Analisis Kualitas Situs Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Servqual (Studi Kasus: Sociolla, Sephora dan Watsons)

Authors

  • Anggriyana Daulay Teknik Informatika, Program Pascasarjana, Univeristas Pamulang

Keywords:

Situs Web, E-Commerce, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, Servqual

Abstract

Situs web E-Commerce adalah suatu situs pembelanjaan berbasis internet. Berkembangnya situs pembelanjaan saat ini membuat pengguna dapat membeli  produk yang diinginkan tanpa harus keluar rumah untuk mendapatkannya. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan situs web e-commerce. Tingkat kepuasan konsumen pun menjadi penentu yang menjadikan suatu situs web menjadi acuan bagi pengguna. Seiring dengan meningkatnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Webqual digunakan untuk  teknik pengukuran berdasarkan persepsi pengguna akhir. Webqual ini merupakan metode yang telah dikembangkan dari Servqual yang disusun oleh Parasuraman. Servqual banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan  dengan metode Quality Function Development (QFD). Hasil dari webqual dan servqual  terhadap ketiga situs web yaitu Sociolla, Sephora dan Watsons yaitu Beberapa hasil evaluasi kualitas website terhadap kepuasan pengguna yang telah dilakukan dari penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas desain, bukti fisik, kenadalan, daya tanggap, jaminan, empati dan keseluruhan kualitas berpengaruh positif terhadap kepuasaan pengguna. Hasil dari penilaian  ketiga situs web dijadikan feedback bahan evaluasi pengembangan dan perbaikan terhadap ketiga situs web kecantikan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas layanan memiliki nilai yang cukup tinggi dari indeks yang lain.

References

[1] Kristiadi, Novi (2017). E-Commerce, Manfaat, dan Keuntungannya. https://www.kompasiana.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya. Dikutip 29 Juli 2019.

[2] Sephora . Tentang Sephora. https://www.sephora.co.id/about. Dikutip 30 Juli 2019.

[3] Watsons. Mengenai Watsons. https://www.watsons.co.id/corporate-information. Dikutip 30 Juli 2019.

[4] AdminAmi01 (2019). Pengertian SPSS. https://rumusrumus.com/spss-adalah/. Dikutip 2 Agustus 2019.

[5] Binus.co.id (2014). Uji Validitas dan realibilitas. http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/, Dikutip 3 Agustus 2019.

[6] Nashihuddin, Wahid (2012). Servqual; Metode Tepat Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan.https://digilib.undip.ac.id/v2/2012/05/11/servqual-metode-tepat-meningkatkan-kualitas-layanan-perpustakaan/. Dikutip 2 Agustus 2019.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Daulay, A. (2023). Analisis Kualitas Situs Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Servqual (Studi Kasus: Sociolla, Sephora dan Watsons). Prosiding Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 1, 62–65. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/35832