Penerapan Evaluasi Heuristik pada Perancangan Sistem Point Of Sales Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40698Kata Kunci:
System; Point Of Sales; Agile; Evaluasi HeuristikAbstrak
Toko Agape di Biak Papua dalam melakukan transaksi hanya dilakukan dengan kwitansi dan kalkulator. Pemilik toko sering kewalahan melayani pelanggan dan mengalami kesalahan perhitungan karena masih menggunakan kalkulator, kesulitan mengelola stok produk dan terbatasnya informasi pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, penilitian ini akan merancang sistem Point Of Sales (POS) berbasis website yang dapat memudahkan dalam mengelola transaksi, stok produk, laporan penjualan dan lain-lain. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Agile dan menggunakan evaluasi heuristik untuk mengevaluasi interface dari sistem. Proses pengerjaan sistem menggunakan Unified Modelling Languange (UML) meliputi Use Case Diagram; Class Diagram, rancangan struktur basis data Entity Relationship Diagram (ERD) dan desain User Interface/User Experience (UI/UX). Sedangkan bahasa pemograman menggunakan php framework laravel; javascript menggunakan library jquery dan menggunakan database MySQL yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini. Adapun penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Point Of Sales (POS) berbasis website yang mempermudah pengelolaan stok produk, manajemen transaksi dan pengelolaan laporan penjualan.
Referensi
Agustin, H., Damayanti, P., Kurniawan, H., & Mayatopani, H. (2023). Analisis Sistem Penjualan Dan Customer Relationship Management (Crm) Pada Aplikasi Shopee. In Idealis: Indonesia Journal Information System (Vol. 6, Issue 2). http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexHelenAgustinPuspaDamayanti|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|
Alhilali, A. H., Ali, N. S., Kadhim, M. F., Al-Sadawi, B., & Alsharqi, H. (2019). Multi-objective attendance and management information system using computer application in industry strip. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 16(1), 371–381. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v16.i1.pp371-381
Anwar, K., Kurniawan, L. D., Rahman, M. I., & Ani, N. (2020). Aplikasi Marketplace Penyewaan Lapangan Olahraga Dari Berbagai Cabang Dengan Metode Agile Development. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(2), 264–274. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i2.905
Aulia, B. M., & Chandra Saputra SKom, M. (2016). Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation. In Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) (Vol. 3, Issue 3).
Galavi, Z., & Khajouei, R. (2023). Proposing an initial model for the heuristic evaluation of mHealth applications. Informatics in Medicine Unlocked, 41. https://doi.org/10.1016/j.imu.2023.101322
Iryanti, E., Ode, L., Zulfiqar, M., Kusumawardani, S., & Hidayah, I. (2022). Pengukuran Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik Dan System Usability Scale. 9(3), 469–478. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294631
Kasus, S., Etrariadi, N., & Sarah Permata A’inunisya, E. (n.d.). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved Pengembangan Website Manajemen Proyek Menggunakan Metode Agile Scrum (Studi Kasus Diskopindag Kota Malang). https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.55-54
Kurniawan, A. B., Aknuranda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Aplikasi Mobile Info BMKG (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Nugraha, F., Dewi, A. R., Bastian, I., & Korespondensi, P. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Evaluasi Heursitik Dan Metode Pieces (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma). 9(3), 463–468. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294403
Putra, D. J. K., & Tanaem, P. F. (2022). Perancangan Aplikasi Pembukuan Menggunakan Metode Agile Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i3.5060
Sains dan Teknologi, J., Gede Surya Cipta Nugraha, P., Wayan Wardani, N., & Wayan Sukarmayasa, I. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Software Point Of Sale (Pos) Dengan Metode Waterfall Berbasis Web.
Saputra, A., Safitri, C. F. I., Fitriyani, F., Gulo, Y., & Desyani, T. (2021). Pengembangan Aplikasi Kasir Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 4(2), 86. https://doi.org/10.32493/jtsi.v4i2.10167
Syarifudin, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 149–158. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.641
Vikasari, C. (2019). Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.25077/teknosi.v5i1.2019.1-8
Yusril, A. N., Larasati, I., & Al Zukri, P. (n.d.). SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Systematic Literature Review Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
Zein Akbar, M., Afrizal Nur, M., Fauzan Sabana, M., & Tanjung, T. (n.d.). OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Perancangan Aplikasi Kasir Berbasis Website Pada Toko Sembako Menggunakan Metode Waterfall.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rileanly Masakke Ramba, Charitas Fibriani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms