Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Lines Coffee di Ciputat Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28201Keywords:
Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Lines Coffee.
Metode. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Lines Coffee dengan menggunakan Rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan.
Hasil. Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Lines Coffee. Terdapat pengaruh antara citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada Lines Coffee. Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada Lines Coffee.
Implikasi. Lines Coffee lebih meningkatkan kualitas pelayanannya terkait ketepatan waktu pelayanan, dengan cara menambah jumlah barista dan pramusaji agar bisa lebih sigap dan cepat dalam memenuhi permintaan pelanggan, serta lebih meningkatkan kegiatan promosi karena persaingan di bidang café shop ini semakin meningkat.
References
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(1), 254–268.
Atmaja, J. (2018). KualitasPelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada. Bank BJB. Jurnal Ecodomica. 2(1).
Batari, A., Bima, M. J., & Rahman, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. SEIKO Journal of Management & Business, 2(1), 1–10.
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.
Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di PT. Yerry Primatama Hosindo. Jurnal Pemasara, 1(3), 71–80.
Hanny, R., & Azis, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Department Store Cileungsi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 93–110.
Haryoko, U. B., Septiani, F., & Risnalinda. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 40–47.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2).
Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2).
Mutmainnah. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Buton Utara). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 98–114.
Safavi, V. D. R., & Hawignyo. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.
Solihin, D., & Ahyani, A. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak 19(2), 193-205.
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Wijianty, M. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta, Jurnal Epigram, 13(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).