Tiktok Shop: Penggunaan Metode EUCS (End User Computing Satifiction) terhadap Kepuasan Gen-Z

Penulis

  • Eneng Sri Mulyani Universitas Nusa Putra
  • Arny Lattu Universitas Nusa Putra
  • M. Anton Permana Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41899

Kata Kunci:

Tiktokshop, Gen-z, End User Computing Satisfaction

Abstrak

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan internet, platform e-commerce seperti TikTok Shop telah jadi bagian terpenting didalam hidup yang utama untuk Generasi Z. TikTok Shop menggabungkan media sosial dengan e-commerce, yang mungkin membuat kreator serta pengguna untuk melakukan promosi dan menjual produk secara langsung lewat video, siaran langsung, dan katalog produk. Namun, popularitas TikTok Shop juga menimbulkan kontroversi karena dianggap merusak harga pasar. Setelah ditutup sementara pada Oktober 2023, TikTok Shop dibuka kembali dua bulan kemudian bekerja sama dengan PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Penelitian ini tujuannya ialah guna menganalisis tingkat kepuasan konsumen Gen-Z terhadap TikTok Shop memakai metode (EUCS). Hasil penelitian memperlihatkan yakni variable konten, format, serta ketepatan waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai, sementara variable akurasi serta kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan. Data diperoleh melalui kuesioner dari 100 responden Gen-Z, menunjukkan bahwa aspek konten, format, dan ketepatan waktu sangat menentukan kepuasan pengguna TikTok Shop.

Referensi

Dachlan 2014:1. (2014). ??No Title No Title No Title. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 4, Issue 1).

Gobel, U. T., Katili, M. R., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. 2(1).

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Arstedt, M. (2011). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (7th ed.). Pearson.

Hamdani, A., Rahma, N., & Jannah, M. A. (2023). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Berita Penutupan Live TikTok Shop. Prosiding Seminar Nasional, 743–752.

Hastin, L. Y., Fahmi, R., & Hendra, L. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Volume 10.

Nur Qisthi, M., Pratama Yudya Putra, A., Athallah Khairi Arief, M., Athhar Ramadhan, R., & Bellaning Restu, L. (2024). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Platform Marketplace Akibat Penutupan Tiktok Shop: Studi Kasus Gen Z di UPI Kampus Tasikmalaya. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika (JUPUMI), 3(1), 46115. https://doi.org/10.55606/jupumi.v3i1.2484

Purwandani, I. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77

Saputra, R., & Sanjaya, M. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Reza. Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(2), 792–802. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1218

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 2655–9129.

Syamsuar, D., Nia Cholil, W., Ramadhan, R., Mariana, R., Wadu, B., & Zaidiah, A. O. (2022). Empirical Review Of M- Banking User Satisfaction Using End User Computing Satisfaction (EUCS). International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information System (ICIMCIS. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS56303.2022.10017742.

Wulandari, P., & Hidayat, A. M. (2023). Analisis Digital Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Platform Tiktok Shop di Bandung Digital Marketing Mix Analysis on Consumer Satisfaction on The Tiktok Shop Platform in Bandung. 10(4), 2552–2559.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Mulyani, E. S., Lattu, A., & Permana, M. A. (2024). Tiktok Shop: Penggunaan Metode EUCS (End User Computing Satifiction) terhadap Kepuasan Gen-Z. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(3), 1280–1288. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.41899