E-Commerce Toko Muslim An-Nur Berbasis Web Menggunakan Metode Up Selling dan Safety Stock

Penulis

  • Widia Putri Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44317

Kata Kunci:

E-Commerce; Perlengkapan Haji dan Umrah; Toko Muslim; Up Selling; Safety Stock

Abstrak

E-commerce mengubah cara tradisional perdagangan, memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah dan aman. Metode up selling diterapkan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk serupa yang memiliki nilai lebih tinggi, yang diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produk. Up Selling bekerja dengan mengurutkan produk dari harga terendah ke tertinggi dan menawarkan diskon serta promo spesial pada produk yang memenuhi kriteria. Selain itu, konsep safety stock digunakan untuk mengelola persediaan dengan lebih efisien. Safety stock membantu mengantisipasi ketidakpastian permintaan dan keterlambatan penerimaan bahan baku, menjaga tingkat stok tetap optimal. Dengan pendekatan ini, Toko Muslim An-Nur dapat menjaga tingkat stok rendah untuk mengurangi biaya manajemen inventaris dan mencocokkan pesanan baru hanya saat stok hampir habis. Sistem e-commerce yang diusulkan akan memungkinkan pengguna untuk mencari produk, meninjau deskripsi dan harga, serta melakukan pembelian dengan mudah melalui antarmuka web yang ramah pengguna Metode up selling membantu dalam meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk yang relevan dan lebih baik kepada pelanggan, sedangkan safety stock membantu mengatur persediaan barang dengan optimal, mencegah kekurangan stok yang dapat mengganggu kelancaran operasional toko. Penerapan sistem e-commerce juga memungkinkan Toko Muslim An-Nur untuk mencapai pasar yang lebih luas, meningkatkan keterjangkauan produk, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif.

Referensi

Al Aziz, A., Nasution, O. R. K., & Purba, P. M. (2024). Sistem Informasi Stok Dan Penjualan Kopi Gayo Pada Toko Success Coffee Gayo Menggunakan Metode Forecasting. Journal of Computers and Digital Business, 3(2), 59–68.

Amanah, D., Hafazhah, Z. S., & Harahap, D. A. (2024). Pendampingan Usaha Perabot Rumah Tangga “Toko Perabot IR 48” Rancah, Bandung untuk Meningkatkan Penjualan Usaha. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(02), 1–9.

El Randi, T. R. S., & Meirini, D. (2021). Analisis Manajemen Persediaan Menggunakan Metode Economic Order Quantity dan Reorder Point Dalam Pengendalian Persediaan Gas LPG 3 Kg Pada SPBE PT. BCP Cirebon. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(4), 1263–1279.

Eunike, A., Setyanto, N. W., Yuniarti, R., Hamdala, I., Lukodono, R. P., & Fanani, A. A. (2021). Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan: Edisi Revisi. Universitas Brawijaya Press.

Fadillah, R. M., & Ibrahim, A. (2023). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Website Dengan Menggunakan Strategi Up-Selling Dan Cross-Selling. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(1), 85–96.

Farkhan, M. (2020). Penerapan Cross-Selling Dan Up-Selling Untuk Sistem Informasi Penjualan Pada Crown Boutique.

Hertita, D. (2023). Setiap Pebisnis Harus Tahu Promo Upselling Cross-selling Ini! Elex Media Komputindo.

Lailatus Sa’adah, S., & Indriyani, S. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada CV. Zam-Zam. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Mikharani, E., Najib, M., & Satria, D. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Obat Menggunakan Metode Safety Stock Berbasis Website (Studi Kasus: Apotek Clara Lampung Selatan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 38–44. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Monady, H., Mubarok, A., ZA, M. I., Ramadhani, G., & Darwanti, E. (2019). Etika Bisnis Syariah Dalam Era Digital. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Muhammad, M. M. (2020). Transaksi E-Commerse Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisadi : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum, 2(1), 76. https://doi.org/10.24252/el-iqthisadi.v2i1.14021

Pangestuti, K. D., Maghfiroh, Z., & Huda, M. S. (2023). Eksistensi Jual Beli Online Sebagai Daya Tarik Masyarakat Dalam Perspektif Hadis. UInScof, 1(2), 1126–1141.

Prabowo, A. (2022). Implementasi Metode Up-Selling Pada Aplikasi Penjualan Online Berbasis E-Commerce. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 421–438.

Prasetyo, R. B. (2023). Pengaruh E-Commerce dalam Dunia Bisnis. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(01), 1–11.

Septiani, D., Ramadini, A. S., & Hayatunupus, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Cross Selling dan UP Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Alfamart Cabang Mareleng. Journal of Research in Management Business and Social Science, 2(1), 1–7.

Setyabudhi, A. L., & Sanusi. (2020). Perancangan Modul Menggambar Teknik Berbasiskan Kompetensi Untuk Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Ibnu Sina. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(02), 19–25. https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i02.41

Yani, S. A. (2022). Penerapan Strategi Penjualan Metode Up Selling Untuk Memaksimalkan Sistem Penjualan. Jurnal Teknologi Terkini, 2(12), 1–18. http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/337%0Ahttp://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/download/337/318

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Amanda, W. P., & Samsudin, S. (2024). E-Commerce Toko Muslim An-Nur Berbasis Web Menggunakan Metode Up Selling dan Safety Stock. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(4), 1462–1471. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44317