Implementasi Anomaly QR Payment System Menggunakan Metode Naive Baiyes Berbasis Web

Authors

  • RP Fiki Wisnu Subekti Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia “YPTK”

Keywords:

Fraud Sistem, Monitoring, Data Transaksi, Anomali Transaksi

Abstract

Perkembangan sistem pembayaran di Indonesia semakin besar sejalan dengan banyaknya juga inovasi dan regulasi yang ditetapkan oleh bank indonesia. Banyaknya transaksi mencurigakan di sistem Perbankan yang mengindikasi adanya kriminalitas, maka bisnis perbankan maupun pembayaran memerlukan pengecekan semua data yang ada. Anomaly detection system dikembangkan sesuai kebutuhan untuk mengetahui adanya indikasi transaksi mencurigakan (anomali) dalam sistem Perbankan. Dibutuhkan untuk setiap transaksi yang terjadi di sistem ATM, EDC maupun transaksi QR. Keterbatasan SDM dan waktu membuat perlunya dikembangkan sistem yang membantu pengecekan terkait anomali transaksi di Perusahaan, agar pengecekan lebih efektif dan efisien. Sistem ini dibuat untuk mempermudah user mendapatkan data dengan cepat dan akurat. Dengan membuat matrix (pola) terkait indikator transaksi anomali yang diperlukan, disepakati pada stakeholder perusahan kemudian diterapkan pada sistem dengan membuat koneksi ke database dengan output data-data yang terindikasi anomali.

References

"QR Code Security: A Survey on Attacks and Countermeasures" oleh Y. Liu, et al. (Artikel Jurnal: IEEE Transactions on Information Forensics and Security, 2013).

"A Survey on QR Code Security" oleh M. Tang, et al. (Artikel Konferensi: 2013 12th International Symposium on Distributed Computing and Applications to Business, Engineering & Science).

"QR Code Vulnerabilities" oleh J. Jara, et al. (Artikel Konferensi: 2014 IEEE 17th International Conference on Computational Science and Engineering).

"QR Code Scams: Cyber-Criminals Preying on Your Lack of Cyber-Savvy" oleh J. DeCicco, et al. (Artikel Jurnal: Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 2016).

"An Exploration of Security Issues in QR Code Payment" oleh X. Wang, et al. (Artikel Konferensi: 2019 15th International Conference on Wireless and Mobile Computing, Networking and Communications).

"Mobile Payment Systems and Security Issues" oleh L. C. Sing, et al. (Artikel Jurnal: International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 2017).

"QR Code-Based Payment System: Architecture, Security Challenges, and Countermeasures" oleh M. Ayadi, et al. (Artikel Konferensi: 2019 IEEE International Conference on Pervasive Computing and Communications Workshops).

"Mobile Payments: Analyzing Consumer Behavior and Security Risks" oleh M. K. Lee dan M. Cho. (Artikel Jurnal: Computers in Human Behavior, 2016).

"The Dark Side of QR Code: Attacks and Defenses" oleh Z. Yan dan J. Zhang. (Artikel Konferensi: 2012 Eighth International Conference on Computational Intelligence and Security).

"Fraud Detection in QR Code-Based Mobile Payments Using Machine Learning" oleh B. Chen, et al. (Artikel Konferensi: 2020 IEEE 21st International Conference on Information Reuse and Integration for Data Science).

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Subekti, R. F. W. (2024). Implementasi Anomaly QR Payment System Menggunakan Metode Naive Baiyes Berbasis Web. PROSIDING PROKASDADIK: Seminar Kecerdasan Artifisial, Sains Data, Dan Pendidikan Masa Depan, 2, 7–9. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PROKASDADIK/article/view/41450