Korelasi Program Reskilling Dan Upskilling Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Era Society 5.0
Keywords:
Guru SMK, Era Society 5.0, Reskilling, UpskillingAbstract
Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan signifikan seiring dengan munculnya Era Society 5.0, di mana teknologi digital, konektivitas, dan inovasi menjadi landasan utama perkembangan sosial dan ekonomi. Dalam konteks ini, guru SMK memegang peran penting dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Program Upskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan guru, sedangkan Reskilling adalah pelatihan kemampuan baru bagi para guru SMK. Tujuan dari program Upskilling dan Reskilling adalah meningkatkan kompetensi guru kejuruan SMK sesuai standar DUDI. Penelitian ini menyelidiki apakah program reskilling yang fokus pada pembaruan pengetahuan teknologi dan literasi digital serta program upskilling yang bertujuan meningkatkan keterampilan pedagogis, kepemimpinan, dan kewirausahaan guru memiliki dampak positif terhadap efektivitas pengajaran dan kesiapan siswa dalam menghadapi era Society 5.0. Metode penelitian melibatkan survei, wawancara, dan analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa program reskilling dan upskilling berkontribusi signifikan pada peningkatan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, memberikan pendidikan berbasis proyek, dan membantu siswa mengembangkan keterampilan perangkat lunak yang dibutuhkan di dunia kerja. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa investasi dalam program reskilling dan upskilling guru SMK menjadi penting dalam memastikan bahwa pendidikan SMK relevan dan efektif di era Society 5.0.References
[1] Afandi, M. (2015). Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan, 74–88.
[2] Badawi, M. A. N. dan. (2019). Profesionalisme guru di era revolusi industri 4.0. 491– 498.
[3] Bahana, J., & Pendidikan, M. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
[4] Fathkul Mubin. (2020). Revolusi, Tantangan Profesi Keguruan Pada Era 4.0, Industri. 1–15.
[5] Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
[6] Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33
[7] Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristekdikti.
[8] Alimuddin, Z. (2019). Era Masyarakat 5.0 Guru Harus Lebih Inovatif Dalam Mengajar. Retrieved Mei 18, 2019, From Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/ Read/214466/20190518/165259/
[9] Bhakti, C. U. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Universitas As. Universitas Ahmad Dahlan Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (Pp. 85–94).
[10] Daulay, A. R. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru (Siap Ppdb) Online Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Sma Negeri 2 Tanjung Morawa. Repository Universitas Muhammadiah Sumatera Utara.
[11] Faruqi, U. A. (2019). Survey Paper : Future Service In Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas 02 (01) , 67–79.
[12] Government, C. O. (2018). Society 5.0. Japan. Hayashi, H. S. International Standardization For Smarter Society In The Field Of Measurement, Control And Automation.
[13] Munanda, A. (2019). Dunia Pendidikan Menuju Revolusi Industri 5.0. Retrieved January 21, 2019, From Https://Www. Biem.Co/Read/2019/01/21/33919/ Tb-Ai-Munandar-Dunia-Pendidikan- Menuju-Revolusi-Industri-5-0/
[14] Skobelev, P., & Borovik, Y. S. (2017). On The Way From Industri 4.0 To Industri 5.0: From Digital Manufacturing To Digital Society. International Scientific Research Journal «Industri 4.0» , 307- 311.
[15] Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.20 2003.
[16] Yusnaini, Y. &. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hendar Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.