Peranan Teknologi Internet dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak Menjadi Pemimpin Masa Depan
Keywords:
Internet, Pendidikan, Karakter, Anak-AnakAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peranan teknologi internet dalam membangun pendidikan karakter anak menjadi pemimpin masa depan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode pendekatan kepustakaan yang mengarah pada analisis kajian literatur dengan teknik data secara kualitatif. Menurut Kuhlthau (2002), langkah-langkah penelitian kepustakaan adalah sebagai berikut: (1) pemilihan topik (2) eksplorasi informasi (3) menentukan fokus penelitian (4) pengumpulan sumber data (5) persiapan penyajian data dan (6) penyusunan laporan. Pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merekrontuksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Metode analisis menggunakan analisis conten dan analisis deskriptif. Menerapkan pendidikan karakter pada era digital sangatlah penting, agar generasi penerus bangsa mempunyai moral yang baik. Apabila generasi penerus bangsa mempunyai kognitif dan moral yang baik maka kualitas bangsa akan baik pula.Teknologi digital memiliki sisi positif dan negatif yang seharusnya dapat disaring, namun kebanyakan anak masih belum bisa membedakan informasi dengan benar. Oleh karena itu, orang tua harus membatasi waktu anak-anak dalam menggunakan teknologi dan membuka komunikasi yang terbuka dengan anak-anak serta memberikan pemahaman tentang dampak negatif dari teknologi.
References
[1] Agnia, A. S. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pembentukan KarakterSiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai. PGSD UPI.
[2] dkk, A. P. (2021). Peran Teknologi Dalam Membangun Karakter Anak-Anak UntukMenjadi Pemimpin Masa Depan. Universitas Victory Sorong.
[3] Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalamMeningkatkan Gairah Belajar Siswa. IJEMAR.
[4] Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital.Curup: Institut Agama Islam Negeti.
[5] Sugiarti, Y. (2011). Peranan Teknologi Internet Dalam Membangun PendidikanKarakter Anak. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
[6] Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.
[7] Suwarno.2018. Penguatan Karakter Peserta Didk Dalam Menghadapi Era Digital.Universitas Negeri Yogyakarta
[8] Silitonga, Hanna. 2021. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak sekolah Dasar DiZaman Serba Digital Di Sipatuhar. Universitas Negeri Medan
[9] Sujana, I Puti Windhu Mertha., Sukadi., I Made Riyan Cahyadi., Ni Made Widya Sari.2021. Pendidikan Karakter untuk Generasi Digital Native. Jurnal PendidikanKewarganegaraan Undiksha. Vol 9. No 2
[10] Sofiasyari Irma.,HT Atmaja.,Purwadi Suhandini. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Universitas Negeri Semarang
[11] Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
[12] Kuhltau, C. C. 2002. Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.
[13] Benny Heldrianto, 2013: dalam jurnal “penyebab rendahnya tingkat pendidikan anak putus sekolah dalam program wajib belajar 9 tahun desa sungai kakap kecamatan sungai kakap kabupaten kubu raya” http://jurmafis.untan.ac.id
[14] Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR- RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
[15] Siti, A., Agnia, G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh KemajuanTeknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai,5(3), 9331–9335. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2473
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sudarjat, Toyibah, Gita Indah Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.