Hubungan Antara Keterlibatan Dan Persepsi Keberhasilan Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMK Negeri 3 Depok
Keywords:
Keterlibatan Siswa, Persepsi Keberhasilan Siswa, SMK, SPSSAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan siswa dan persepsi keberhasilan siswa dalam pembelajaran online SMK Negeri 3 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasi Pearson. Responden dalam penelitian ini adalah remaja 14 s.d 18 tahun baik laki-laki maupun perempuan dengan sampel berjumlah 422 siswa dari populasi 1330 siswa. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas keterlibatan siswa dan variabel terikat keberhasilan siswa. Hasil uji korelasi Pearson maka dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Uji korelasi Pearson tersebut menunjukkan nilai rhitung sebesar 0.741. Sedangkan rtabel dengan jumlah sampel 422 dan tingkat kesalahan 5% maka rtabel 0,095. Karena rhitung lebih besar dibanding rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan keterlibatan siswa terhadap keberhasilan siswa dimana semakin tinggi keterlibatan siswa, maka semakin tinggi persepsi keberhasilan siswa.
References
[1] Fikrie, & Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019: Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, April 2019, 103–110.
[2] Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070
[3] Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
[4] Soemari, Y. B., Sapri, Maghfiroh, F., Yuniarti, Achaditani, N. M., Variani, R., Tsabitah, A. F., Zulkarnain, A. K., Wahyuningsih, M. S. H., Nugrahaningsih, D. A. A., Akmaliyah, M., Syamsul, E. S., Amanda, N. A., Lestari, D., 2021, scmidt iotc, Sumule, A., Kuncahyo, I., Leviana, F., Xue-, W., Kimia, J. T., … Jubaidah, S. (2020). BAB I. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
[5] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
[6] Sunarsi, D., Wijoyo, H., & Choir, F. Al. (2020). Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar, 411–416.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudi Raharja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.