Pengaruh Budaya Organisasi, Etika Kerja, dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Guru Mts Miftahul Ulum Kradinan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.42452Keywords:
Budaya Organisasi, Etika Kerja, Pengalaman Kerja, KinerjaAbstract
Tujuan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan pengaruh parsial serta simultan Budaya Organisasi, Etika Kerja, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Miftahul Ulum Kradinan.
Metode. Penelitian ini mengaplikasikan metode explanatory research dengan menjelaskan kedudukan dan pengaruh antar variabel menggunakan pendekatan kuantitatif yakni dengan memfokuskan pada analisa data mulai dari pengambilan, penafsiran, hingga pemaparan data penelitian yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS dengan populasi sejumlah 35 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel atau sampel jenuh.
Hasil. Penelitian ini memperoleh hasil Budaya Organisasi (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) MTs Miftahul Ulum Kradinan, Etika Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) MTs Miftahul Ulum Kradinan, Pengalaman Kerja (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) MTs Miftahul Ulum Kradinan, dan Budaya Organisasi (X1), Etika Kerja (X2), dan Pengalaman Kerja (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Guru (Y) MTs Miftahul Ulum Kradinan.
Implikasi. Untuk meningkatkan kualitas kinerja guru MTs Miftahul Ulum Kradinan diperlukan adanya pengarahan kepada para guru demi memaksimalkan etika kerja yang dimiliki dengan pembiasaan kerja keras, implementasi nilai kerja positif, gaya bicara positif, serta pemaksimalan kreatifitas dalam pemecahan masalah dan penyelesaian tanggung jawab.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Dianti, P., (2022). Pengaruh Etos Kerja, Pengalaman Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Smp Muhammadiyah 3 Waru Sonang Sitohang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(3), 1–22.
Handoko, T. Hani. (2013). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE.
Jufrizen, J. (2017). Efek Moderasi Etika Kerja Pada Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 145-158.
Muspawi, M., (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21(1): 101. doi:10.33087/jiubj.v21i1.1265.
Nasution, S. P., (2016). Peranan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Al-Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). IAIN Raden Intan Lampung.
Ritonga, B. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Model. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699. http://journal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/4930
Ritonga, D. E., Pohan, R., Sianturi, R., Hutagalung G. R., Purba, G. H. (2020). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Etos Kerja Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 1 Sibolga. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik. Universitas Islam Sumatera Utara.
Sondang P Siagian. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia edisi satu, cetakan kesepuluh. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudika, I. W., Dantes, N., & Natajaya, N. (2018). Hubungan Sikap Profesional Guru, Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 44-54. Universitas Pendidikan Ganesha.
Widyastuti, Y. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Playen. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-11.
Yusmariono, Y. (2017). Hubungan Antara Budaya Organisasi Dengan Kompetensi Sosial Guru. Benchmarking, 1(2).
Zainuri, A. (2011). Pengaruh Etika Kerja Dan Kepemimpinan Islam Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Kjks/Ujks Koperasi Kab. Pati). IAIN Walisongo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roisul Kripsiana Salsabila, Wahna Widhianingrum, Wijianto Wijianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).