Analisis Implementasi Alert Menggunakan Splunk Dalam Meningkatkan SLA Response Time pada Tim IT Service Desk Dengan Metode DMAIC
Keywords:
DMAIC, Response Time, Service DeskAbstract
Penelitian ini membahas mengenai cara mengatasi permasalahan dalam SLA Response Time pada tim IT Service Desk dengan target 97% untuk tahun 2023. Analisis DMAIC digunakan untuk mengidentifikasi akar masalah. Salah satu masalah adalah ketidakadaan notifikasi terhadap tiket baru yang masuk. Untuk mengatasi ini, penulis mengimplementasikan alert dengan aplikasi Splunk yang dikirim setiap 10 menit selama jam kerja. Hasilnya, capaian SLA Response Time meningkat menjadi lebih dari 99% pada bulan Juni-September 2023. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang notifikasi dalam manajemen SLA dan memberikan panduan praktis untuk memperbaikinya dengan Splunk. Pemantauan terus-menerus secara berkala diperlukan untuk menjaga perbaikan. Hal ini membantu tim IT Service Desk untuk meningkatkan efisiensi dan memenuhi target SLA perusahaan.
References
[1] About Splunk, https://www.splunk.com/en_us/about-splunk.html, diakses pada 17 Oct 2023
[2] Arif. F. M, Hanuranto. A. T, Ginting. I, Penerapan Aplikasi Machine Learning Untuk Optimasi Key Perfomance Indicator (KPI) Pada Layanan Jaringan LTE, e-Proceeding of Engineering : Vol.8, No.6 Desember 2022 | Page 3370
[3] Pengertian Splunk dan Segala Kegunannya, https://innovation.co.id/pengertian-splunk-dan-segala-kegunannya/, diakses pada 17 Oct 2023
[4] Rinjani. I, Wahyudin, Nugraha. B, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cacat pada Lensa Tipe X Menggunakan Lean Six Sigma dengan Konsep DMAIC. Jurnal Pendidikan dan Aplikasi Industri (UNISTEK) Vol. 8 No.1 Februari 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miftahul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.