terhadap Aplikasi DANA. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(1), 93–104.
Attaqi, M. F., Suryono, I. A., Kussujaniatun, S., & Sudaryatie, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 694–700. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.90
Azhar, L. N., Muhardi, M., & Gumelar, E. T. (2020). Analisis Kualitias Layanan Internet Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) Pada PT. Aplikanusa Lintasarta Bandung. Prosiding Manajemen, 976–984. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/24138
Azindhani, Z. (2021). Penggunaan Aplikasi Dana Sebagai Media Dompet Digital dan Transaksi di Indonesia. Jurnal Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia, 1, 1–5.
Eka Putra, Eko Sulistyo, & IWK.Teja Sukmana. (2023). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Dalam Mengukur Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Di Hygge Social Cafe Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 129–137. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i1.1302
Elsa Kurniawati. (2024). Pengukuran User Experience Website Fakultas Teknologi Industri Uii Menggunakan Pendekatan dengan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Wawancara.
Hidayat, A. N., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2021). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA). … Teknologi Informasi Dan Ilmu …, 5(6), 2181–2187.
Ickwan, M. (2016). Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khanza Pangestu, K., Lathif, T., Suryanto, M., & Pratama, A. (2023). User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour UPN. 442 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(2), 442–451. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.718
Khoiriyah, S. U., Zulkarnnaeni, A. S., & Halim, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Aplikasi Dana. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 70–79. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.950
Knight, E., & Wójcik, D. (2020). FinTech, economy and space: Introduction to the special issue. Environment and Planning A, 52(8), 1490–1497. https://doi.org/10.1177/0308518X20946334
Lukita, C., Pranata, S., & Agustin, K. (2020). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Jurnal Digit, 9(2), 167. https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.117
Maricar, M. A., Pramana, D., & Putri, D. R. (2021). Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 319–328. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824443
Mufidah, K. T. (2021). evaluasi user experience pada dompet digital OVO menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). 7(3), 6.
Mulyana, M., Roup, A., & Sulastri, S. (2021). Pelatihan Penerapan Potongan Harga Pada Layanan Dompet Digital OVO. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 169–176. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.1306
Munda, F., Suriani, S., & Said, M. (2023). Nilai Guna Dan Manfaat Penggunaan Fintech E-Wallet Dana. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 178–184. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1917
Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10
Riswan. (2024). Analisis Dan Perancangan Ui/Ux Pada Website 3 Pack Surabaya Menggunakan Metode Lean UX. Proposal, 4–6.
Salsabila, A. R., Suryanto, T. L. M., & Safitri, E. M. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi SIMARIS UPN “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Metode UEQ. Jurnal Riset Komputer, 9(6), 1714. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5068
Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agus Syaifullah, Muhammad Luthfi Hamzah, Anofrizen Anofrizen, Syaifullah Syaifullah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms