Perancangan Desain UI/UX Website SEAQIS Task Tracker untuk Mengelola Tugas Karyawan SEAQIS
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i3.42015Kata Kunci:
Digitalisasi; SEAQIS; manajemen tugas; user experience; websiteAbstrak
SEAMEO QITEP In Science (SEAQIS) memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA di Asia Tenggara. Saat ini, pelaksanaan proyek di SEAQIS masih menggunakan metode manual, yang mengakibatkan kurangnya transparansi dan kontrol yang efektif. Demi mengatasi tantangan ini, diperlukan digitalisasi pengembangan sistem berbasis web yang dapat mempermudah Human Resource Development (HRD), kepala divisi, dan staf dalam mengelola, memantau, serta menilai proyek-proyek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang platform SEAQIS dengan pendekatan user experience menggunakan metodologi Design thinking. Melalui proses ini, dibuat Prototype high-fidelity yang kemudian diuji menggunakan usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Prototype ini berhasil memenuhi kebutuhan pengguna, dengan mencatat skor usability sebesar 86. Dengan demikian, website SEAQIS Task Tracker yang dirancang dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan tugas karyawan SEAQIS.
Referensi
Ansori, Soni, Purwono Hendradi, and Setiya Nugroho. 2023. “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA.” Journal of Information System Research (JOSH) 4(4):1072–81. doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
Fauzi, Ahmad Hadi, and Iwan Sukoco. 2019. “Konsep Design Thinking Pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa.” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 2(1):37–45. doi: 10.35138/organum.v2i1.50.
Glowdy, Achmad Gabriel, Rahmat Fauzi, and Ekky Novriza Alam. 2020. “Perbaikan Tampilan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Nganggur.Id Menggunakan Metode User-Centered Design.” E-Proceeding of Engineering 7(2):7617–24.
ISO. (2019). ISO 9241-210. Retrieved from ISO: https://www.iso.org/standard/52075.html
Karim, N., R. Machmud, and A. H. Bokingo. 2022. “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Bri Unit Batudaa.” … : Jurnal Ilmiah Manajemen … 5(2):620–27.
Kiki Kusumawati, Nurul Chafid, and Sri Ariyani. 2022. “Analisis Dan Perancangan Manajemen Proyek Perangkat Lunak Studi Kasus : Pt. Ekiosku.” Prosiding 2:117–29. doi: 10.59134/prosidng.v2i-.120.
Kurnianto, Firman, Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Elyza Gustri, and Wahyuni Jurusan Informatika. 2021. “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung.” Automata 3(2):1–69.
Kurniawan, Felix, Muhammad Firmansyah, Rheza Rijaya, Steven Yesua Sutanto, Muhammad Rizky Pribadi, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, and Universitas Multi Data Palembang. 2022. “Penerapan Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur.” Mdp Student Conference (Msc) 2022 284–89.
Maulina, Rika, Ilham Indra Hidayat, Reza Sataria, Syifa Wahyuni, Ahmad Dumyati, and M. Rizky Pribadi. 2022. “Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking.” MDP Student Conference (MSC) 2022 413–20.
Nur Ramadhani, Nadia Putri, Ratih Kartika Dewi, and Fais Al Huda. 2022. “Perancangan User Experience Aplikasi Promosi Wisata Lahor Di Masa Pandemi Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 6(6):2557–66.
Pakarti, B. H., and A. Prapanca. 2023. “Perancangan Ulang User Inteface (UI) Dan User Experience (UX) Website Perzela Dengan Metode User Centered Design (UCD).” Journal of Emerging Information … 04(04):150–62.
Salamatun Asakdiyah, R. H. (2023). Kepuasan Pelanggan Di Era Digital : Strategi Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Jangka Panjang. Takaza Innovatix Labs.
Vlasenko, Kateryna V, Iryna V Lovianova, Sergii V Volkov, Iryna V Sitak, Olena O. Chumak, Andrii V Krasnoshchok, Nataliia G. Bohdanova, and Serhiy O. Semerikov. 2022. “UI / UX Design of Educational on-Line Courses.” 9:184–99.
Wijaya, Andrian, Frisky Wijaya, Kevin Agustria, Michael Wijaya, Rivaldo Therino, Ronaldo Putra, and Rizky Pribadi. 2022. “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking.” Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang 465–71.
Wijaya, Vannes, Muhammad Fadli, Yohanes Andika Dharma, and Muhammad Rizky Pribadi. 2022. “Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi Go-Print Dengan Menggunakan Metode Design Thinking.” MDP Student Conference (MSC) 1(1):298–305.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eka Dian Wananda, Robbi Hendriyanto, Guntur Prabawa Kusuma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms