Peningkatan Pemahaman Akuntansi Dan Kualitas Keuangan Bagi Usaha Kecil
Abstract
Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. UMKM sebagai penopang perekonomian bangsa sampai saat ini masih banyak yang belum menerapkan akuntansi dalam menjalankan usahanya. di daerah pandeglang rumah kemasan pada usaha home industri sepatu dealova shoes merupakan salah satu UMKM dengan kualitas bagus dan beragam hal ini dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Adapaun permasalahannya yaitu masih terbatas pengelolaan keuangan karena kuranngnya sumber daya dan informasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan masalah yang dihadapi para pelaku UMKM khususnya dibidang pengelolaan keuangan pada usaha home industri sepatu dealova shoes dengan metode sharing and presentation. Hasil kegiatan pengabdian ini dapat memberikan pemahaman dan solusi dari masalah-masalah pada UMKM rumah kemasan sepatu deallova. Kata Kunci: penerapan akuntansi, laporan keuangan, UMKMReferences
Dwi Anggraeni, Feni, Imam Hardjanto, A. H. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung†Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6).
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,†9(1).
Firdaus Thaha, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1).
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540
Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekomoni UI.
Nursyifa, A. (2018). Kajian Cultural Lag dalam Kehidupan Masyarakat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–24. Retrieved fromhttp://openjournal.unpam.ac.id/index.