Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.42509Keywords:
Harga, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed
Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 responden yang telah memenuhi kriteria yang telah di tentukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan Uji F, Uji t dan Koefisien determinasi yang sebelumnya data telah di uji menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 26
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Harga dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Koefisien Determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) yang berarti variabel Harga dan Online Customer Review mampu memberikan kontribusi terhadap pengaruh Kepuasan Konsumen semetara sisanya ditentukan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel-variabel lain yang dapat menjelaskan Keputusan Pembelian.
Implikasi. Harga dan online customer review sangat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian skincare skintific di shopee pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri medan (unimed).
References
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). indikator OCR. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2012), 103–111.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro
Gulliando, D., & Shihab, M. S. (2019). The effect of product quality, price and promotion on the purchase decision of telkomsel service products. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9), 419-425.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.
Kotler, Philip & Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip & Keller. (2016). Marketing Management. Sixteenth
Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 2597–4084.
Mulyati, Y. & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention denganTrust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2),
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaitif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Syahputri, E. B. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49-74.
Warningrum, S. L. (2023). Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 13-21.
Zhao, Wu, Y., & Pan, D. (2017). The effect of ambivalence online review on consumer purchasing intention. Psychology, 8(6), 848–861.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutiara Zelviana Raudah, Hendra Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).