Analisis Pergeseran Pangsa Pasar Produk Make Up Lokal Dengan Menggunakan Metode Markov Chain
Keywords:
Pangsa Pasar, Probabilitas, Markov Chain, Steady State, EkuilibriumAbstract
Analisis Rantai Markov merupakan suatu teknis yang berhubungan dengan probabilitas state dimasa yang akan datang, oleh karena itu analisis rantai markov chain yang ada pada tugas akhir ini adalah analisis yang berhubungan dengan probabilitas pangsa pasar produk make up lokal dengan metode markov chain antara brand produk make up Makeover, Wardah dan Emina. yang bertujuan untuk menganalisa pergeseran rantai markov terhadap tiga produk make up tersebut, dan menentukan dari ketiga produk brand make up tersebut yang mempunyai kestabilan pergeseran yang tidak terlalu signifikan dan menentukan produk yang paling banyak diminati dan analisis tersebut dilakukan dengan metode markov chain dengan data kualitatif yang dilakukan dengan cara wawancara kepada mahasiswi program studi matematika Universitas Pamulang dan hasil menunjukkan produk Makeover menguasai probabilitas pangsa pasar steady state sebesar 15.1%, produk Wardah menguasai pangsa pasar sebesar 43.5%, produk Emina menguasai pangsa pasar sebesar 41.4%, dan produk yang paling diminati dari ketiga brand make up lokal tersebut produk Wardah yang memiliki probabilitas pangsa pasar tertinggi yaitu 43.5%.References
[1] Muzaki, F. (2019). Aplikasi Rantai Markov Dalam Menganalisis Probabilitas Pendidtribusian Buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis rantai Markov, 50-51.
[2] Nurjanah, P. (2019). Pergeseran Pangsa pasar Pada Brand Wiremesh Dengan metode Rantai Markov. Rantai Markov, 50-51.
[3] Sucipto, A. (2012). Aplikasi Rantai Markov Dalam Menganalisis Probabilitas Pangsa Pasar, Studi Kasus: Toko Profile, Toko M,M Busana dan Toko Annisa di Kompleks Giant Supermarket Pekanbaru. Aplikasi Rantai Markov, 36-39.
[4] Nofiyah, N., Hendikawati, P., & Mariani, S. (2013). Analisis Markov Chain Untuk Forecasting Pangsa Pasar Handphone dan Pemrogramnnya. Unnes Journal of Mathematics, 2(2).
[5] Arpan, Y., & Dewi, P. C. (2018). Analisis Brand Switching Pengguna Transportasi Online Gojek dengan Metode Markov Chain di Kota Bandar Lampung. Valid: Jurnal Ilmiah, 15(2), 151-162.
[6] Mas’ud, M. I., Safitri, A., & Abassyahil, A. (2017). Pendekatan rantai markov dalam pemilihan universitas di Pasuruan. JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 4(1).
[7] Nurhamiddin, F., & Sulisa, F. M. (2020). Peramalan Cuaca Menggunakan Metode Rantai Markov. Jurnal Biosainstek, 2(01), 16-22.
[8] Masuku, F. N., Langi, Y. A., & Mongi, C. (2018). Analisis Rantai Markov untuk memprediksi perpindahan konsumen maskapai penerbangan rute Manado-Jakarta. Jurnal Ilmiah Sains, 18(2), 75-79.
[9] Nurjana, S., Paendong, M., & Langi, Y. (2016). Penerapan Rantai Markov dalam pemilihan minat masuk siswa SMA ke Universitas di Indonesia. d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 5(1), 50-56.
[10] Nawangsari, S., Iklima, F. M., & Wbowo, E. P. (2008). Konsep markov chains untuk menyelesaikan prediksi bencana alam di wilayah indonesia dengan studi kasus kotamadya jakarta utara. Skripsi Program Studi Sistem Informasi.
[11] Riski, M. A. F. (2019). ANALISIS PANGSA PASAR PT FIFGROUP CABANG PASURUAN 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iis Sulistilawati, Aden
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.