Peranan kearifan dalam pembentukan karakter peserta didik

Authors

  • Arni Nafiyya Balaya IAIN KUDUS
  • Ashif Az Zafi IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34

Keywords:

Kearifan lokal, karakter

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana peranan kearifan lokal dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan metode atau rancangan penelitian literatur yaitu penelitian yang bersumber pada data sumber kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengandalkan sumber-sumber kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa data sekunder atau bukti yang diambil melalui literatur ataupun berdasarkan pustaka acuan yang ada. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah peranan kearifan lokal cukup besar sebagai pembentukan karakter peserta didik, karena karakter anak terbentuk berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang sering mereka lakukan, selain dari orang tua faktor lingkungan dan budaya juga berpengaruh di dalamnya.

References

Chairiyah. (2013). “Implemetasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Sd Taman Siswa Jetis Yogayakartaâ€, Junal Pendidikan Ke-Sd-an. Vol.4, no.1

Damayanti, D., & Nurgiyantoro, B. (2018). Local Wisdom as Learning Materials: Character Educational Values of Sundanese Pupuh. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 676-684.

Husain, B. (2016). Penggunaan Media Audio-Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal Pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Menanamkan Sikap Nasionalisme. Jurnal Pendidikan “Dodotpâ€. Vol. 12. No.12

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2011). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikatomik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Mustika, I.K. (2018). “ Local Wisdom-Based Character Education in Teaching Balines to Achieve National Integration of a Nationâ€. SHS Web of Conferences. 42. 00013.

Samani, M & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah dasar. Vol.2, No.1

Sulasmono, P. (2017). The Integration Of Local Cultural Wisdom Values in Building the Character Education on Studens, Internasional Journal of Education and Research, Vol. 5, No. 6.

Nursyifa, A. (2018). Kajian Cultural Lag dalam Kehidupan Masyarakat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1-24.

Wamaungo, A.J. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zubaedi. (2011). desain Pendidikan Karakter: Konsep dan aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan kearifan dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34