Penerapan Kecerdasan Artifisial dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital

Authors

  • Charlo Brando Magister Teknik Informatika Universitas Pamulang

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pendidikan, Pengajaran

Abstract

AI mendorong pengembangan pembelajaran adaptif, yang mana pengumpulan data, sistem pengajaran cerdas, analisis pembelajaran, dan analisis real-time diterapkan dalam pembelajaran adaptif. Pembelajaran adaptif berupaya menggabungkan seluruh aspek pengujian, pengajaran, pembelajaran, dan praktik ke dalam sistem pembelajaran adaptif untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Munculnya teknologi inovatif berdampak pada metode belajar mengajar. Dengan pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan AI dalam pendidikan menjadi semakin nyata. Artikel ini terlebih dahulu menguraikan penerapan AI dalam bidang pendidikan, seperti pembelajaran adaptif, evaluasi pengajaran, kelas virtual, dll. Kemudian menganalisis dampaknya terhadap proses belajar mengajar yang mempunyai arti positif bagi peningkatan tingkat pengajaran guru dan siswa. ' kualitas pembelajaran. Terakhir, laporan ini mengemukakan tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi penerapan AI dalam pendidikan di masa depan dan memberikan referensi bagi AI untuk mendorong reformasi pendidikan.

References

[1] T. Hamid, M. Chhabra, K. Ravulakollu, P. Singh, S. Dalal, and R. Dewan, “A Review on Artificial Intelligence in Orthopaedics,” Proc. 2022 9th Int. Conf. Comput. Sustain. Glob. Dev. INDIACom 2022, pp. 365–369, 2022, doi: 10.23919/INDIACom54597.2022.9763178.

[2] M. Chassignol, A. Khoroshavin, A. Klimova, and A. Bilyatdinova, “Artificial Intelligence trends in education: A narrative overview,” Procedia Comput. Sci., vol. 136, pp. 16–24, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2018.08.233.

[3] L. Chen, P. Chen, and Z. Lin, “Artificial Intelligence in Education: A Review,” IEEE Access, vol. 8, pp. 75264–75278, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988510.

[4] N. Kashive, L. Powale, and K. Kashive, “Understanding user perception toward artificial intelligence (AI) enabled e-learning,” Int. J. Inf. Learn. Technol., vol. 38, no. 1, pp. 1–19, 2021, doi: 10.1108/IJILT-05-2020-0090.

[5] P. Limna, S. Jakwatanatham, S. Siripipattanakul, P. Kaewpuang, and P. Sriboonruang, “A Review of Artificial Intelligence (AI) in Education during the Digital Era,” Adv. Knowl. Exec., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2022, [Online]. Available: https://ssrn.com/abstract=4160798

[6] M. Voskoglou, “Artificial Intelligence and Digital Technologies in the Future Education,” Qeios, pp. 1–14, 2023.

[7] S. Maghsudi, A. Lan, J. Xu, and M. Van Der Schaar, “Personalized Education in the Artificial Intelligence Era: What to Expect Next,” IEEE Signal Process. Mag., vol. 38, no. 3, pp. 37–50, 2021, doi: 10.1109/MSP.2021.3055032.

[8] F. Pedro, M. Subosa, A. Rivas, and P. Valverde, “Artificial Intelligence in Education: Challenges and Opportunities for Sustainable Development Education Sector United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization,” Minist. Educ., pp. 1–46, 2019, [Online]. Available: https://en.unesco.org/themes/education-policy-

[9] A. F. S. Borges, F. J. B. Laurindo, M. M. Spínola, R. F. Gonçalves, and C. A. Mattos, “The strategic use of artificial intelligence in the digital era: Systematic literature review and future research directions,” Int. J. Inf. Manage., vol. 57, no. December 2019, p. 102225, 2021, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102225.

[10] H. Munir, B. Vogel, and A. Jacobsson, “Enfoques de inteligencia artificial y aprendizaje automático en la educación digital: Una revisión sistemática,” Information, vol. 13, no. 4, p. 203, 2022, [Online]. Available: https://www.mdpi.com/2078-2489/13/4/203

[11] L. Perevozchikova, E. Avdeenko, and A. Radugin, “Artificial Intelligence for Education in Becoming Digital Society: Challenges and Opportunities,” pp. 489–494, 2021, doi: 10.51508/intcess.2021194.

[12] E. Y. Barakina, A. V. Popova, S. S. Gorokhova, and A. S. Voskovskaya, “Digital Technologies and Artificial Intelligence Technologies in Education,” Eur. J. Contemp. Educ., vol. 10, no. 2, pp. 285–296, 2021, doi: 10.13187/ejced.2021.2.285.

[13] A. R. Salim, “Tantangan Sdm Menghadapi Industri 4.0: Profesionalisme,” J. Inov. Manaj. Ekon. Dan Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 23–30, 2019.

[14] M. H. Saputra, Fitriaty, P. Firmasari, Y. Fadillah, M. R, and I. Hassandi, “Tantangan Sosial Ekonomi Pasca Covid-19 Menghadapi Era 5.0 Society Untuk Mencapai Kinerja Berkelanjutan,” J. Ilm. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 146–151, 2023, doi: 10.33998/jumanage.2023.2.1.708.

[15] Siti Masrichah, “Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI),” Khatulistiwa J. Pendidik. dan Sos. Hum., vol. 3, no. 3, pp. 83–101, 2023, doi: 10.55606/khatulistiwa.v3i3.1860.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Brando, C. (2023). Penerapan Kecerdasan Artifisial dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 1, 297–302. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/40497