PENGENALAN KOSA KATA MELALUI FLASHCARD PADA ANAK TAMAN BACA PEKA
Abstract
Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diusulkan sebagai rintisan wadah sosialisasi hasil karya yang dihasilkan oleh mahasiswa, salah satunya media edukatif berupa kartu yang memuat gambar dan kata yang ukuranya bisa disesuaikan dengan siswa yang dihadapi. Flashcard merupakan media berbasis visual yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak agar merasa tidak bosan ketika mempelajari bahasa inggris. Bahasa inggris merupakan Bahasa internasional yang menjadi bahasa wajib untuk dipelajari di sekolah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan flashcard dan cara penggunaanya untuk meningkatkan kosa-kata dalam Bahasa inggris. Kegiatan ini yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Target luaran yang dicapai ialah anak-anak memahami tentang flashcard, mampu menerapkan permainan flashcard dan dapat membuat hasil belajar anak-anak meningkat. Metode yang diterapkan melibatkan pengenalan hewan-hewan, bentuk, dan kegiatan interaktif untuk meningkatkan minat belajar. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukan pendekatan inovatif dengan memanfaatkan flashcard meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak taman baca PEKA terhadap Bahasa inggris. Saran yang diberikan mencakup penerapan terus menerus metode pembelajaran flashcard dan pelibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran.
Kata Kunci: kartu pintar; taman baca; media pemelajaran; bahasa inggri