Implementasi Sistem Pentingnya Edukasi Kebersihan dan Kesehatan di Masa Pandemi Di Ypms (Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera)

Authors

  • Ari Setiadi Universitas Pamulang
  • Ira Leviana Universitas Pamulang
  • Muhamad Taufik Universitas Pamulang
  • Nani Sundari Universitas Pamulang
  • Siti Nuralinda Universitas Pamulang

Abstract

Suatu informasi pada kenyataan akan lebih efisien dan efektif dengan diterapkannya (Edukasi Kebersihan & Kesehatan Di Masa Pandemi), karena segala sesuatu harus hidup sehat dan bersih. Namun demikian harus diakui saat ini Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera, dalam pentingnya Kesehatan & Kebersihan belum sepenuhnya paham, hal ini masih perlu menguras waktu. Dengan memanfaatkan Ilmu kesehatan, yaitu dengan diadakannya Edukasi, dapat mendukung proses pengetahua tentang hidup sehat. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di YPMS Kedaung Pamulang Tangsel adalah dengan memberikan Edukasi secara langsung menggunakan platform, yaitu Cara mencuci tangan yang benar di YPMS. Tujuannya agar semua siswa dan guru pembingbing hidup sehat dimasa pandemi

 

Kata Kunci: kebersihan; edukasi; pandemi

Author Biographies

Ari Setiadi, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Ira Leviana, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Muhamad Taufik, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Nani Sundari, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Siti Nuralinda, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas

Sari, D. P., & Atiqoh, N. S. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 Di Ngronggah. Infokes, Vol 10 No 1.

Alif Yanuar Zukmadini, Bhakti Karyadi, & Kasrina. 2020. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3 (1), 68-76.

Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga isu terkini. Retrieved from detik News: https:news.detik.com/berita/d4943950/latar-belakang-virus-coronaperkembangan-hingga-isu-terkini.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. 2020. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). doi: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3il.440.

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Norhapifah, H. (2020). Pentingnya menjaga kesehatan jiwa saat pandemi covid-19 dilingkungan masyarakat rt 30 kelurahan air hitam, samarinda, kalimantan timur.

Wahyudi, AMK. (2020, Oct 8). Pentingnya Menggunakan Masker di Masa Pandemi. Retrieved from https://www.rsuharapanibu.co.id/pentingnya-menggunakan-masker-dimasa-pandemi

Downloads

Published

2021-10-31