TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang
  • Ratna Atiah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i1.y2017.p15-22

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran umum tentang iklim kelas. (2) gambaran umum tentang motivasi belajar, (3) pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang dipergunakan adalah deskripsi kuantitatif. Unit analisis adalah peserta didik kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) Jakarta pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik pengambilan data dengan cara menyebar angket. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Era Pembangunan 3 Jakarta berjumlah 194 peserta didik. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam kelas yang kondusif terdapat semangat belajar peserta didik yang tinggi, hal ini nampak pada saat guru memberikan pelajaran dengan baik sehingga terciptanya suasana kelas yang menyenangkan dan peserta didik merasa diperhatikan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa iklim kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa senilai 0,2877 dan korelasi antara variabel (X) dan variabel (Y) sebesar 0,645 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, artinya H1 dapat diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) Jakarta, hal ini dibuktikan dengan F hitung sebesar 0,2877 yang berarti pengaruh iklim kelas sebesar 28,77% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Diantaranya faktor intrinsik berupa hasrat, keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita dan faktor ekstrinsik berupa lingkungan kelas.

 

Kata kunci: Iklim kelas, Motivasi belajar.

Downloads

Published

2018-01-18

How to Cite

Utami, I. S., & Atiah, R. (2018). TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i1.y2017.p15-22