Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Sistem Pengaduan Kekerasan Siswa SMK Al-Huda Bumiayu
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i4.44913Kata Kunci:
Sistem; Pengaduan kekerasan; Metode PrototypingAbstrak
Pendidikan adalah pondasi penting dalam membentuk karakter dan potensi para generasi muda. Beberapa masalah yang muncul di dunia pendidikan antara lain kasus kekerasan, bullying, perilaku tidak pantas, atau masalah lain yang mengganggu kenyamanan siswa di sekolah. SMK Al- Huda Bumiayu sebagai institusi pendidikan memiliki tanggung jawab moral dan hukum untuk melindungi siswa dari segala bentuk kekerasan, termasuk bullying dan perilaku tidak pantas. Penanganan selama ini apabila terjadi tindak kekerasan dapat menghubungi BK melalui whatshap maupun melalui kotak saran atau pengaduan siswa. Melalui kedua media tersebut muncul permasalahan mengenai data kejadian tindak kekerasan yang terjadi disekolah tidak terdata dengan baik karena sering sekali tidak dicatat pada buku dan fokus menyelesaikan permasahan yang ada, selain itu progres penanganan masalah juga tidak diketahui sehingga kepala sekolah tidak dapat mengambil kebijakan-kebijakan terkait penanganan kekerasan disekolah. Tujuan penelitian ini mengembangkan sistem pengaduan siswa berbasis web menggunakan metode prototyping untuk mempermudah pengaduan tindak kekerasan oleh siswa di lingkungan SMK Al-Huda Bumiayu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode prototyping dapat digunakan untuk membuat sistem pengaduan kekerasan pada siswa SMK Al-Huda Bumiayu dan membantu siswa melaporkan tindak kekerasan yang dialami maupun dilihatnya.
Referensi
Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.
Bangun, A. W., Erwansyah, K., & Elfritiani, E. (2022). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mastitis Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(2), 80–89.
Cunaya, C., & Apriyansyah, C. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Asesment Wawancara di TK Cahaya Bintang. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9.
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207.
Habibi, C. D., Setyaningtyas, S., & Eunice, W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1342–1351.
Herlinda, V., Darwis, D., & Dartono, D. (2021). Analisis Clustering Untuk Recredesialing Fasilitas Kesehatan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 94–99.
Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Jurnal Pepatudzu, 16(2), 72–79.
Maysara, R. D., Safitri, M., Fatika, K. A., Rahmadhani, D. T., & Safitri, O. (2024). Analisis Kebijakan Pada Peraturan Kemendikbudristek No 46 Tahun 2023. IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education, 1(3), 221–235.
Nartin, N., & Musin, Y. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kantor Camat Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 163–172.
Pebrina, E. T., Sudiyono, R. N., Suroso, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2022). Adopsi Teknologi Informasi dan Knowledge Sharing: Analisis Mediasi Budaya Organisasi di Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1349–1357.
Putra, F. K. (2022). Penerapan Metode Prototyping Dalam Rancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Website. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 431–436.
Sartika, I. D., & Putri, Y. F. (2021). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Media Audio Visual. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 96–111.
Setyadi, R., & Baqi, M. H. (2021). Analysis of The Use of The Bebunge Application using End-User Computing Satisfaction Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1), 83–87.
Supriyono, S. (2019). Penerapan ISO 9126 dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak pada E-book. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (Journal of Computer Science and Information Technology), 11(1), 9–13.
Widhayani, L., Syahputra, E., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Pt Intisumber Hasil Sempurna (IHS) Kediri. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(3), 19–35.
Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30–43.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Retno Waluyo, Bagus Adhi Kusuma, Fitrotul Khasanah, Rizki Nugroho
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms