Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Internet UIN Suska Riau Menggunakan Metode SERVQUAL dan CSI

Penulis

  • Rian Aulia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eki Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tengku Khairil Ahsyar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41421

Kata Kunci:

Tingkat Kepuasan; Kualitas Internet; Metode Servqual; CSI

Abstrak

Kebutuhan manusia akan komunikasi dan informasi mendorong kemajuan sarana komunikasi dan informasi dengan cepat. Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini mempercepat kemajuan media pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran sudah menjadi suatu keharusan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN) Suska Riau, yang berlokasi di Panam, Jl. HR. Soebrantas KM 15, Simpang Baru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penghitungan menggunakan metode service quality menghasilkan lima atribut pernyataan dengan lima dimensi kualitas internet. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari kelima dimensi tersebut belum memuaskan mahasiswa karena nilai dari kualitas masing-masing dimensinya lebih kecil dari 1 (Q ≤ 1). Oleh karena itu, diperlukan perbaikan oleh pihak kampus sebagai rekomendasi untuk meningkatkan kualitas internet.

Referensi

Abdirrahman, A. W., & Sumiati, S. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Di Kafe XZY. Juminten, 2(3), 143–154.

Alifah, U. N., Rusgiyono, A., & Prahutama, A. (2020). Metode Servqual, Kuadran Ipa, Dan Indeks Pgcv Untuk Menganalisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit X. Statistika, 8(2), 144-151

Anindya, A. P., & Mindhayani, I. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129-136

Chandra, T., & Novia, D. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Optik “Jakarta” Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 125-139

Hanafi, R., Mansur, M., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dosen Dan Fasilitas Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(06)..

Purba, R. P. K., & Sailan, M. Z. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan di Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 8(1), 9-20

Rizki, M., Almi, A. T., Kusumanto, I., Anwardi, A., & Silvia, S. (2021). Aplikasi Metode Kano Dalam Menganalisis Sistem Pelayanan Online Akademik FST UIN SUSKA Riau pada masa Pandemi Covid-19. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(2), 180-187.

Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Measurement of Service Quality (Servqual-Parasuraman) in Forming Customer Satisfaction So as to Create Customer Loyalty: Case Study at the Mayang Collection Store, Kepanjen Branch. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i1.285

Tjiptono, F. & Candra, G. (2017). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Aulia, R., Saputra, E., & Ahsyar, T. K. (2024). Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Internet UIN Suska Riau Menggunakan Metode SERVQUAL dan CSI. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1173–1178. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41421