IMPLEMENTASI SMART CARD UNTUK PEMBELAJARAN DI TAMAN BACA SITU ROMPONG
Abstract
Pendidikan harus mampu memilih media dan sumber belajar yang tepat, sehingga bahan pelajaran yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik. Implementasi Smart Card ini berkontribusi, membuat suasana lebih kondusif dan memudahkan siswa mengingat dan memahami materi, serta meningkatkan pengetahuan siswa terhadap kosa kata Bahasa Inggris dan cara penulisannya. Solusi yang ditawarkan untuk menumbuhkan minat dan hasil belajar adalah dengan menggunakan media Smart Card yang di inovasikan sebagai media bermainAnak-anak Taman Baca Situ Rompong yang umurnya berkisar 5-11 Tahun, yang membutuhkan benda nyata yang dapat membantu pemateri untuk mecapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dalam berbahasa Inggris dengan mengimplementasikan Smart Card sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini antara lain metode jenis kualitatif dengan mengutamakan observasi dan wawancara kepada Mitra Taman Baca. Hasil dari pengabdian ini Ini menunjukan bahwa Smart Card kosa kata Bahasa Inggris mampu menambah kemampuan Anak-anak dalam memahami materi yang diajarkan. Adapun kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ialah terdapat peningkatan ketertarikan anak dalam penggunaan Smart Card sebagai media pembelajaran. Saran dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini Taman Baca Situ Rompong tetap melanjutkan mengimplemstasikan pembelajaran menggunakan media Smart Card. Agar anak-anak antusias dalam belajar Berbahasa Inggris.
Kata Kunci: implementasi; Metode Pembelajaran Smart Card; Bahasa Inggris;