Pengaruh Manajemen Persediaan, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Sektor Perdagangan Ritel (Eceran) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Persediaan, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sektor Perdagangan Ritel (Eceran) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews versi 12. Populasi penelitian ini mencakup perusahaan Sektor Perdagangan Ritel (Eceran) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 5 tahun yaitu periode 2017- 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel penelitian berjumlah 14 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk kausalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Persediaan memiliki pengaruh positif terhadap Manajemen Laba; (2) Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba; (3) Leverage tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba; (4) Manajemen Persediaan, Ukuran Perusahaan dan Leverage secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.
Keywords: Manajemen Laba, Manajemen Persediaan, Ukuran Perusahaan, Leverage