Analisis Sentimen Ulasan pada Aplikasi Spotify Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing

Authors

  • Bunga Hexa Meilana Universitas Pamulang

Keywords:

Spotify, Natural Language Processing, VADER, Scraping Data

Abstract

Kemajuan teknologi menemani perkembangan media mendengarkan musik yang semakin mendorong masyarakat untuk mendengarkan musik melalui perangkat digital. Peralihan dari mendengarkan musik ke media digital telah menciptakan peluang bagi pengembang aplikasi untuk menciptakan produk penyedia layanan musik. Salah satu penyedia layanan streaming musik platform digital, podcast dan video adalah Spotify, melalui platform digital iOS, Android dan PC yang dapat diakses dengan mudah. Saat ini Spotify menduduki streaming platform yang paling populer di dunia dengan jumlah pengguna sebanyak 551 juta. Kualitas layanan suatu produk yang dalam penelitian ini adalah platform musik digital dapat menjelaskan apa yang menjadi kebutuhan penggunanya, dengan demikian kualitas layanan yang diberikan dapat menjadi parameter yang relevan dan dapat dikembangkan oleh pihak Spotify. Melalui penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui sentimen publik pada aplikasi spotify dengan menggunakan pendekatan Natural Language Processing. Pengumpulan data dilakukan melalui metode scrapping ulasan yang tersedia pada Google Play dengan 61.000 data. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui algoritma VADER (Valence Aware Dictionary dan Sentiment Reasoner) dianalisis menggunakan submodul VADER pada library nltk (Natural Language Toolkit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen publik sebesar 48.6% adalah positif, 40.2% adalah negative dan 11.2% neutral. Sentimen publik yang disampaikan didominasi kualitas layanan pada dimensi reliability dan responsiveness.

References

[1] IFPI. (2023, maret 21) Representing the recording industry worldwide. Global Music Report. Retrieved from IFPI: https://www.ifpi.org/ifpi-global-music-report-global-recorded-music-revenues-grew-9-in-2022/

[2] Roojai. (2022, Desember 2022) Gaya Hidup & Kesehatan. Sains membuktikan, ada banyak manfaat music untuk Kesehatan. Retrived from Roojai: https://www.roojai.co.id/article/gaya-hidup-kesehatan/

[3] Business Wire. (20221, March 23). Research and Market. Retrieved from Businesswire: https://www.businesswire.com/news/home/20210323005840/en/Global-Music-StreamingMarket-2021-2025-Market-is-Poised-to-Grow-by-7.47-Billion-Progressing-at-a-CAGR-of19---ResearchAndMarkets.com

[4] Asror, I., & Daulay, EDP (2020) Sentimen Analisis pada Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes. e-Proceeding of Engineering.

[5] Resa M, Yudianto A, Rahim A, Sukmasetya P, Hasani RA. (2022) Perbandingan Metode Support Vector Machine Dengan Metode Lexicon Dalam Analisis Sentimen Bahasa Indonesia. J Teknol Informasi) 6(1).

[6] Muktafin, EH., Kusrini., & Luthfi, ET. (2020) Analisis Sentimen pada Ulasan Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. JURNAL EKSPLORA INFORMATIKA.11(4).

[7] Illia, F., Eungenia, MP., & Rutba SA.(2021) Sentiment Analysis on PeduliLindungi Application Using TextBlob and VADER Library. ICDSOS.11(3).

[8] M. T. Khan, M. Durrani, A. Ali, I. Inayat, S. Khalid, and K. H. Khan.(2016) Sentiment analysis and the complex natural language, Complex Adapt. Syst. Model., vol. 4, no. 1, doi: 10.1186/s40294- 016-0016-9.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Meilana, B. H. (2023). Analisis Sentimen Ulasan pada Aplikasi Spotify Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. Prosiding Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 1, 343–346. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/40820