Analisa User Experience Sistem KKN Menggunakan Metode Heart Metrics dan Importance Performance Analysis (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.40803Kata Kunci:
UIN Suska Riau; Sistem KKN; User Experience; HEART Metrics; Importance Performance AnalysisAbstrak
Pada tahun 2023 Sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) ditemukan beberapa kendala signifikan yang diperoleh berdasarkan umpan balik penggunanya. Kendala yang didapati berupa server down yang berkepanjangan, kesulitan mengakses lokasi KKN, serta masalah error dan kendala saat login yang mempengaruhi efisiensi penggunaan sistem saat melakukan pendaftaran. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian dilakukan menggunakan dua metode: HEART Metrics dan Importance-Performance Analysis (IPA). HEART Metrics mengukur pengalaman pengguna melalui variabel Happiness (kepuasan), Engagement (keterlibatan), Adoption (penerimaan dan penggunaan), Retention (retensi), dan Task Success (kesuksesan tugas). IPA mengidentifikasi prioritas perbaikan dengan memetakan kinerja item terhadap tingkat kepentingannya bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability berdasarkan variabel HEART (Happiness, Engagement, Retention, dan Task Success) tergolong "Sedang", sementara Adoption berada pada kategori "Tinggi". Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa 9 dari 20 item memerlukan perbaikan, termasuk kepuasan pengguna, desain menarik, kenyamanan, aksesibilitas, optimalisasi fitur, kualitas sistem, pemilihan lokasi, pengurangan error, dan efisiensi. Hasil ini menunjukkan bahwa pengalaman pengguna Sistem KKN UIN Suska Riau perlu ditingkatkan dengan memperbaiki berberapa item yang telah disebutkan.
Referensi
Adiyono, Rais, A., Mila Oktavia, Aisyah, N., & Juhra, S. (2023). Aktualisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Songka Batu Kajang Angkatan XIX Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser. Journal of Community Dedication, 3(1), 27–44. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/234
Ahsyar, T. K., Hasanah, & Syaifullah. (2019). Analisis Usability Integrated Academic Information System Menggunakan Metode Use Questionnaire. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), November, 49–54.
Ahsyar, T. K., Husna, & Syaifullah. (2019). Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 11(November), 163–170.
Aipassa, R. H., Palilingan, V. R., & Rianto, I. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata di Universitas Negeri Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(4), 436–445. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7489
Aisyah, R., Hidayatullah, W., Zahra, A. L., & Shahita, D. (2023). User Experience Analysis of Neobank Application Using Heart Metrics. Journal of Applied Electrical & Science Technology, 0(02), 1–7.
Al Falaqi, M., Aryani, R., & Khaira, U. (2023). Penerapan Metode HEART Metrics pada Aplikasi Bantuan Cepat Daring (ABCD) Universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 161–171. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1372
Armanda, D. F., Pratama, A., & Suryanto, T. L. M. (2021). Analisis User Experience terhadap Website E-Learning Disty ( DILAN ) Menggunakkan HEART Metrics. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 12(01), 31–40.
Chaudhary, A. K., & Warner, L. A. (2016). Visually Plotting Importance and Satisfaction to Identify Extension Clients’ Needs. Edis, 5(4). https://doi.org/10.32473/edis-wc251-2016
Dalimunthe, N., Purwanti, D., & Adawiyah, A. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi OPAC terhadap Kepuasan Mahasiswa menggunakan Metode Libqual (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 117–123.
Herawati, M. C., & Suyatno, D. F. (2023). Evaluasi User Experience pada Aplikasi SOCO by Sociolla Menggunakan Google’s HEART Metrics dan Set GSM : JEISBI (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence). Jeisbi, 04(04), 79–85.
Khamdani, F. R., Setiawan, I., & Putranto, B. D. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Program Studi Sistem Informasi Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 43–50. https://doi.org/10.33884/jrsi.v8i2.7264
Khoiriyah, K. N., Pratama, A., & Faroqi, A. (2023). User Experience Pengguna Learning Management System Seal Menggunakan Metode Heart Metrics. Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(6), 836–842. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.914
Melida, S., & Diah, P. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan PT.Pegadaian Cabang Salemba Jakarta dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 7(3), 49–56. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v7i3.3233
Mulyanto, A., Malahayati, Syaka, A. K., & Yanuarto, M. (2021). Analisis Kualitas Website Integrated Lab Journal Menggunakan Webqual dan Importance Performance Analysis. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(2), 405–419. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.256
Munzir, M. R., & Khaira, N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kuliah Kerja Nyata Menggunakan Metode Hot Fit. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 100. https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8749
Nurlailah, & Rusdi, I. (2023). Analisis User Experience (UX) pada Aplikasi Segari menggunakan HEART Metrics. Jurnal Teknologi, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.34151/jurtek.v16i1.4265
Pristantya, M., Sardi, I. L., & Kurniati, A. P. (2023). Analisis dan Evaluasi User Experience Membaca Buku Digital pada Aplikasi Buku Digital Menggunakan Heart Framework (Studi Kasus: Gramedia Digital). E-Proceeding of Engineering, 10(3), 3677–3689. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/20644%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/20644/19957
Rodden, K., Hutchinson, H., & Fu, X. (2010). Measuring the User Experience on a Large Scale: User-centered metrics for web applications. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 4, 2395–2398. https://doi.org/10.1145/1753326.1753687
Roeke, A., & Nurlela, S. (2023). Analisis Kualitas Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Infortech, 5(1), 30–35. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15457
Sari, N., Gustriansyah, R., & Mair, Z. R. (2024). Analisis User Experience untuk Mengoptimasi Aplikasi Prodeskel di Kota Palembang. IDEALIS : InDonEsiA Journal Information System, 7(1), 85–97. https://doi.org/10.36080/idealis.v7i1.3126
Sihombing, G. P. A. Y., & Sihotang, J. I. (2022). Analisis Kualitas Modul UNAI terhadap Kepuasan Pengguna dengan WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Komputer dan Informatika, 10(1), 39–46. https://doi.org/10.35508/jicon.v10i1.6465
Syahputra, R. P., Hardiartama, R., Kristana, B. P., & Wulansari, A. (2023). Analisis User Experience Aplikasi Flip Menggunakan Metode Heart Metrics dan Importance Performance analysis ( IPA ). Jurnal Informatika dan Rekayasas Perangkat Lunak (JATIKA), 4, 228–236.
Syainal, M. A., Pratama, A., & Fitri, A. S. (2023). Analisis User Experience pada Aplikasi J & T EXPRESS Menggunakan Metode Heart Matrics . Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 12(01), 367–375.
Trenggono, B. W., Faroqi, A., & Wulansari, A. (2022). Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 11(2), 471. https://doi.org/10.35889/jutisi.v11i2.876
Zarkasi, A. C., Wardani, A. S., & Sucipto, S. (2022). Analisa User Experience Terhadap Fitur di Aplikasi Zenius Menggunakan Heart Framework. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 6(2), 174–179.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dhea Ananda, Tengku Khairil Ahsyar, Syaifullah, Mona Fronita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms