Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Toko Fortuna

Authors

  • Adila Indriyani Otafiyani Teknik Informatika, Program Pasccasarjana, Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Inventory, Web, Waterfall

Abstract

Sistem inventory adalah bagian yang disediakan dalam proses yang terdapat dalam suatu perusahaan untuk di produksi serta barang jadi yang di sediakan untuk memenuhi permintaan dari konsumen setiap waktu yang disimpan dan di rawat menurut aturan tertentu dalam keadaan siap pakai dan tersimpan dalam database. Pada Toko Fortuna sistem pengolah data inventory yang ada sampai saat ini masih ditangani secara manual, sehingga bisa menyebakan data hilang, rusak, maupun sobek dan juga memperlambat dalam pembuatan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang suatu sistem inventory barang berbasis web yang dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh user. Dalam merancang sistem ini menggunakan model waterfall dan berbasis web yang dapat mempersingkat proses maupun waktu yang dibutuhkan dengan  menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan Mysql sebagai database serta menggunakan Framework Codeigniter. Sistem ini dapat memberikan informasi seperti data supplier, data barang, transaksi barang masuk, transaksi penjualan, dan terdapat laporan barang masuk dan keluar serta laporan keuntungan dari penjualan. Selain itu, data yang dihasilkan dapat lebih akurat dan dapat menghindari terjadinya kesalahan.

References

[1] Azis, A. I., Zohrahayaty, & Mustofa, Y. A. (2019). Fundamental Pemrograman. Yogyakarta: Deepublish.

[2] Dioni, A., & Andah, B. D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Universitas Budi Luhur. Jurnal Idealis,2(5), 31-38.

[3] Fahrisal, Pohan, S., & Nasution, M. (2018). Perancangan Sistem Inventory Barang pada UD. Minang Dewi Berbasis Website. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 1-7.

[4] Habibi, R., & Aprilian, R. (2019). Tutorial dan Penjelasan Aplikasi E-Office Berbasis Web Menggunakan Metode RAD. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

[5] Habibi, R., & Karnovi, R. (2020). Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitoring Terhadap Job Desk Operational Human Capital (OHC). Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

[6] K Saputra, M. H., & Aprilian, L. V. (2020). Belajar Cepat Metode SAW. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

[7] Monalisa, S., Putra, E. P., & Kurnia, F. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Obat pada Rumah Sakit Jiwa Tampan Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, 02(02), 58-65.

[8] Pane, S. F., Sari, W. K., & Wicaksono, Z. A. (2020). Membuat Aplikasi Pengolah Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

[9] Santi, I. H. (2020). Analisa Perancangan Sistem. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

[10] Setyawan, M. H., & Pratiwi, D. A. (2019). Membuat Sistem Informasi Gadai Online Menggunakan Codeigniter serta Kelola Proses Pemberitahuannya. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

[11] Solehatin, & Anam, C. (2020). E-Deteksi Kematangan Buah Jeruk Banyuwangi Menggunakan Metode KNN Berbasis Android. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Otafiyani, A. I. (2023). Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Toko Fortuna. PROSIDING PROKASDADIK: Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 1, 14–19. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/35746