Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna dan Kualitas Layanan pada Aplikasi DANA dan OVO Menggunakan Metode User Experience Questionnaire dan Importance Performance Analysis

Penulis

  • Agus Syaifullah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Luthfi Hamzah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Anofrizen Anofrizen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40512

Kata Kunci:

User Experience; DANA dan OVO; User Experience Questionnaire; Importance Performance Analysis

Abstrak

Aplikasi DANA dan OVO berfungsi sebagai flatform online dompet digital atau e-wallet. Aplikasi ini memiliki fitur layanan seperti beli pulsa, pasca bayar, tagihan Listrik, asuransi, bpjs, kartu kredit parkir yang dapat membantu pengguna saat melakukan pembayaran secara online. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu saat transaksi QR saldo sudah dipotong tapi tidak masuk ke tujuan, sinyal sering bermasalah atau error, biaya transaksi bank yang terlalu tinggi, sistem keamanan yang lemah sehingga terjadi kebocoran data pengguna, oleh karena itu, dilakukan analisis menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui pengalaman pengguna setelah menggunakan aplikasi. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menampilkan informasi tentang faktor-faktor pelayanan yang sangat mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode IPA membagi data kuesioner menjadi tiga variabel seperti kegunaan, kualitas informasi, dan pelayanan, dengan total 16 pertanyaan. Dari hasil analisis pengalaman pengguna berdasarkan 101 responden menggunakan UEQ, pengalaman pengguna pada aplikasi DANA lebih unggul dibandingkan OVO dalam semua aspek penilaian. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa untuk aplikasi DANA, terdapat empat item yang menjadi prioritas utama dan tiga item yang harus dipertahankan oleh pengelola. Sementara itu, untuk aplikasi OVO, terdapat dua item yang menjadi prioritas utama dan enam item yang harus dipertahankan.

Referensi

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet pada Aplikasi DANA Di Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Anggraini, P. (2024). Analisis Minat Transaksi Mahasiswa STEBIS IGM Terhadap Aplikasi DANA. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(1), 93–104.

Attaqi, M. F., Suryono, I. A., Kussujaniatun, S., & Sudaryatie, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 694–700. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.90

Azhar, L. N., Muhardi, M., & Gumelar, E. T. (2020). Analisis Kualitias Layanan Internet Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) Pada PT. Aplikanusa Lintasarta Bandung. Prosiding Manajemen, 976–984. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/24138

Azindhani, Z. (2021). Penggunaan Aplikasi Dana Sebagai Media Dompet Digital dan Transaksi di Indonesia. Jurnal Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia, 1, 1–5.

Eka Putra, Eko Sulistyo, & IWK.Teja Sukmana. (2023). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Dalam Mengukur Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Di Hygge Social Cafe Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 129–137. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i1.1302

Elsa Kurniawati. (2024). Pengukuran User Experience Website Fakultas Teknologi Industri Uii Menggunakan Pendekatan dengan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Wawancara.

Hidayat, A. N., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2021). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA). … Teknologi Informasi Dan Ilmu …, 5(6), 2181–2187.

Ickwan, M. (2016). Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Khanza Pangestu, K., Lathif, T., Suryanto, M., & Pratama, A. (2023). User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour UPN. 442 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(2), 442–451. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.718

Khoiriyah, S. U., Zulkarnnaeni, A. S., & Halim, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Aplikasi Dana. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 70–79. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.950

Knight, E., & Wójcik, D. (2020). FinTech, economy and space: Introduction to the special issue. Environment and Planning A, 52(8), 1490–1497. https://doi.org/10.1177/0308518X20946334

Lukita, C., Pranata, S., & Agustin, K. (2020). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Jurnal Digit, 9(2), 167. https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.117

Maricar, M. A., Pramana, D., & Putri, D. R. (2021). Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 319–328. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824443

Mufidah, K. T. (2021). evaluasi user experience pada dompet digital OVO menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). 7(3), 6.

Mulyana, M., Roup, A., & Sulastri, S. (2021). Pelatihan Penerapan Potongan Harga Pada Layanan Dompet Digital OVO. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(2), 169–176. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i2.1306

Munda, F., Suriani, S., & Said, M. (2023). Nilai Guna Dan Manfaat Penggunaan Fintech E-Wallet Dana. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 178–184. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.1917

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10

Riswan. (2024). Analisis Dan Perancangan Ui/Ux Pada Website 3 Pack Surabaya Menggunakan Metode Lean UX. Proposal, 4–6.

Salsabila, A. R., Suryanto, T. L. M., & Safitri, E. M. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi SIMARIS UPN “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Metode UEQ. Jurnal Riset Komputer, 9(6), 1714. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5068

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Syaifullah, A., Hamzah, M. L., Anofrizen, A., & Syaifullah, S. (2024). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna dan Kualitas Layanan pada Aplikasi DANA dan OVO Menggunakan Metode User Experience Questionnaire dan Importance Performance Analysis. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1128–1139. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40512