Pelatihan Pengelolaan Laporan Cash Flow dan Strategi Iklan Digital dalam Upaya Menjaga Keberlanjutan Usaha UMKM Komunitas Kubelentara
DOI:
https://doi.org/10.32493/pbs.v4i1.38301Keywords:
Laporan Cash Flow, Iklan Digital, Pelaku UMKMAbstract
Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan pelaku UMKM Komunitas Kubelentera yang beralamat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman juga prakter kepada pelaku UMKM tentang bagaimana dapat mengelola keuangan usahanya dengan konsisten dan membuat laporan cash flow dengan menggunakan aplikasi dari playstore di handphone. Selain itu juga bagaimana dapat menghadapi persaingan usaha dengan cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan iklan digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pendampingan, pelatihan dan praktik langsung dengan materi yang diberikan, Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah: [1] Minimnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan dan cash flow; [2] Butuhnya pengetahuan dan pendampingan tentang penggunaan iklan digital. Peserta terlihat antusias dan bersemangat, hal ini dapat dilihat dari terjadinya interaksi dua arah, terjadi tanya jawab, diskusi dan berbagi pengalaman dan menjadi wadah penyampain masalah yang mereka hadapi sebagai pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan PkM kepada para pelaku UMKM diantaranya adalah kegiatan pendampingan dan sosialisasi berupa pemaparan materi sekaligus diskusi bersama dengan para pelaku UMKM, serta demonstrasi cara penggunaan aplikasi laporan keuangan yang dapat didownload dari Play Store di handphone seperti aplikasi yang namanya “Teman Bisnis”. Selain itu peserta mendapatkan materi terkait bagaimana mengelola keuangan secara akuntabel dengan membuat pembukuan secara konsisten dan benar. Untuk keberlanjutan usaha, selain menjual secara offline maka pelaku UMKM dapat menjual secara digital dengan menggunakan iklan digital. Abstract The partner in the activities of devotion to this community is the UMKM committed by the Kubelentera Community based in Lenteng Agung, South Jakarta. The purpose of this activity is to provide knowledge and understanding to UMKM practitioners about how to manage their financial transactions consistently and create cash flow reports using the app from the playstore on the mobile phone. Besides, it's also how to deal with business competition by increasing sales using digital advertising. The methods used in this activity are the elaboration, accompanying, training and practical practice with the given material, The main problems faced by partners are: [1] Minimum understanding of financial management and cash flow; [2] The need for knowledge and accompaniment about the use of digital advertising. The participants looked enthusiastic and excited, it can be seen from the occurrence of two-way interaction, questions and answers, discussions and sharing of experience and become a container of the problem that they face as UMKM perpetrators. The results of the activities of PkM to UMKM perpetrator among them are accompanying activities and socialization in the form of presentation of material at the same time discussions with UMKL perpetrates, as well as demonstration of how to use the application financial reports that can be downloaded from the Play Store on mobile phones such as the application called "Business Friends". In addition, participants get related materials how to manage finance accountably by making accounts consistently and correctly. For business sustainability, in addition to selling offline then UMKM perpetrators can sell digitally using digital advertising.References
Amin, Muhammad Nuryatno dan Anwar, Yuli, (2019). Praktikum Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Amin, Muhammad Nuryatno, Henny, Deliza, dan Puspitasari, Windhy. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan (Tingkat Dasar) Bagi Komunitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jakarta Selatan.
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Berg, S. H., O’Hara, J. K., Shortt, M. T., Thune, H., Brønnick, K. K., Lungu, D. A., Røislien, J., & Wiig, S. (2021). Health authorities’ health risk communication with the public during pandemics: a rapid scoping review. BMC Public Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12889-021-11468-3.
Prayitno, A., Putriani, A., Wibowo, A., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing. Customer Engagement dan Digital Advertising Terhadap Kepercayaan Merk (Pengguna GO-JEK Sebagai Objek Penelitian). 33(2). http://ejournal.stieibbi.ac.id/index.php/jmb.