Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Sistem Pengaduan Kekerasan Siswa SMK Al-Huda Bumiayu

Penulis

  • Retno Waluyo Universitas Amikom Purwokerto
  • Bagus Adhi Kusuma Universitas Amikom Purwokerto
  • Fitrotul Khasanah Universitas Amikom Purwokerto
  • Rizki Nugroho Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44913

Kata Kunci:

Sistem; Pengaduan kekerasan; Metode Prototyping

Abstrak

Pendidikan adalah pondasi penting dalam membentuk karakter dan potensi para generasi muda. Beberapa masalah yang muncul di dunia pendidikan antara lain kasus kekerasan, bullying, perilaku tidak pantas, atau masalah lain yang mengganggu kenyamanan siswa di sekolah. SMK Al- Huda Bumiayu sebagai institusi pendidikan memiliki tanggung jawab moral dan hukum untuk melindungi siswa dari segala bentuk kekerasan, termasuk bullying dan perilaku tidak pantas. Penanganan selama ini apabila terjadi tindak kekerasan dapat menghubungi BK melalui whatshap maupun melalui kotak saran atau pengaduan siswa. Melalui kedua media tersebut muncul permasalahan mengenai data kejadian tindak kekerasan yang terjadi disekolah tidak terdata dengan baik karena sering sekali tidak dicatat pada buku dan fokus menyelesaikan permasahan yang ada, selain itu progres penanganan masalah juga tidak diketahui sehingga kepala sekolah tidak dapat mengambil kebijakan-kebijakan terkait penanganan kekerasan disekolah. Tujuan penelitian ini mengembangkan sistem pengaduan siswa berbasis web menggunakan metode prototyping untuk mempermudah pengaduan tindak kekerasan oleh siswa di lingkungan SMK Al-Huda Bumiayu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode prototyping dapat digunakan untuk membuat sistem pengaduan kekerasan pada siswa SMK Al-Huda Bumiayu dan membantu siswa melaporkan tindak kekerasan yang dialami maupun dilihatnya.

Referensi

Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.

Bangun, A. W., Erwansyah, K., & Elfritiani, E. (2022). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mastitis Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(2), 80–89.

Cunaya, C., & Apriyansyah, C. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Asesment Wawancara di TK Cahaya Bintang. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9.

Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207.

Habibi, C. D., Setyaningtyas, S., & Eunice, W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1342–1351.

Herlinda, V., Darwis, D., & Dartono, D. (2021). Analisis Clustering Untuk Recredesialing Fasilitas Kesehatan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 94–99.

Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Jurnal Pepatudzu, 16(2), 72–79.

Maysara, R. D., Safitri, M., Fatika, K. A., Rahmadhani, D. T., & Safitri, O. (2024). Analisis Kebijakan Pada Peraturan Kemendikbudristek No 46 Tahun 2023. IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education, 1(3), 221–235.

Nartin, N., & Musin, Y. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kantor Camat Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 163–172.

Pebrina, E. T., Sudiyono, R. N., Suroso, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2022). Adopsi Teknologi Informasi dan Knowledge Sharing: Analisis Mediasi Budaya Organisasi di Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1349–1357.

Putra, F. K. (2022). Penerapan Metode Prototyping Dalam Rancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Website. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 431–436.

Sartika, I. D., & Putri, Y. F. (2021). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Media Audio Visual. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 96–111.

Setyadi, R., & Baqi, M. H. (2021). Analysis of The Use of The Bebunge Application using End-User Computing Satisfaction Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1), 83–87.

Supriyono, S. (2019). Penerapan ISO 9126 dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak pada E-book. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (Journal of Computer Science and Information Technology), 11(1), 9–13.

Widhayani, L., Syahputra, E., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Pt Intisumber Hasil Sempurna (IHS) Kediri. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(3), 19–35.

Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30–43.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Waluyo, R., Kusuma, B. A., Khasanah, F., & Nugroho, R. (2024). Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Sistem Pengaduan Kekerasan Siswa SMK Al-Huda Bumiayu. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(4), 1582–1590. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44913