Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Penjualan Pulsa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier

Penulis

  • Azis Syafi'i Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Afdal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eki Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rice Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41364

Kata Kunci:

Analisis Sentimen; Aplikasi Penjualan Pulsa; DigiPOS; Naïve Bayes Classifier (NBC); Tetra Pulsa; Orderkuota

Abstrak

Terdapat banyak aplikasi penjualan pulsa yang umumnya digunakan oleh outlet atau konter, seperti DigiPOS, Tetra Pulsa, dan Orderkuota. Namun, terdapat permasalahan umum pada aplikasi tersebut seperti harga yang mulai kurang kompetitif, penggunaan yang sulit, transaksi yang sering gagal, keamanan, layanan dan lainnya. Untuk itu, penelitian ini menganalisis sentimen ulasan pengguna untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut, dengan tujuan membantu pengembang meningkatkan layanan dan memberi panduan bagi agen dalam memilih aplikasi yang tepat. Algoritma NBC diusulkan untuk digunakan pada klasifikasi sentimen. Hasil analisis menunjukkan dominasi sentimen positif pada semua aplikasi, dengan Tetra Pulsa memiliki sentimen positif tertinggi (97.10%), diikuti oleh Orderkuota (84.40%) dan DigiPOS (64.00%). Kemudian hasil implementasi algoritma NBC mempu melakukan klasifikasi sentimen dengan baik. Aplikasi Tetra Pulsa memiliki akurasi 97.10%, Orderkuota 92.39%, dan DigiPOS 91.10%. Hasil penelitian ini dapat pertimbangan untuk melakukan evaluasi dan peningkatan aplikasi, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna aplikasi penjualan pulsa.

Referensi

Annisa, C., Afdal, M., & Ahsyar, T. K. (2023). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dan K-Nearest Neighbor Pada Sentimen Review Aplikasi Mobile Jkn. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7(3), 1033–1040. https://doi.org/10.30865/mib.v7i3.6242

DigiPOS Aja. (2024). https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkomsel.digiposaja

Hernita, & Suryadi, S. (2023). Perancangan Aplikasi Penjualan Pulsa Pada MW Ponsel Rantauprapat Berbasis Web. Journal Of Information System, 1(1), 21–26.

Kamal, P., & Ahuja, S. (2019). An Ensemble-Based Model for Prediction of Academic Performance of Students in Undergrad Professional Course. Journal of Engineering, Design and Technology, 17(4), 769–781. https://doi.org/10.1108/JEDT-11-2018-0204

Nikmatun, A. S., Winatmoko, Y. A., Septiandri, A. A., & Jamal, A. (2018). Colloquial Indonesian Lexicon. Proceedings of the 2018 International Conference on Asian Language Processing, IALP 2018, 226–229. https://doi.org/10.1109/IALP.2018.8629151

Oktavianus, & Hondro, M. (2023). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana Melalui Postingan di Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes. Jurnal Informatika, 1(1), 27–31.

Orderkuota. (2024). https://play.google.com/store/apps/details?id=com.orderkuota.app

Pratama, P. F., Rahmadani, D., Nahampun, R. S., Harmutika, D., Rahmadeyan, A., & Evizal, M. F. (2023). Random Forest Optimization Using Particle Swarm Optimization for Diabetes Classification. Public Research Journal of Engineering, Data Technology and Computer Science, 1(1), 41–46.

Rahmadeyan, A., & Mustakim. (2023). Seleksi Fitur pada Supervised Learning: Klasifikasi Prestasi Belajar Mahasiswa Saat dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.21-32

Rahmadeyan, A., Mustakim, Ahmad, I., Alexander, A. D., & Rahman, A. (2023). Phishing Website Detection with Ensemble Learning Approach Using Artificial Neural Network and AdaBoost. 2023 International Conference on Information Technology Research and Innovation (ICITRI), 162–166. https://doi.org/10.1109/ICITRI59340.2023.10249799

Riskawati, R., Fatihanursari, F., Iin, I., & Rizki Rinaldi, A. (2024). Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Aplikasi Gopay. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 346–353. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8699

Samsir, S., Ambiyar, A., Verawardina, U., Edi, F., & Watrianthos, R. (2021). Analisis Sentimen Pembelajaran Daring pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 157–163. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2580

Surohman, S., Aji, S., Rousyati, R., & Wati, F. F. (2020). Analisa Sentimen terhadap Review Fintech dengan Metode Naive Bayes Classifier dan K- Nearest Neighbor. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(1), 93–105. https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i1.7535

Syaputri, A. W., Irwandi, E., & Mustakim, M. (2020). Naïve Bayes Algorithm for Classification of Student Major’s Specialization. Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(1), 17. https://doi.org/10.26714/jichi.v1i1.5570

Tetra Pulsa. (2024). https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tetra.pulsa

Wisnu, H., Afif, M., & Ruldevyani, Y. (2020). Sentiment Analysis on Customer Satisfaction of Digital Payment in Indonesia: A Comparative Study using KNN and Naïve Bayes. Journal of Physics: Conference Series, 1444(1), 12034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1444/1/012034

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Syafi'i, A., Afdal, M., Saputra, E., & Novita, R. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Penjualan Pulsa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1300–1308. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41364