Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Pengembangan Kepemimpinan Di Karang Taruna Ciampea Udik

Authors

  • Ahmad Dimyati Universitas Pamulang
  • Surti Wardani Universitas Pamulang
  • Mauludin Anwar Universitas Pamulang

Keywords:

Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Pengembangan Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi dan budaya organisasi terhadap pengembangan kepemimpinan di Karang Taruna desa Ciampea Udik, Bogor, Jawa Barat. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, sebanyak 65 anggota Karang Taruna menjadi responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara pengaruh komunikasi organisasi terhadap pengembangan kepemimpinan karena t hitung > t tabel atau (8,467 > 2,000), demikian juga budaya organisasi terhadap pengembangan kepemimpinan terdapat pengaruh yang signifikan atas dasar t hitung > t tabel atau (7,456 > 2,000). Adapun secara simultan variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap Y dengan hasil uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (47,124 > 2,760). Komunikasi organisasi, terutama komunikasi vertikal, berperan signifikan dalam menyampaikan visi dan membangun kepercayaan, sementara budaya organisasi, seperti nilai gotong royong dan keterbukaan, mendukung kolaborasi dan inovasi. Interaksi antara komunikasi dan budaya organisasi menciptakan sinergi yang memperkuat dinamika kepemimpinan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan organisasi kepemudaan serupa.

Author Biographies

Ahmad Dimyati, Universitas Pamulang

Publikasi

Surti Wardani, Universitas Pamulang

Publikasi

Mauludin Anwar, Universitas Pamulang

Publikasi

References

Berlo, D. K. (2014). The Process Of Communication: An Introduction To Theory And Practice, Publisher, Holt, Rinehart and Winston.

Barnlund, D. C. (2008). A Transactional Model Of Communication, Publisher Routledge & Francis Group.

Barnlund, D. C. (2017). Organizational Communication: A Critical Introduction, Sage Publications.

Gudono, (2011), Analisis Data Multivariat Penerbit: BPFE

I Ghozali, (2020), Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Katz, E., & Kahn, R. L. (2015). The Social Psychology Of Organizations.

Richmond, V. P., & Mccroskey, J. C. (2010). Organizational Communication For Survival: Making Work, Work, Publisher: ‎ Allyn & Bacon.

Schein, E. H. (2018). Organizational Culture And Leadership: A Dynamic View, Publisher: Jossey Bass

Shannon, C. E., & Weaver, W. (2014). The Mathematical Theory Of Communication, Publisher: The University of Illinois Press.

Suharsimi Arikunto, Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program, Penerbit: Pustaka Pelajar Januari 2017

Sugiyono, (2013), “Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta.

-----------, (2015), “Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta

-----------, (2016), ” Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta

------------, (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-02-22

How to Cite

Dimyati, A., Wardani, S., & Anwar, M. (2025). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Pengembangan Kepemimpinan Di Karang Taruna Ciampea Udik. Jurnal Media Komunikasi, 2(1), 4–12. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/MDKM/article/view/47941