MENGUBAH PROBLEMATIKA MENJADI PELUANG : PENERAPAN IPTEK TERHADAP PEMAHAMAN INVESTASI DASAR DI SEKOLAH MELALUI PERMAINAN STOCK LAB

Authors

  • Aura Zahra Al Januar Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Triani Anastasya Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Siti Aisah Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Berlian Aprilia Putri Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Abstract

Artikel ini membahas penerapan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam memperbaiki pemahaman investasi dasar di kalangan pelajar sekolah melalui sebuah permainan bernama StockLab. StockLab merupakan sebuah permainan simulasi investasi yang dirancang untuk memberikan pemahaman praktis tentang investasi saham dan pasar modal kepada pelajar. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana StockLab dapat menjadi sarana efektif untuk mengubah permasalahan kekurangan pemahaman investasi yang sering dialami oleh pelajar. Permainan ini tidak hanya memungkinkan pelajar untuk memahami konsep dasar investasi seperti pembelian saham, diversifikasi portofolio, dan analisis risiko dan mengelola aset. Dengan memanfaatkan teknologi simulasi yang interaktif, Stocklab memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam dan aplikatif dibandingan metode pengajaran tradisional. Melalui pasar yang realistis, pelajar dapat belajar dari kesalahan dan mengembangkan strategi investasi yang efektif tanpa risiko kehilangan uang nyata. Dengan memanfaatkan teknologi simulasi yang inovatif, Stocklab bertujuan untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan di bidang investasi dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tanangan ekonomi masa depan dengan lebih baik.

 

Kata Kunci:  Stocklab; PKM; Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK);

Downloads

Published

2024-03-19