Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed

Authors

  • Mutiara Zelviana Raudah Universitas Negeri Medan
  • Hendra Saputra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.42509

Keywords:

Harga, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed

Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 responden yang telah memenuhi kriteria yang telah di tentukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan  Uji F, Uji t dan Koefisien determinasi yang sebelumnya data telah di uji menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 26

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Harga dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Koefisien Determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) yang berarti variabel Harga dan Online Customer Review mampu memberikan kontribusi terhadap pengaruh Kepuasan Konsumen semetara sisanya ditentukan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel-variabel lain yang dapat menjelaskan Keputusan Pembelian.

Implikasi. Harga dan online customer review sangat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian skincare skintific di shopee pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri medan (unimed).

References

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). indikator OCR. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2012), 103–111.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro

Gulliando, D., & Shihab, M. S. (2019). The effect of product quality, price and promotion on the purchase decision of telkomsel service products. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9), 419-425.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.

Kotler, Philip & Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Keller. (2016). Marketing Management. Sixteenth

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 2597–4084.

Mulyati, Y. & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention denganTrust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2),

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaitif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Syahputri, E. B. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49-74.

Warningrum, S. L. (2023). Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 13-21.

Zhao, Wu, Y., & Pan, D. (2017). The effect of ambivalence online review on consumer purchasing intention. Psychology, 8(6), 848–861.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Raudah, M. Z., & Saputra, H. (2024). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unimed . Jurnal Arastirma, 4(1), 316–329. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.42509

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.