Implementasi Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada PT Archroma Cilegon

Authors

  • Siti Cici Carliah Universitas Al-Khairiyah
  • Siti Khoeriyah Universitas Al-Khairiyah
  • Didda Rahayu Yuliana Universitas Al-Khairiyah

Keywords:

Sistem Informasi, Simpan Pinjam

Abstract

Koperasi Konsumen Karyawan Archroma Indonesia (KKAI) adalah koperasi yang dikhususkan untuk karyawan PT Archroma Indonesia dan memiliki beberapa Unit Usaha salah satunya adalah Koperasi Simpan Pnjam, karyawan tetap PT Archroma bisa menyimpan dan meminjam uang dengan jumlah yang telah di batasi oleh KKAI, dengan adanya Sistenm Informasi Simpan Pinjam bisa memudahkan kinerja karyawan koperasi dalam mengelola koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem informasi simpan pinjam yang sedang berjalan dan mengembangkan sistem informasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall tetapi hanya menggunakan tahap analisis sistem yang berjalan dan perancangan sistem yang baru. Dalam analisa dan perancangan sistem digunakan Flowmap dan Use Case diagram untuk menggambarkan sistem yang berjalan dan sistem yang diusulkan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi simpan pinjam ini dapat memudahkan pengguna dalam penginputan data, pencarian data dan membuat laporan.

References

[1] Anggraeni. Nova, 2012, Jurnal, “Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Di KUD Mandiri Bayongbong.”.

[2] Arifin, Mochammad. 2007. “Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi (Studi Kasus Pada koperasi Pegawai Republik Indonesia “Teknik Sejahtera”). Sekolah Tinggi Manejemen Informatika & Teknik Komputer. Surabaya.

[3] Kadir, A.2008, Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional, Andi, Yogyakarta.

[4] A. Ginanjar, “Pembuatan Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi Berbasis Web Di KPRI Universitas Sebelas Maret Surakarta,” pp. 1–14, 2013.

[5] Maulana. Citra, 2002, Jurnal, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Mahkamah Agung (KPMA)”, Jakarta.

[6] Munawar, 2005, UML (Unified Modeling Language).

[7] Nugroho. Bunafit, 2005, Buku Database Relational Dengan My SQL.

[8] Sholiq, 2006, “Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

[9] Sabdanu. Bagus, 2010, Skripsi, “Pengembangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam” (Studi Kasus : KUD Intan Mandiri).

[10] Wijaya. Singgih W, 2012, Naskah Publikasi, “Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sarwo Gampang”, Klaten. Reita & Ruka. 2008. Sistem Basis Data. http://one.indoskripsi.com/judul-skripsitugas-makalah/tugas0kuliah-lainnya/mysql. Diakses 30 Desember 2008.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Carliah, S. C., Khoeriyah, S., & Yuliana, D. R. (2023). Implementasi Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada PT Archroma Cilegon. Prosiding Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 1, 337–342. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/40812