E-Commerce Toko Muslim An-Nur Berbasis Web Menggunakan Metode Up Selling dan Safety Stock
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44317Kata Kunci:
E-Commerce; Perlengkapan Haji dan Umrah; Toko Muslim; Up Selling; Safety StockAbstrak
E-commerce mengubah cara tradisional perdagangan, memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah dan aman. Metode up selling diterapkan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk serupa yang memiliki nilai lebih tinggi, yang diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produk. Up Selling bekerja dengan mengurutkan produk dari harga terendah ke tertinggi dan menawarkan diskon serta promo spesial pada produk yang memenuhi kriteria. Selain itu, konsep safety stock digunakan untuk mengelola persediaan dengan lebih efisien. Safety stock membantu mengantisipasi ketidakpastian permintaan dan keterlambatan penerimaan bahan baku, menjaga tingkat stok tetap optimal. Dengan pendekatan ini, Toko Muslim An-Nur dapat menjaga tingkat stok rendah untuk mengurangi biaya manajemen inventaris dan mencocokkan pesanan baru hanya saat stok hampir habis. Sistem e-commerce yang diusulkan akan memungkinkan pengguna untuk mencari produk, meninjau deskripsi dan harga, serta melakukan pembelian dengan mudah melalui antarmuka web yang ramah pengguna Metode up selling membantu dalam meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk yang relevan dan lebih baik kepada pelanggan, sedangkan safety stock membantu mengatur persediaan barang dengan optimal, mencegah kekurangan stok yang dapat mengganggu kelancaran operasional toko. Penerapan sistem e-commerce juga memungkinkan Toko Muslim An-Nur untuk mencapai pasar yang lebih luas, meningkatkan keterjangkauan produk, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif.
Referensi
Al Aziz, A., Nasution, O. R. K., & Purba, P. M. (2024). Sistem Informasi Stok Dan Penjualan Kopi Gayo Pada Toko Success Coffee Gayo Menggunakan Metode Forecasting. Journal of Computers and Digital Business, 3(2), 59–68.
Amanah, D., Hafazhah, Z. S., & Harahap, D. A. (2024). Pendampingan Usaha Perabot Rumah Tangga “Toko Perabot IR 48” Rancah, Bandung untuk Meningkatkan Penjualan Usaha. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(02), 1–9.
El Randi, T. R. S., & Meirini, D. (2021). Analisis Manajemen Persediaan Menggunakan Metode Economic Order Quantity dan Reorder Point Dalam Pengendalian Persediaan Gas LPG 3 Kg Pada SPBE PT. BCP Cirebon. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(4), 1263–1279.
Eunike, A., Setyanto, N. W., Yuniarti, R., Hamdala, I., Lukodono, R. P., & Fanani, A. A. (2021). Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan: Edisi Revisi. Universitas Brawijaya Press.
Fadillah, R. M., & Ibrahim, A. (2023). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Website Dengan Menggunakan Strategi Up-Selling Dan Cross-Selling. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(1), 85–96.
Farkhan, M. (2020). Penerapan Cross-Selling Dan Up-Selling Untuk Sistem Informasi Penjualan Pada Crown Boutique.
Hertita, D. (2023). Setiap Pebisnis Harus Tahu Promo Upselling Cross-selling Ini! Elex Media Komputindo.
Lailatus Sa’adah, S., & Indriyani, S. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada CV. Zam-Zam. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Mikharani, E., Najib, M., & Satria, D. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Obat Menggunakan Metode Safety Stock Berbasis Website (Studi Kasus: Apotek Clara Lampung Selatan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 38–44. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Monady, H., Mubarok, A., ZA, M. I., Ramadhani, G., & Darwanti, E. (2019). Etika Bisnis Syariah Dalam Era Digital. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Muhammad, M. M. (2020). Transaksi E-Commerse Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisadi : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum, 2(1), 76. https://doi.org/10.24252/el-iqthisadi.v2i1.14021
Pangestuti, K. D., Maghfiroh, Z., & Huda, M. S. (2023). Eksistensi Jual Beli Online Sebagai Daya Tarik Masyarakat Dalam Perspektif Hadis. UInScof, 1(2), 1126–1141.
Prabowo, A. (2022). Implementasi Metode Up-Selling Pada Aplikasi Penjualan Online Berbasis E-Commerce. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 421–438.
Prasetyo, R. B. (2023). Pengaruh E-Commerce dalam Dunia Bisnis. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(01), 1–11.
Septiani, D., Ramadini, A. S., & Hayatunupus, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Cross Selling dan UP Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Alfamart Cabang Mareleng. Journal of Research in Management Business and Social Science, 2(1), 1–7.
Setyabudhi, A. L., & Sanusi. (2020). Perancangan Modul Menggambar Teknik Berbasiskan Kompetensi Untuk Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Ibnu Sina. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(02), 19–25. https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i02.41
Yani, S. A. (2022). Penerapan Strategi Penjualan Metode Up Selling Untuk Memaksimalkan Sistem Penjualan. Jurnal Teknologi Terkini, 2(12), 1–18. http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/337%0Ahttp://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/download/337/318
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Widia Putri Amanda, Samsudin Samsudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms