Analisis Perilaku Pengguna SAMSAT Digital Nasional Menggunakan Metode TAM danTPB

Penulis

  • Sri Intan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mona Fronita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Luthfi Hamzah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eki Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44362

Kata Kunci:

analisis; niat pengguna; kepuasan pengguna; TAM; TPB

Abstrak

Studi ini berfokus pada tantangan rendahnya niat perilaku pengguna terhadap aplikasi SIGNAL, yang merupakan isu penting dalam adopsi teknologi digital. Untuk menginvestigasi masalah ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja komprehensif yang mengintegrasikan metode TAM dan TPB, dengan enam hipotesis yang diajukan. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda terhadap kuesioner yang diisi oleh sampel pengguna SIGNAL. Hasil analisis menunjukkan hubungan signifikan antara persepsi manfaat (Usefulness) dan kemudahan penggunaan (Ease of Use) dengan sikap (Attitude) pengguna terhadap aplikasi, serta hubungan kuat antara sikap pengguna dan niat perilaku untuk menggunakan aplikasi. Temuan ini menandakan bahwa semakin pengguna merasakan manfaat nyata dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi, semakin positif sikap mereka, yang pada gilirannya mendorong niat adopsi SIGNAL. Namun, beberapa hipotesis tidak didukung oleh hasil analisis, termasuk tidak adanya hubungan signifikan antara persepsi manfaat dan niat perilaku pengguna, serta antara norma subjektif dan niat perilaku. Ini menunjukkan bahwa meskipun pengguna menyadari manfaat aplikasi, faktor sosial dan persepsi kontrol individu tidak signifikan dalam menentukan niat penggunaan. Implikasi dari temuan ini memberikan panduan bagi pengembang platform digital untuk merancang intervensi yang lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan SIGNAL, serta memfasilitasi perubahan perilaku di masyarakat.

Referensi

Akhmadi, M Heru. 2017. “Determinan Keberhasilan E-Filing Pajak Di Indonesia : Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tamansari Dua.” JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review) 1(1): 44–51. doi:10.31092/jpi.v1i1.164.

Ali, Hapzi, Hamdan Hamdan, & M Rizky Mahaputra. 2022. “Faktor Eksternal Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Pada Aplikasi Belanja Online : Adopsi Technology Accepted Model.” 1(3): 587–604.

Andryani, D. 2015. “Kurniawati.(2015). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control Pelanggan Non Muslim Terhadap Intention to Purchase.” Seminar Nasional Cendekiawan: 674–81.

Azizah, Bilqis Nurul. 2023. “Pengaruh Determinan Attitude , Subjective Norms , Dan Perceived Behaviour Control Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa SMK Di Kota Bandung.” 1(1): 15–20.

Cheah, Sarah, & Shiyu Li. 2020. “Sustainability The E Ff Ect of Structured Feedback on Performance : The Role of Attitude and Perceived Usefulness.”

Chen, Liang, & Xiaodong Yang. 2019. “Using EPPM to Evaluate the Effectiveness of Fear Appeal Messages Across Different Media Outlets to Increase the Intention of Breast Self-Examination Among Chinese Women.” Health Communication 34(11): 1369–76. doi:10.1080/10410236.2018.1493416.

Cooke, Richard, & Paschal Sheeran. 2004. “Moderation of Cognition – Intention and Cognition – Behaviour Relations : A Meta-Analysis of Properties of Variables from the Theory of Planned Behaviour.” : 159–86.

Darvell, Millie J., Shari P. Walsh, & Katherine M. White. 2011. “Facebook Tells Me so: Applying the Theory of Planned Behavior to Understand Partner-Monitoring Behavior on Facebook.” Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking 14(12): 717–22. doi:10.1089/cyber.2011.0035.

Devaranti, Shivanka, H. Ahmad Murodi, & Machrunnisa. 2023. “Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) Di Uptd Kantor Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang.” Jurnal Administrasi Negara 29(2): 127–46. doi:10.33509/jan.v29i2.2637.

Dilla, Annis Paramita, & Bambang Setiawan. 2014. “Analisis Keberhasilan Implementasi Rail Ticket System Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model.” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (September): 70.

Fahlevi, Pahri, Athanasia Octaviani, & Puspita Dewi. 2017. “Analisis Aplikasi IJATENG Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model ( TAM ).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 08.

Faizani, Septi Nur, & Aries Dwi Indriyanti. 2021. “Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention Dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Untuk Pembayaran Digital (Studi ….” Journal of Emerging Information … 02(02): 85–93.

Grönlund, Åke. 2004. “State of the Art in E-Gov Research - A Survey.” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) 3183: 178–85. doi:10.1007/978-3-540-30078-6_30.

Guritno, Suryo, & Hotniar Siringoringo. 2013. “Perceived Usefulness , Ease of Use , and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 81: 212–16. doi:10.1016/j.sbspro.2013.06.415.

Herawati, Jajuk. 2019. “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Secara Online Menggunakan Facebook Berdasarkan Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior (Studi Kasus pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta).” Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen 16(1). doi:10.31316/akmenika.v16i1.169.

Kanchanatanee, Kanokwan. 2014. “Effects of Attitude toward Using , Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use and Perceived Compatibility on Intention to Use E-Marketing.” 6(3): 1–13. doi:10.5296/jmr.v6i3.5573.

Kurniawati, Hanif Astika, Alfi Arif, & Wahyu Agus Winarno. 2017. “Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi.” e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 4(1): 24. doi:10.19184/ejeba.v4i1.4563.

Liang, Ting Peng, & Efraim Turban. 2011. “Introduction to the Special Issue Social Commerce: A Research Framework for Social Commerce.” International Journal of Electronic Commerce 16(2): 5–13. doi:10.2753/JEC1086-4415160201.

Lu, Cheng-tsung, Shaio-yan Huang, & Pang-yen Lo. 2010. “An Empirical Study of On-Line Tax Filing Acceptance Model : Integrating TAM and TPB.” African Journal of Business Management 4(May): 800–810.

Malla Avila, Diana Esperanza. 2022. “ User Satisfaction"

Maswar, Maswar. 2017. “Analisis Statistik Deskriptif Nilai UAS Ekonomitrika Mahasiswa Dengan Program SPSS 23 and Eviews 8.1.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1(2): 273–92. doi:10.35316/jpii.v1i2.54.

Meuthia, Reno Fithri, Ferdawati, Gustati, Desi Handayani, & Reni Endang Sulastri. 2023. “Pengaruh Security, Privacy Dan Familiarity Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) Dengan E-Trust Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis 15(2): 568–77. doi:10.35143/jakb.v15i2.5759.

Nainggolan, Damai Yanti, & Agustinus Fritz Wijaya. 2019. “Analisis Kinerja Sistem Pengolahan Data Berbasis Web Menggunakan IT Balanced Scorecard Sebagai Sarana Untuk Menunjang Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sragen.” Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi 2(1): 87–94. doi:10.24176/sitech.v2i1.3350.

Nurhamidah, Nurhamidah, Asep Kurniawan, & Indah Umiyati. 2018. “Analisis Perilaku Pengguna Teknologi Atas Penerimaan Layanan E-Samsat Menggunakan Model Tam dan Tpb (Studi Kasus pada Samsat Wilayah Kabupaten Subang).” Accruals 2(1): 28–40. doi:10.35310/accruals.v2i1.5.

Oktavianita, A D. 2021. “Pengaruh Faktor Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Niat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Mobile Banking Di ….” Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI) 4: 649–60. doi:10.37600/ekbi.v4i2.414.

Purnawirawan, Nathalia, Patrick De Pelsmacker, & Nathalie Dens. 2012. “Balance and Sequence in Online Reviews : How Perceived Usefulness Affects Attitudes and Intentions.” Journal of Interactive Marketing 26(4): 244–55. doi:10.1016/j.intmar.2012.04.002.

Regita, Aprilia Alsa, & Santoso Thomas. 2020. “Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Using Terhadap Behavioural Intention To Use Pada Aplikasi Ovo.” Agora 8(1): 1–6.

Relyea, Harold C. 2002. “E-Gov: Introduction and Overview.” Government Information Quarterly 19(1): 9–35. doi:10.1016/S0740-624X(01)00096-X.

Sholikhah, Amirotun. 1970. “Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 10(2): 342–62. doi:10.24090/komunika.v10i2.953.

Silcock, Rachel. 2001. “Hansard Society for Parliamentary Government.” Parliamentary Affairs 54: 88–101.

Sinaga, Onita Sari, Fenny Krisna Marpaung, Reni Shinta Dewi, & Acai Sudirman. 2021. “Kontribusi Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use Dan Perceived Security Terhadap Behavioral Intention to Use Aplikasi JAKET.” 1(3): 86–94.

Suki, Norazah Mohd. 2011. “Journal of Information Technology Management Exploring The Relationship Between Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , Perceived Enjoyment , Attitude and Subscribers ’ Intention Towards Using 3g Mobile Services.” Xxii(1): 1–7.

Suko, Fadhli, Nurdin Sobari, & Hardius Usman. 2018. “Pengaruh Attitude , Subjective Norms Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Kepemilikan Kartu Kredit Syariah.” MEIS : Jurnal Middle East and Islamic Studies 5(2): `.

Tpb, Behavior, Timothy Teo, & Chwee Lee. 2010. “Explaining the Intention to Use Technology among Student Teachers An Application of the Theory of Planned.” : 60–67. doi:10.1108/10650741011033035.

Tulungen, Evans E.W., David P.E. Saerang, & Joubert B. Maramis. 2022. “Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10(2): 1116–2376. doi:10.35794/emba.v10i2.41399.

Utama, A.A Gde Satia. 2020. “The Implementation of E-Government in Indonesia.” International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478) 9(7): 190–96. doi:10.20525/ijrbs.v9i7.929.

Wahyu, Jodi, & Prayoga Muin. 2022. “Subjective Norms Are Not Important for Millennials in Determining Their Interest in Technology : TAM and TPB Models Examines.” : 143–626.

Wardana, I Made. 2018. “Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Enjoyment Terhadap Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention.” 1: 227–378.

Yu, Ying, Wenjie Yi, Yuanyue Feng, & Jia Liu. 2018. “Understanding the Intention to Use Commercial Bike-Sharing Systems: An Integration of TAM and TPB.” Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences 2018-Janua: 646–55. doi:10.24251/hicss.2018.082.

Zulma, G&y Wahyu Maulana. 2020. “Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak pada Pelaku Usaha UMKM di Indonesia.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 4(2): 288. doi:10.33087/ekonomis.v4i2.170.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Intan, S., Fronita, M., Hamzah, M. L., & Saputra, E. (2024). Analisis Perilaku Pengguna SAMSAT Digital Nasional Menggunakan Metode TAM danTPB. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(4), 1472–1483. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44362