Peningkatan Life Skill Mahasiswa Melalui Revitalisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Penulis

  • Neng Dea Lutfia Sari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ujang Rohman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shalahudin Ismail Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi potensi peningkatan life skill Mahasiswa melalui revitalisasi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dianggap sebagai fondasi yang mampu memperkaya pengembangan life skill dengan memberikan landasan moral, etika, dan nilai-nilai kewarganegaraan. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah library research. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan life skill Mahasiswa melalui revitalisasi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan berperan sebagai sarana efektif untuk meningkatkan keterampilan pribadi, akademik, sosial, dan vokasional, yang pada gilirannya dapat membentuk individu yang kompeten dan adaptif dalam menghadapi dinamika kehidupan. Dengan demikian, studi ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman kita tentang peran pendidikan dalam membentuk manusia yang memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.

Diterbitkan

2024-07-10

Cara Mengutip

Neng Dea Lutfia Sari, Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Peningkatan Life Skill Mahasiswa Melalui Revitalisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 10–20. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/41969