Penerapan Evaluasi Heuristik pada Perancangan Sistem Point Of Sales Berbasis Website

Penulis

  • Rileanly Masakke Ramba Universitas Kristen Satya Wacana
  • Charitas Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40698

Kata Kunci:

System; Point Of Sales; Agile; Evaluasi Heuristik

Abstrak

Toko Agape di Biak Papua dalam melakukan transaksi hanya dilakukan dengan kwitansi dan kalkulator. Pemilik toko sering kewalahan melayani pelanggan dan mengalami kesalahan perhitungan karena masih menggunakan kalkulator, kesulitan mengelola stok produk dan terbatasnya informasi pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, penilitian ini akan merancang sistem Point Of Sales (POS) berbasis website yang dapat memudahkan dalam mengelola transaksi, stok produk, laporan penjualan dan lain-lain. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Agile dan menggunakan evaluasi heuristik untuk mengevaluasi interface dari sistem. Proses pengerjaan sistem menggunakan Unified Modelling Languange (UML) meliputi Use Case Diagram; Class Diagram, rancangan struktur basis data Entity Relationship Diagram (ERD) dan desain User Interface/User Experience (UI/UX). Sedangkan bahasa pemograman menggunakan php framework laravel; javascript menggunakan library jquery dan menggunakan database MySQL yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini. Adapun penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Point Of Sales (POS) berbasis website yang mempermudah pengelolaan stok produk, manajemen transaksi dan pengelolaan laporan penjualan.

Referensi

Agustin, H., Damayanti, P., Kurniawan, H., & Mayatopani, H. (2023). Analisis Sistem Penjualan Dan Customer Relationship Management (Crm) Pada Aplikasi Shopee. In Idealis: Indonesia Journal Information System (Vol. 6, Issue 2). http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexHelenAgustinPuspaDamayanti|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|

Alhilali, A. H., Ali, N. S., Kadhim, M. F., Al-Sadawi, B., & Alsharqi, H. (2019). Multi-objective attendance and management information system using computer application in industry strip. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 16(1), 371–381. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v16.i1.pp371-381

Anwar, K., Kurniawan, L. D., Rahman, M. I., & Ani, N. (2020). Aplikasi Marketplace Penyewaan Lapangan Olahraga Dari Berbagai Cabang Dengan Metode Agile Development. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(2), 264–274. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i2.905

Aulia, B. M., & Chandra Saputra SKom, M. (2016). Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation. In Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) (Vol. 3, Issue 3).

Galavi, Z., & Khajouei, R. (2023). Proposing an initial model for the heuristic evaluation of mHealth applications. Informatics in Medicine Unlocked, 41. https://doi.org/10.1016/j.imu.2023.101322

Iryanti, E., Ode, L., Zulfiqar, M., Kusumawardani, S., & Hidayah, I. (2022). Pengukuran Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik Dan System Usability Scale. 9(3), 469–478. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294631

Kasus, S., Etrariadi, N., & Sarah Permata A’inunisya, E. (n.d.). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved Pengembangan Website Manajemen Proyek Menggunakan Metode Agile Scrum (Studi Kasus Diskopindag Kota Malang). https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.55-54

Kurniawan, A. B., Aknuranda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Aplikasi Mobile Info BMKG (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id

Nugraha, F., Dewi, A. R., Bastian, I., & Korespondensi, P. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Evaluasi Heursitik Dan Metode Pieces (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma). 9(3), 463–468. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294403

Putra, D. J. K., & Tanaem, P. F. (2022). Perancangan Aplikasi Pembukuan Menggunakan Metode Agile Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i3.5060

Sains dan Teknologi, J., Gede Surya Cipta Nugraha, P., Wayan Wardani, N., & Wayan Sukarmayasa, I. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Software Point Of Sale (Pos) Dengan Metode Waterfall Berbasis Web.

Saputra, A., Safitri, C. F. I., Fitriyani, F., Gulo, Y., & Desyani, T. (2021). Pengembangan Aplikasi Kasir Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 4(2), 86. https://doi.org/10.32493/jtsi.v4i2.10167

Syarifudin, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 149–158. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.641

Vikasari, C. (2019). Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.25077/teknosi.v5i1.2019.1-8

Yusril, A. N., Larasati, I., & Al Zukri, P. (n.d.). SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Systematic Literature Review Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Zein Akbar, M., Afrizal Nur, M., Fauzan Sabana, M., & Tanjung, T. (n.d.). OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Perancangan Aplikasi Kasir Berbasis Website Pada Toko Sembako Menggunakan Metode Waterfall.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Ramba, R. M., & Fibriani, C. (2024). Penerapan Evaluasi Heuristik pada Perancangan Sistem Point Of Sales Berbasis Website. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1021–1032. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40698