Pelatihan Jiwa Kepemimpinan pada Karyawan Tictoc Shop Official di Pondok Betung Pondok Aren Tangerang Selatan

Authors

  • Dodi Persada Universitas Pamulang
  • Widowati Widowati Universitas Pamulang
  • Syarifah Ida Farida Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33555

Keywords:

PKM, Leadership, UMKM

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini  bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan dan  manajemen organisasi kepada seluruh anggota organisasi dalam bentuk penyuluhan mental kepemimpinan, pembinaan kepemimpinan, kekompakan, tanggung jawab dalam menjalankan kegiatan bisnis pada UMKM Tictoc shop yang beralamat di Pondok Betung, Pondok Aren Tangerang Selatan. Kegitan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18-19 Maret 2023. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode penyuluhan. Penyuluhan pengetahuan dan pemahaman kepada karyawan Tictoc Shop Official dengan Tema Pelatihan Jiwa Kepemimpinan, kemudian berdiskusi bersama terkait permasalahan yang ada didalam organisasi tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan PKM ini seluruh anggota masih kurang menguasai materi tentang kepemimpinan, namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan PKM ini sudah dapat memahami aspek-aspek kepemimpinan yang sebenarnya sangat luas, ini semua dapat terlihat dari hasil sesi tanya jawab yang diberikan kepada peserta saat kegiatan PKM ini berlangsung.

References

Aidinil Zetra. Gaya Kepemimpinan (Bahan Bacaan Kuliah Kepemimpinan Politik). Padang: Magister Ilmu Politik Universitas Andalas.

Ali, E. M. (2012). Kepemimpinan transformasional dalam birokrasi pemerintahan. Multicerdas Pub.

Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.

Eko Prasojo, dkk. (2013). Pemimpin dan Reformasi Birokrasi: Catatan Inspiratif Dan Alat Ukur Kepemimpinan Dalam Implementasi Reformasi Birokrasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Gary Yulk. (2010). Kepemimpinan Dalam Organisasi. PT. Indeks: Jakarta

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.

Oktavianti, N. (2020). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kerja

Karyawan PT. DEW Indonesia. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 148-155.

Marlina, H., Tilova, N., & Isnaeni, D. (2023). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Dalam Berorganisasi Pada Siswa Smk Dharma Karya Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 179-182. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31649

Umar, T. (2011). Pengaruh Outbond Training terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 11(3).

Pramudyo, A. (2013). Implementasi manajemen kepemimpinan dalam pencapaian tujuan organisasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).

Prasada, D., Oktavianti, N., & Kristianti, L. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Pt. Sinar Kencana Jaya Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).

Rosa, A., Fitria, J., Syahroni, M., Budiman, K., & Novia, T. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 165-168. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31137

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Persada, D., Widowati, W., & Farida, S. I. (2023). Pelatihan Jiwa Kepemimpinan pada Karyawan Tictoc Shop Official di Pondok Betung Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 204–207. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33555