Penerapan Augmented Reality Metode Marker Based pada Pembelajaran Bentuk Anatomi Gigi Manusia
Keywords:
R&D, Pendidikan, Augmented Reality, Addie, GigiAbstract
Salah satu pembahasan dalam bidang pendidikan khususnya untuk anak-anak sekolah dasar adalah bagaimana menyampaikan materi kesehatan gigi agar lebih menarik dengan menggunakan sebuah media. Manfaat media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan memberikan keadaan belajar yang menggembirakan sehingga para siswa bisa mempelajari materi pembelajaran dengan sederhana. Metode pengembangan sistem yang dipakai pada penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Research & Development (R&D) merupakan metode penelitian yang dipakai agar dapat menghasilkan suatu produk dan melakukan pengujian ke efektifan terhadap produk tersebut. Research & Development mempunyai beberapa model, model yang dipakai pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Bentuk yang sudah dirancang ke dalam sebuah gambar dapat menampilkan objek 3D dengan bantuan sebuah smartphone khususnya kamera untuk mendeteksi gambar.
References
[1] Abdulghani, T., & Sati, B. P. (2019). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. 11(1).
[2] Arisandi, D., Setiawan, D., Karpen, K., & Musyafak, M. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan dengan Augmented Reality di Program Studi Teknik Informatika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1487–1497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2231
[3] Ashidik, J. P., Waluyo, S., Susanti, I., Informasi, F. T., Luhur, U. B., Utara, P., Lama, K., Tracking, M. B., Photoshop, A., Mocha, C., & Kopi, E. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PADA HAUS. 4(1), 51–57.
[4] Devani Adinda Putri. (2020). Anatomi Gigi: Struktur, Fungsi, Jenis, Perawatan, dll Baca lebih lanjut di DokterSehat: Anatomi Gigi: Struktur, Fungsi, Jenis, Perawatan, dll. Https://Doktersehat.Com/. https://doktersehat.com/informasi/gigi-dan-mulut/anatomi-gigi/
[5] Dianrizkita, Y., Seruni, H., & Agung, H. (2018). Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang. Jurnal Simantec, 6(3), 121–128.
[6] Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality and Virtual Reality in education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289
[7] Erwana, drg. A. F. (2013). Seputar Kesehatan Gigi & Mulut. Andi Publiser.
[8] Gunawan, R. D. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Aplikasi Magic Book Pengenalan Profesi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.151
[9] Kakerissa, R., Najoan, X., & Narasiang, B. (n.d.). Database Lokasi Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat.
[10] Listrianah, L., Zainur, R. A., & Hisata, L. S. (2019). Gambaran Karies Gigi Molar Pertama Permanen Pada Siswa – Siswi Sekolah Dasar Negeri 13 Palembang Tahun 2018. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 13(2), 136–149. https://doi.org/10.36086/jpp.v13i2.238
[11] Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
[12] Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 111. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4713
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.