Pengaruh Inovasi Produk dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.38194Abstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo.
Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone Oppo. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analis data dengan regresi linear berganda.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo. Electronic Word Of Mouth berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo.
Implikasi. Perusahaan perlu meningkatkan inovasi produk dan electronic wrd of mouth yang baik karena dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian
References
Almira, A., & Sutanto, J. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison NOB. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3, 250-259.
Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-Of-Mouth Measurement Scale For e-Services Context. Canadian Journal Of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de I' Administration, 27, 5-23.
Hasbullah., & Muchtar. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 18, 826-831.
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM "Duren Kamu Pasi Kembali" di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4, 1-9.
Kietzman, J., & Canhoto, A. (2013). Bittersweeet Understanding and Managing Electronic Word Of Mouth. Journal of Public Affairs, 146-156.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14 th Edition New Jerse. United States Of America: Prentice Hall.
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2007). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29, 458-468.
Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). Jurnal Technobiz, 4, 62-69.
Nurrohman, F., & Utama, A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Smartphone Merek Blackberry Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7, 37-45.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Rachman, T. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Asus Di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15, 48-52.
Rahmadhani, R., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 23-30.
Rasyid, H. A., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatn. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informasi, 16, 39-49.
Rohman, M., & Pramesti, D. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Di Magelang Selama Pandemi Covid-19. Borobudur Management Review, 2, 190-205.
Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying Dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphonr Merek Oppo Di Kota Denpasar. Jurnal Widya Amrita, 1, 233-247.
Saidah, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7, 17.
Silaban, S. E., Elisabeth., & Sagala, R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5, 209-228.
Sudarsana, I. P., & Yulianthini, N. N. (2021). Dominasi Harga Dan promosi Serta Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 11, 60-68.
Yudhistira. (2023, Februari 4). 5 Merk Hp Terbaik & Terlaris di 2023 (Versi IDC & Canalys)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ricky Evani, Silvia Vanesa, Verly Wijaya, Deviany Guanata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).